Yohanes Endra | MataMata.com
Seleb Korea dengan SPP Sekolah Termahal (Instagram/@todayis_wendy)

Matamata.com - Acara TMI News yang disiarkan stasiun televisi Mnet mengungkap sederet Idol asal Korea Selatan dengan biaya sekolah termahal. Mereka adalah Idol K-Pop yang mengenyam pendidikan di Sekolah Internasional atau sekolah elite. Dengan biaya sekolah fantastis, fasilitas dan kurikulum sekolah para Idol K-Pop ini tentu super lengkap.

Kira-kira berapa biaya yang harus dibayarkan para orangtua Idol K-Pop untuk pendidikan anak-anaknya di sekolah termahal? Yuk simak ulasan lengkapnya berdasarkan daftar yang dirilis TMI News berikut ini.

1. Ten NCT

Baca Juga:
8 Drama Korea Tampilkan Adegan Ranjang: Nevertheless Kelewat Meresahkan!

Seleb Korea dengan SPP Sekolah Termahal (Instagram/@tenlee_1001)

Ten merupakan personel grup asuhan SM Entertainment NCT yang berasal dari Thailand. Rupanya sekolah Ten di Negara Gajah Putih tersebut ditetapkan sebagai yang paling mahal oleh TMI News. Sekolah Internasional Shrewsbury yang berbasis olahraga dan seni diketahui mematok uang pangkal sebesar Rp102 juta. Apabila ditotal keseluruhan biaya Ten mengenyam pendidikan selama 10 tahun, kira-kira dana yang harus dibayarkan orangtuanya mencapai Rp3,7 miliar. Dengan nilai fantastis tersebut, cowok dengan nama lengkap Chittaphon Leechaiyapornkul ini menikmati fasilitas mewah seperti perpustakaan dengan 40 ribu buku, ruang musik, ruang tari, aula senam, hingga lapangan tenis.

2. Jackson GOT7

Seleb Korea dengan SPP Sekolah Termahal (Instagram/@jacksonwang852g7)

Jackson mengenyam pendidikan di Sekolah Internasional Amerika di Hongkong sejak duduk di bangku kelas 2 SD. Anggota GOT7 ini melanjutkan pendidikannya di sekolah yang sama hingga kelas 12 SMA. Selama periode tersebut, orangtua Jackson membayar biaya pendidikan sebesar Rp3,6 miliar. Meski biayanya fantastis, Jackson berhasil 'membalas' dengan prestasi memenangkan juara pertama olahraga Fencing tingkat Asia. Pada 2019 lalu, cowok yang pernah bernaung di bawah asuhan JYP Entertainment ini sempat mengajak orang tuanya mengunjungi sekolahnya dan berbagi cerita bersama adik-adik tingkatnya.

Baca Juga:
5 Fakta Lee Min Ki, Lawan Main Kim Ji Won di Drama Korea Terbaru

3. Wendy Red Velvet

Seleb Korea dengan SPP Sekolah Termahal (Instagram/@todayis_wendy)

Lagi-lagi dari grup asuhan SM Entertainment, Wendy Red Velvet diketahui mengenyam pendidikan di kawasan Minnesota, Amerika Serikat.  Wendy sempat bersekolah di Shattuck-St.Mary yang didirikan sejak 1858 berbasis asrama. Saking eksklusifnya, jumlah siswa di sekolah Shattuck-St.Mary hanya 14 siswa dalam satu kelas. Selama 2 tahun menjalani pendidikan di sana, Wendy menghabiskan sekitar Rp2,4 miliar hanya untuk asrama dan uang makan saja lho! Wendy juga pernah mengenyam pendidikan di Kanada dengan biaya SPP selama 3 tahun sekitar Rp2,7 miliar. Bukan main!

4. Krystal Jung

Baca Juga:
8 Lagu Korea Populer di TikTok: Dance Challenge hingga Konten Demo

Seleb Korea dengan SPP Sekolah Termahal (Instagram/@vousmevoyez)

Krystal yang pernah bernaung di SM Entertainment bersama grup f(x) adalah selebriti selanjutnya. Adik Jessica Jung ini pernah mengenyam pendidikan di sekolah Internasional Korea Kent yang sebagian besar lulusannya akan melanjutkan studi perguruan tinggi di Amerika. Selama bersekolah di sana sejak kelas 3 SD hingga lulus SMP, orangtua Krystal menghabiskan sekitar Rp1,5 miliar. Krystal juga menempuh pendidikan di SMA Hanlim Multi Arts, Korea yang terkenal dengan seragam musim dingin seharga Rp13 juta. Orangtua Krystal juga harus menggelontorkan biaya Rp51 juta untuk SPP SMA elite tersebut. Untuk diketahui, Krystal belakangan lebih aktif sebagai aktris ketimbang Idol dan telah mengakhiri kontraknya dengan SM Entertainment.

5. G-Dragon

Seleb Korea dengan SPP Sekolah Termahal (Instagram/@xxibgdrgnnxx)

G-Dragon telah mengawali kariernya sejak duduk di bangku SD. Leader grup Big Bang ini diketahui pernah kuliah jurusan musik dengan biaya sekitar Rp99 juta untuk dua semester. Kemudian G-Dragon pindah ke Universitas daring dengan biaya kuliah Rp77 juta selama dua tahun. G-Dragon juga menempuh studi program magister selama 5 semester dengan biaya Rp215 juta. Apabila ditotal, biaya pendidikan G-Dragon dari S1 hingga S3 ditaksir mencapai Rp1,8 miliar. Selain itu, bukan rahasia apabila G-Dragon pernah menjadi trainee SM Entertainment sebelum akhirnya pindah dan debut bersama Big Bang di bawah naungan YG Entertainment.

Selain mereka, Jae Hyun Golden Child, Aron NU'EST, Kwon Hyun Bin, Do Hyon BAE173, Jake ENHYPEN, Winwin NCT, dan Si Eun STAYC juga termasuk selebriti yang bersekolah dengan biaya luar biasa fantastis. Banyak juga ya! 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More