Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Aktor Korea bebas wajib militer (Instagram/@ ____kimwoobin)

Matamata.com - Salah satu negara yang masih memberlakukan wajib militer untuk warga negaranya adalah Korea Selatan. Apalagi, konflik antara Korea Selatan dan Korea Utara yang seakan tidak ada ujungnya tersebut membuat negara yang terkenal dengan teknologi dan dramanya tersebut terus bersiaga. Meskipun demikian, tidak semua orang harus mengikuti kewajiban tersebut. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk wamil, diantaranya ada berjenis kelamin lelaki, berusia 18 - 28 tahun, dan sehat pikiran serta jasmani.

Siapun yang masuk ke dalam kategori di atas wajib mengikuti pelatihan militer selama sekitar dua tahun, tidak terkecuali para aktor Korea. Sebagai warga negara yang taat aturan, para selebriti tersebut, baik aktor maupun idol, harus vakum dari dunia hiburan untuk sementara waktu dan menjalani program wajib militer tersebut. Namun, dalam beberapa kondisi, misalnya saja mempunyai penyakit atau cedera yang serius, beberapa orang diberikan pengecualian sehingga tidak perlu melaksanakan kewajiban tersebut.

Aktor Korea bebas wajib militer. (Instagram @kimwoo_bin)

Ada nggak nih aktor Korea bebas wajib militer karena sakit? Kalau iya, siapa saja mereka dan penyakit apa yang mereka derita, ya? Yuk simak terus informasi berikut ini biar nggak penasaran?

1. Kim Woo Bin

Aktor Korea bebas wajib militer (Instagram/@ ____kimwoobin)

Aktor yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-32 ini juga tidak bisa mengikuti wajib militer. Bukan karena mangkir, Kim Woo Bin punya alasan yang kuat mengapa ia bisa dibebaskan dari kewajiban bela negara tersebut. Ketika ia melakukan pemeriksaan fisik untuk wajib militer, Kim Woo Bin masuk ke dalam level 6, yang membuatnya bebas wajib militer, karena kanker nasofaring yang dideritanya kala itu.

Bahkan, kekasih Shin Min Ah ini telah vakum dari dunia hiburan untuk melakukan kemoterapi dan pengobatan untuk melawan kanker yang dideritanya tersebut sejak tahun 2017. Kabar baiknya, sekarang lawan main Lee Min Ho di drama ‘The Heirs’ yang populer beberapa tahun lalu tersebut kini telah sehat seperti sedia kala. Bahkan, ia juga sedang mempersiapkan drama terbarunya, loh.

2. Yoo Ah In

Aktor Korea bebas wajib militer (Instagram/@hongsick)

Aktor Korea bebas wajib militer lainnya adalah Yoo Ah In. Pemeran serial drama ‘Chicago Typewriter’ ini ternyata pernah mengidap tumor tulang dan juga beberapa kali mengalami cedera pada bahu kanannya. Oleh karena itu, Yoo Ah In pun melakukan serangkaian pemeriksaan pada tahun 2015, yang memang harus dilakukan sebelum pendaftaran wamil.

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More