harisu/instagram@risu_ha

Matamata.com - Hebohnya isu transgender di dunia hiburan tidak hanya terjadi di Indonesia. Korea Selatan dengan segala gemerlapnya juga tak luput dari pemberitaan artis transgender.

Setidaknya tercatat enam orang yang mengaku secara jujur jika mereka adalah transgender.

Di balik kontroversinya, sosok transgender ini harus diakui keberaniannya karena tidak menutupi masa lalu mereka.

Berikut 6 sosok transgender yang eksis di dunia hiburan Korea Selatan.

Harisu

Beberapa waktu belakangan ini, dunia hiburan Korea dikagetkan dengan pemberitaan dari artis transgender pertama, Harisu yang bercerai dengan suaminya. Harisu yang terlahir sebagai pria ini memutuskan untuk mengubah jenis kelamin pada tahun 1995.

Butuh waktu enam tahun bagi Harisu untuk mendapat pengakuan dari publik bahwa dirinya benar-benar memiliki talenta. Namanya mulai melejit sejak tahun 2001 saat ia membintangi iklan kosmetik, hingga merambah ke musik dan dunia akting.

Harisu/instagram@risu_ha

Jung Dae Eun

DJ ganteng asli Korea Selatan ini sempat terkenal lewat program variety show 'Ulzzang Generation' beberapa tahun silam. Yang membuat heboh, Dae Eun dulu adalah seprang wanita tulen yang kerap berpenampilan tomboy.

Lama tak terdengar kabarnya, Dae Eun kini kembali muncul sebagai DJ dan sudah melakukan suntik hormon untuk menyempuranakan penampilan sebabagi pria.


Jung Dae Eun/dispatch

Jang Chae-won

Jang Chae-won yang kerap dipanggil Harisu kedua ini menjadi perdebatan pada tahun 2007 karena tampil sebagai wanita yang menjalani operasi transgender dalam acara 'Game for Truth'.

Sayangnya, Chae Won dikabarkan sangat tertekan setelah pengakuannya. Setahun setelah mengaku, Chae Won melakukan bunuh diri pada usia ke-26 pada Oktober 2008.


Jang Chae-won/soompi forum

Sin Ae

Keberanian Harisu untuk mengakui identitas aslinya menginspirasi lahirnya Harisu-Harisu lain di dunia hiburan. Salah satunya adalah grup transgender Lady.

Salah satu membernya, Sin Ae langsung meroket namanya setelah bergabung dengan Lady. Debut dengan album self-titled pada 2005, Lady resmi bubar pada awal tahun 2007.

Sin Ae/Duglik.com

Lee Si-yeon

Lee Si-yeon debut sebagai seorang model pria dengan nama lahir Dae-hak. Ia lebih dikenal dengan penampilannya yang feminin dan sering mengenakan pakaian wanita di atas panggung catwalk.

Sebelumnya Si-yeon sendiri mengaku kalau ia memiliki keraguan akan seksualitasnya sejak sekolah menengah. Ia akhirnya memutuskan untuk mengadopsi nama Si-yeon dan menjalani operasi perubahan gender pada tahun 2007 silam.

Lee Si-yeon/duglik.com

Choi Han-bit

Choi Han-bit terlahir sebagai pria bernama Choi Han Jin dan kemudian melakukan operasi kelamin pada tahun 2006 silam kemudian mengganti namanya.

Han-bit sempat mengikuti kontes model ternama Korea, Korea Next Top Model, namun harus gagal di tengah jalan. Kini, ia resmi debut sebagai member girlband 'Mercury' bersama dua teman sekelas ketika kuliah jurusan tari di Universitas Seni Korea yaitu Hyena dan Sehee.

Choi Han Bit/hancinema.net

Matamata/Rima Suliastini

Load More