Sabtu, 27 November 2021
Nur Khotimah : Sabtu, 20 November 2021 | 16:20 WIB

Matamata.com - Bukan rahasia lagi bahwa memproduksi sebuah drama Korea membutuhkan biaya yang besar. Namun ada cukup banyak drama Korea dengan biaya produksi fantastis dan menakjubkan. Beberapa bahkan menelan biaya lebih dari Rp300 miliar lho.

Desain produksi yang mewah, pemeran A-list, desain set yang detail, efek khusus, lokasi syuting dan pakaian modis diperlukan untuk membuat drama tingkat atas. Berikut ini beberapa drama Korea dengan biaya produksi fantastis hingga ratusan miliar rupiah.

1. Arthdal Chronicles

Drama Korea dengan Biaya Produksi Fantastis (asianwiki)

Arthdal Chronicles adalah drama Korea fantasi sejarah pertama sehingga diperkirakan biaya produksinya tinggi. Drama ini dibintangi oleh bintang papan atas seperti Song Joong Ki, Kim Ji Won hingga Jang Dong Gun dan dibagi menjadi tiga bagian yang meningkatkan biaya produksi.

Syuting juga sebagian dilakukan di Brunei sementara satu set dibangun khusus untuk drama di Osan, Provinsi Gyeonggi. Diperkirakan setiap episode Arthdal Chronicles menelan biaya sekitar tiga miliar won, dan total produksinya mencapai 54 miliar won (sekitar Rp647 miliar).

2. Mr. Sunshine

Drama Korea dengan Biaya Produksi Fantastis (asianwiki)

Mr. Sunshine juga memakan biaya yang cukup besar. Total penayangan 24 episodenya diperkirakan menelan biaya 40 miliar won (sekitar Rpp479 miliar). Sebagian besar biaya produksi dihabiskan untuk menciptakan kembali elemen sejarah, desain set, efek khusus dari beberapa lokasi bersejarah dan tentu saja, bayaran pemain bertabur bintang.

Lee Byung Hun yang menjadi bintang utama drama dan telah muncul di beberapa film Hollywood dikabarkan telah dibayar 150 juta won per episode. Tampaknya anggaran yang mahal terbayar karena drama ini menerima pujian kritis untuk aktingnya, sinematografi, dan menceritakan kembali masa lalu Korea Selatan.

3. Bulgasal

Drama Korea dengan Biaya Produksi Fantastis (asianwiki)

Bulgasal dikatakan memiliki anggaran produksi yang mengesankan sebesar 40 miliar won (sekitar Rp479 miliar). Drama yang segera ditayangkan tvN ini dibintangi sejumlah nama-nama terkenal seperti Lee Jin Wook, Kwon Nara, Lee Joon, Gong Seung Yeon hingga Kim Wooseok.

Plot cerita Bulgasal berpusat pada seorang pria yang tampaknya abadi yang telah hidup selama 600 tahun, dan seorang wanita yang berulang kali bereinkarnasi sambil dapat mengingat peristiwa kehidupan masa lalunya. Bulgasal dijadwalkan tayang pada 18 Desember 2021.

4. Kingdom

Drama Korea dengan Biaya Produksi Fantastis (asianwiki)

Kingdom adalah drama sejarah lain yang menghabiskan budget cukup mahal. Satu episode Kingdom diperkirakan menelan biaya tiga miliar won Korea, itulah sebabnya setiap musim hanya memiliki enam episode. Drama horor sejarah ini juga dibintangi oleh selebriti terkenal termasuk Ju Ji Hoon, Bae Doona dan Ryu Seung Ryong.

Sutradara serial Kim Seong Hun mengungkapkan kepada Variety bahwa Kingdom dimaksudkan untuk delapan episode tapi mereka menghabiskan anggaran sehingga diperkecil menjadi enam episode. Perkiraan biaya yang telah dihabiskan mencapai 35 miliar won (sekitar Rp419 miliar).

5. The King: Eternal Monarch

Drama Korea dengan Biaya Produksi Fantastis (asianwiki)

The King: Eternal Monarch menjadi berita utama ketika diumumkan karena gaji tinggi Lee Min Ho untuk setiap episode. Ini adalah drama comeback Lee Min Ho setelah menyelesaikan wajib militernya. Perkiraan biaya yang dihabiskan oleh drama besutan Kim Eun Sook ini mencapai 30 miliar won (sekitar Rp359 miliar).

Penggunaan efek khusus untuk elemen fantasi serta semua mobil mahal, perhiasan, kuda, desain set yang sesuai dengan alur cerita royalti, biaya produksinya jelas cukup mahal. Juga, tim produksi harus menciptakan kembali dunia imajiner tapi membuatnya terlihat agak dekat dengan kota Busan.

6. Sweet Home

Drama Korea dengan Biaya Produksi Fantastis (asianwiki)

Sweet Home merupakan serial original Netflix berdasarkan webtoon eponim. Drama ini menghabiskan sebagian besar anggarannya untuk efek khusus dan CGI monster, dengan biaya sekitar tiga miliar won Korea per episode.

Sweet Home juga diarahkan oleh sutradara populer Lee Eung Bok yang mengerjakan drama-drama populer seperti Descendents of the Sun, Goblin dan Mr. Sunshine, yang semuanya juga memiliki biaya produksi yang besar. Drama ini menelan biaya sekitar 30 miliar won (sekitar Rp359 miliar).

Itu dia deretan drama Korea dengan biaya produksi fantastis hingga ratusan miliar rupiah. Ada drama favoritmu?

Kontributor: Chusnul Chotimah

BACA SELANJUTNYA

Ultah ke-35, 5 Rekomendasi Drama Moon Chae Won yang Sayang Dilewatkan