Park Hae Jin/instagram

Matamata.com - Jauh sebelum kasus bunuh diri Jonghyun, permasalahan mental artis Korea sudah sering tersiar. Banyak hal yang membuat deretan artis ini memiliki gangguan mental.

Tekanan pekerjaan, mempertahankan popularitas dan menghadapi haters adalah beberapa penyebab utama para artis mengalami gangguan mental.

Beberapa di antara mereka ada yang dapat disembuhkan kembali seperti sediakala, namun tidak sedikit juga yang menyerah dan putus asa hingga bunuh diri.

Baca Juga:
Cerita Awal Raffi Ahmad Melirik Nagita Slavina

Berikut deretan artis Korea yang tercatat memiliki gangguan jiwa yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. G Dragon

Pentolan Grup Big Bang ini selalu terlihat mencolok dalam setiap penampilannya. Tidak ada yang menyangka jika GD pernah mengalami depresi karena kasus plagiat yang menerpa dirinya.

Baca Juga:
Saudara Rasa Pacar, 6 Potret Artis Kakak Adik Ini Bikin Iri

Kejadian ini bermula saat  single "Heart Breaker" dianggap plagiat dengan lagu Flo Rida berjudul "Right Round".

Banyak orang yang memberikan kritikan padanya. GD  pun menarik diri dari pergaulan dan merasa kesepian. Saking parahnya, GD dikabarkan tidak mau bicara dengan orangtua dan teman-temannya.

 "Aku tidak melakukan kesalahan atau berbuat kriminal. Tapi, aku diperlakukan seperti seorang penjahat. Itu membuatku depresi selama beberapa waktu," ungkap GD seperti yang dilansir Nate.

Baca Juga:
Intip Gaya Pacaran Mikha Tambayong dengan Daniel Wenas

G Dragon/Instagram @x.x.xibgdrgn

2. T.O.P Big Bang

Senasib dengan rekan se-grupnya, T.O.P juga sempat menjadi idola bagi kalangan penggemar musik K Pop.

Baca Juga:
Regi Datau Mengaku Pernah Dimainin Ayu Dewi sebelum Menikah

Namun pada satu ketika, segala kesuksesan yang selama ini ia bangun mendadak hancur karena sebuah kasus yang mencoreng nama baiknya.

Saat melakukan wajib militer, T.O.P tertangkap tangan menghisap ganja. T.O.P merasa sangat malu dan depresi karena hal ini hingga sempat melakukan percobaan bunuh diri. Beruntung, T.O.P bisa selamat dan telah pulih total.

T.O.P/Instagram @choi_seung_hyun_tttop

3. Lee Joon

Lee Joon adalah salah satu dari sedikit artis Korea yang berani mengaku jika dirinya pernah mengalami ganguan mental. 

Member band MBLAQ ini memiliki kondisi psikis yang tidak stabil, ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem, (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) mendadak.

Akibatnya, Lee Joon mengalami gangguan tidur atau insomnia parah. Lee Joon hanya tidur 40 menit dalam 24 jam. Hal itu membuat kegiatannya menjadi terganggu.

"Saya sama sekali tak memiliki waktu beristirahat. Saya menderita bipolar. Namun tak banyak yang mengetahui masalah yang saya alami," ujar Lee Joon saat diwawancarai Newsen. 

Lee Joon/Instagram @leejoonmblaq

4. Park Hae Jin

Aktor papan atas Park Hae Jin pernah mengalami masa depresi hingga kariernya berantakan.

Kala itu dirinya sempat mengalami perawatan akibat depresi dan kecemasan yang dialaminya.

Akibatnya, bukan hanya karier yang berantakan, Park Hae Jin juga difitnah sengaja masuk rehabilitasi agar bebas tugas dari wajib militer.

Pemerintah Korea membebaskan warganya dari wajib militer apabila telah dirawat selama enam bulan di pusat rehabilitasi.

Park Hae Jin/ Instagram @parkhae.jin

 

Load More