Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Lisa BLACKPINK (Instagram/@lalalalisa_m)

Matamata.com - Lisa BLACKPINK tengah menuai sorotan, pasalnya rapper asal Thailand yang baru saja merilis album solo ini dikritik telah melakukan perampasan budaya. Usut punya usut kritik tersebut diterima Lisa usai dirinya mengunggah video performance B-side track yang berjudul Money dari albumnya LALISA. Namun segera setelah video itu diunggah, rekan satu grup Jennie, Rose, dan Jisoo ini justru mendapatkan kritik.

Hal ini karena tatanan rambut Lisa yang memakai box braids. Hal ini pun lantas membuat Lisa dituduh melakukan perampasan budaya. Lisa pun sudah melakukan permintaan maaf atas hal tersebut. Lepas dari permasalahan itu, Lisa BLACKPINK adalah seorang idol Korea yang memiliki banyak penggemar terutama di Asia Tenggara mengingat dirinya juga berasal dari Thailand. Biar kenal lebih dekat sosoknya, Matamata.com sudah rangkumkan profil Lisa BLACKPINK berikut ini. Jadi langsung saja kepoin profilnya yuk!

Profil Lisa BLACKPINK

Baca Juga:
Dituding Perampasan Budaya, Ini Fakta Permintaan Maaf Lisa BLACKPINK

Profil Lisa BLACKPINK (Instagram/@blackpinkofficial)

Lisa BLACKPINK lahir di Thailand pada 27 Maret 1997 dengan nama lahir Pranpriya Manoban. Namun ia akhirnya mengubah namanya menjadi Lalisa Manoban. Saat ini ia lebih akrab dipanggil dengan panggilan Lisa. Lisa merupakan anak satu-satunya dari ibunya yang asli Thailand. Sejak kecil Lisa sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap KPop, ia merupakan penggemar BIGBANG dan 2NE1.

Bakat bernyanyi dan menarinya sudah terlihat sejak ia duduk di bangku sekolah, ia bahkan pernah menjadi juara dua ketika mewakili sekolahnya dalam kontes menyanyi yang diselenggarakan oleh Pusat Promosi Moral. Perempuan yang memiliki tinggi badan 166 cm ini merupakan teman dari BamBam GOT7 yang juga berasal dari Thailand dan sama-sama pernah tergabung dalam satu kelompok tari yang sama. Saat ini Lisa menjadi salah satu artis kebanggaan warga Thailand karena dirinya mampu membuktikan bakatnya hingga seluruh dunia.

Perjalanan Karier

Baca Juga:
Lisa BLACKPINK Minta Maaf, Kena Kritik Gegara Rambut di Video Klip Money

Profil Lisa BLACKPINK (Instagram/@lalalalisa_m)

Lisa mengawali kariernya dengan bergabung bersama kelompok tari We Zaa Cool. Di dalam kelompok tari inilah ia dan BamBam menjalin pertemanan. Bahkan hubungan pertemanan mereka juga masih terjalin hingga saat ini. Bersama We Zaa Cool, Lisa memenangkan kompetisi menari yang disiarkan oleh LG Entertainment Million Dream Sanan World.

Pada tahun 2010, Lisa memberanikan diri mengikuti audisi YG Entertainment di Thailand. Lisa menjadi satu-satunya peserta yang berhasil lolos dari 4.000 pendaftar. Pada 11 April 2011, Lisa resmi bergabung dengan YG Entertainment dan menjadi trainee asing pertama mereka. Sebelum debut sebagai penyanyi, Lisa telah lebih dulu debut sebagai model untuk merek pakaian Nona9on pada 2015.

Lisa menjalani masa trainee selama kurang lebih lima tahun sebelum kemudian debut bersama Jennie, Rose, dan Jisoo sebagai BLACKPINK pada Agustus 2016. BLACKPINK mengawali debutnya dengan album tunggal Square One. Lagu utama mereka Whistle dan Boombayah, bahkan Whistle berhasil mencapai all-kill yang mencetak rekor baru. Kini BLACKPINK telah menjadi salah satu girl grup Korea yang begitu dicintai di seluruh dunia. Lisa juga baru saja merilis album solo bertajuk LALISA yang mendapatkan respons positif dari penggemar. Bahkan video musik LALISA di YouTube telah berhasil ditonton sebanyak 100 juta kali dalam waktu singkat.

Baca Juga:
Ngakak Abis! Viral Kekeyi Bikin Cover Dance LALISA, Lagu Lisa BLACKPINK

Profil Lisa BLACKPINK (Instagram/@lalalalisa_m)

Fakta Lisa BLACKPINK

- Lisa adalah bagian dari Thai Line, sebuah grup obrolan yang beranggotakan idol asal Thailand yaitu BamBam GOT7, Sorn CLC, dan Ten NCT.

- Lisa bersama dengan Rose adalah anggota girl grup KPop pertama yang mencapai 1 juta likes di Instagram

Baca Juga:
Takut Hantu, Lisa BLACKPINK Ungkap Ritual yang Dilakukan Setiap Malam

- Lisa menguasai lima bahasa yaitu Thailand, Inggris, Korea, China, dan Jepang.

- Lisa adalah satu-satunya peserta yang diterima YG Entertainment dalam YG Audition di Thailand tahun 2010.

- Lisa adalah sahabat BamBam GOT7, keduanya merupakan anggota kelompok tari We Zaa Cool.

- Lisa memiliki ayah tiri seorang koki yang tersertifikasi dari Swiss di Thailand yang bernama Marco Brueschweiler

- Lisa menjadi penyanyi solo wanita KPop pertama yang mendapatkan gelar "penjual setengah juta" di minggu pertama dirilis

- Lisa dikritik telah melakukan perampasan budaya karena gaya rambutnya dalam video performance lagu Money.

Profil Lisa BLACKPINK (Instagram/@lalalalisa_m)

Itulah profil Lisa BLACKPINK dan beberapa fakta menarik tentang dirinya. Belum lama ini ia mendapat kritik karena penampilannya dalam video Money dengan gaya rambut box braids. Idola siapa nih? Sukses selalu Lisa BLACKPINK!

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More