Yohanes Endra | MataMata.com
Profil RM BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Matamata.com - Belum lama ini, RM BTS merayakan ulang tahun ke-27. Sebagai rapper andalan dan leader dari grup BTS, RM tentu mendapat sorotan dunia. Bagaimana tidak, BTS merupakan grup idol yang mendapat pengakuan Internasional bahkan diundang PBB!

Profil RM BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Kenalan dengan RM BTS, yuk! Simak melalui profil RM BTS yang telah disiapkan tim MataMata.com berikut ini.

Biodata RM BTS

Baca Juga:
9 Transformasi RM BTS dari Tahun ke Tahun, Lagi Ultah ke-27 nih!

Profil RM BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

RM adalah nama panggung yang digunakan pria bernama asli Kim Namjoon tersebut di tahun 2018. Saat debut dengan BTS, RM menggunakan nama panggung Rap Monster. RM lahir pada 12 September 1994 dengan golongan darah A. Tinggi dan berat badannya kira-kira sekitar 181 sentimeter dan 67 kilogram.

RM adalah sulung dari dua bersaudara dengan seorang adik perempuan. Ia lahir di Dongjak-Gu kemudian pindah ke Ilsan-Gu saat usianya sekitar 4 tahun. Kabarnya RM pernah tinggal dan bersekolah di Selandia Baru selama 6 bulan.

Predebut

Baca Juga:
RM BTS Diajak Nikah Fans, Jawabannya Auto Viral!

Profil RM BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

RM BTS belajar bahasa Inggris bersama sang ibu melalui serial Friends. RM kemudian tertarik menulis puisi dan membagikan karyanya ke situs web puisi online. Saat kelas 5 SD, RM tertarik pada musik hip-hop berkat lagu Fly milik Epik High.

Kegemaran RM BTS menulis puisi kemudian dituangkan dalam lirik lagu. Saat SMP, RM mulai aktif berkarya di lingkungan hip-hop lokal underground dengan julukan Runch Randa. Ia berkolaborasi dengan rapper lain, salah satunya Zico.

Orangtua RM sempat melarangnya berkarier sebagai musisi karena prestasi akademiknya yang memukau. Kini sudah bukan rahasia lagi apabila RM memiliki IQ 148. Selain itu, RM mendapat skor 1 persen teratas saat ujian masuk universitas.

Baca Juga:
Pidato RM BTS Tuai Kecaman, Ini Tanggapan Kementerian Luar Negeri China!

Debut

Profil RM BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

RM debut dengan BTS pada Juni 2013 dengan nama panggung Rap Monster. Nama tersebut diambil dari karyanya sendiri yang terinspirasi lagu Rap Genius milik San E. Sejak 2018, RM mulai menjadi nama panggungnya.

RM BTS awalnya mengikuti audisi Big Deal Records pada 2009, tetapi belum berhasil. Pada 2010, RM mengikuti audisi Big Hit dan bertemu dengan Bang Si Hyuk. RM menerima tawaran Bang Si Hyuk tanpa sepengetahuan orangtuanya. Pertemuan mereka membuat grup BTS akhirnya terbentuk. Selama tiga tahun pertama, RM berlatih bareng Suga dan J-Hope.

Puncak Karier

Profil RM BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Puncak karier RM bersama BTS terjadi ketika meraih kemenangan pertama untuk lagu I NEED U pada 5 Mei 2015. BTS kemudian menggelar tur konser dunia pada 2017. BTS bahkan menjadi grup asal Korea Selatan pertama yang mendapat penghargaan dari Billboard Music Awards.

Album Love Yourself pada 2018 pun sukses besar hingga membuat nama BTS begitu terkenal di dunia seperti sekarang. RM BTS dan rekan-rekan grupnya tak berhenti menelurkan lagu-lagu hits seperti Dynamite, Life Goes On, Butter, dan Permission to Dance yang terbaru.

Karier Solo

Profil RM BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

RM BTS telah merilis mixtape solo pertama bertajuk RM pada 2015. Album tersebut langsung menempati peringkat ke-48 di 50 Album Hip Hop Terbaik 2015 versi Spin. 

Mixtape kedua berjudul Mono dirilis pada 2018. Prestasi lain ditorehkan dengan berada di peringkat pertama Emerging Artists Chart di Amerika Serikat. Salah satu lagu di album tersebut, Seoul, diproduksi oleh Honne. Kini penggemar tengah menantikan mixtape ketiga RM yang diharapkan segera rilis,

BTS rencananya akan menghadiri sidang umum PBB ke-76 hari ini, Senin (20/9/2021). RM tentu akan menjadi pembicara mengingat kemampuan bahasa Inggrisnya yang memukau. Kita tunggu karya-karya RM dan BTS selanjutnya ya, guys! 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More