Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Jennie BLACKPINK (Soompi)

Matamata.com - Ada banyak solois dari boyband atau girlband K-Pop yang mencuri perhatian di tahun 2018. Mereka tidak hanya mampu memamerkan kerja tim mereka yang sempurna ketika mempromosikan lagu sebagai sebuah grup, tetapi mereka juga bersinar di atas panggung ketika tampil sendiri. Salah satunya adalah Jennie BLACKPINK.

Setelah debut dengan BLACKPINK pada tahun 2016, Jennie menjadi anggota pertama grup yang melakukan debut solo tahun lalu. Dia merilis hit single SOLO pada bulan November, yang meroket ke puncak tangga lagu dan membawa tiga kemenangan pada Inkigayo.

Jennie BLACKPINK (Soompi)

Selain Jennie BLACKPINK, ini 6 member grup K-Pop yang juga sukses lakukan debut solo dilansir dari Soompi.

Baca Juga:
Pangkas Rambut Panjangnya, Maia Estianty Terlihat 20 Tahun Lebih Muda

Siapa saja?

1. Sunmi

Sunmi (Soompi)

Sunmi pertama kali debut sebagai anggota Wonder Girls pada tahun 2007, dan ia memulai karirnya sebagai artis solo pada tahun 2013 dengan lagu 24 Hours.

Baca Juga:
Usai Bebas, Saipul Jamil Akan Langsungkan Pernikahan

Setelah dia sukses besar pada 2017 dengan single Gashina, Sunmi kemudian merilis single keren tahun 2018 berjudul Heroine dan Siren. Sunmi menyusun dan menulis lirik untuk Siren sendiri, serta banyak lagi lagu di mini album bulan September 2018-nya bertajuk Warning.

Sunmi mendapatkan total sepuluh trofi pertunjukan musik tahun lalu, dan memenangkan penghargaan Artis Wanita Terbaik di 2018 Mnet Asian Music Awards. Keren, kan?

2. Lay EXO

Baca Juga:
Ayu Ting Ting Ogah Minta Maaf ke Andika Kangen Band

Lay EXO (Soompi)

Menyusul debutnya dengan EXO pada 2012, Lay EXO juga sudah membuktikan dirinya sebagai artis solo yang sukses. Dia merilis album solo ketiganya NAMANANA pada tahun 2018, yang menampilkan 11 lagu China dan 11 lagu berbahasa Inggris. Doi juga mengambil bagian dalam komposisi dan pengaturan setiap lagu.

Album ini menjadi yang pertama untuk mencapai prestasi memasuki tangga lagu Billboard 200. Albumnya sendiri juga menjadi peringkat tertinggi yang pernah ada untuk artis China di No. 21.

3. Song Mino WINNER

Baca Juga:
Tips Pakai Makeup 5 Menit ala Kimmy Jayanti

Song Mino WINNER (Soompi)

Song Mino merilis album solo pertamanya XX pada November 2018, dan member WINNER ini menunjukkan sisi yang sama sekali baru melalui rilis solonya. Song Mino juga terlibat dalam memproduksi semua lagu di XX.

Single-nya yang bertajuk Fiance menduduki puncak beberapa tangga lagu dan mendapatkan enam kemenangan di acara musik.

4. Chungha

Chungha (Soompi)

Chungha dinobatkan sebagai salah satu dari 11 kontestan teratas dari Mnet's Produce 101 dan memulai debutnya sebagai anggota girl grup proyek I.O.I. Setelah akhir kontrak grup, Chungha melakukan debut sebagai artis solo pada tahun 2017.

Tahun lalu, Chungha mendapatkan kesuksesan besar dengan lagu-lagunya termasuk Roller Coaster dan Love U.

5. Zico Block B

Zico Block B (Soompi)

Setelah memulai debutnya sebagai anggota Blok B pada tahun 2011, Zico telah menjadi artis dan produser solo yang populer. Pada tahun 2018, ia merilis lagunya SoulMate fetauring IU, yang ia susun dan tuliskan liriknya.

SoulMate mengambil alih chart dan mencapai all-kill bersertifikat!

6. Seungri BIGBANG

Seungri BIGBANG (Soompi)

Seungri memulai debutnya dengan BIGBANG pada tahun 2006, dan kemudian membuat nama untuk dirinya sendiri sebagai artis solo. Pada tahun 2018, ia merilis album solo penuh pertamanya The Great Seungri, yang termasuk judul lagu 1, 2, 3!

Seungri mengambil bagian dalam menyusun hampir semua lagu di albumnya dan menulis lirik untuk setiap lagu. Hasilnya album ini mengambil No 1 di chart album mingguan Gaon.

Itu dia idol K-Pop yang debut solonya nggak kalah sukses dari grupnya. Yang mana favoritmu?

Load More