Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
RM BTS nangis saat BTS Raih 10 Penghargaan di MAMA 2018 (Soompi)

Matamata.com - Pidato boyband asal Korea Selatan, Bangtan Boys alias BTS dalam Sidang Umum ke-75 Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada Rabu (23/9/2020) menuai sorotan. Grup yang digawang RM, Jin, J-hope, Suga, Jimin, V dan Jungkook ini menyampaikan pesan yang sangat mengharukan juga menginspirasi.

Melansir dari Soompi, RM selaku leader BTS pun membuka pidatonya dengan menyampaikan terima kasih kepada PBB. "Namaku RM, leader dari grup BTS. Dua tahun lalu di sini, aku menyebut nama kalian. Aku mendorong kalian memberiku kesempatan mendengar suara kalian," kata RM.

BTS Rilis Album Baru ( instagram )

"Tetapi COVID-19 di luar bayanganku. Tur dunia kami sepenuhnya dibatalkan, semua rencana kami gagal, dan aku merasa sendirian. Aku melihat ke langit tapi tidak bisa menemukan bintang di malam hari," sambungnya lagi.

Selanjutnya, Jimin pun turut menimpali. Dia juga mengaku putus asa saat menghadapi pandemi virus corona atau COVID-19. "Aku merasa putus asa, semuanya terasa hancur. Aku hanya bisa melihat keluar dari jendelaku. Aku hanya bisa pergi ke kamarku. Kemarin aku bernyanyi dan bergoyang bersama fans dari seluruh dunia dan sekarang duniaku mengerucut hanya di dalam sebuah kamar," ucap Jimin.

Senada dengan kedua rekannya, V merasakan hal serupa. Dia merasa frustasi berhadapan dengan masa sulit seperti ini. "Aku merasa frustasi dan sedih, akan tetapi aku mengambil buku catatanku, menulis lagu, dan memikirkan siapa aku sebelumnya," kata pemilik nama asli Kim Taehyung ini.

MV Lagu Dynamite BTS. (YouTube)

"Aku pikir, jika aku menyerah di sini, maka aku bukan bintang dalam hidupku. Ini adalah tindakan yang dilakukan orang hebat," imbuhnya lagi.

Meskipun begitu, Jin meminta semua orang untuk tidak patah semangat. "Memikirkan masa depan dan bekerja keras memang penting. Tetapi menghargai diri sendiri, menyemangati, dan menjaga diri sendiri agar bahagia adalah hal yang terpenting," ucap Jin.

"Kita hidup dalam ketidakpastian, tapi sesungguhnya, tidak ada yang berubah. Jika ada sesuatu yang bisa aku lakukan, jika suara kami bisa memberikan kekuatan untuk orang lain, maka itulah yang kami inginkan dan itulah yang akan kami tetap lakukan," timpal Jungkook.

Load More