Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Rekor BTS di Amerika (Instagram/@bts.official.19)

Matamata.com - Baik kalian pecinta K-Pop atau bukan, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan grup vokal BTS, bukan? Boyband asal Korea Selatan yang beranggotakan tujuh orang penyanyi idola tersebut sukses mencuri panggung di banyak negara, termasuk Amerika Serikat, lho.

Selain bermodalkan visual yang penuh pesona, semua member BTS memiliki kualitas suara yang begitu memikat. Ditambah lagi, lagu-lagu yang mereka ciptkan tak hanya memiliki melodi indah, tetapi juga lirik dengan makna yang begitu dalam, lho. Tak heran jika setiap album yang mereka rilis selalu mencapai nilai penjualan yang fantastis.

Begitu besarnya popularitas mereka, BTS juga berhasil mengalahkan grup-grup band asal negeri Paman Sam yang lebih dulu populer, lho.

Baca Juga:
10 Gaya BTS di AMA 2021, Raih 3 Penghargaan Termasuk Artist of the Year

Mereka juga kerap meraih sejumlah prestasi dan penghargaan secara global. Nggak percaya, nih? Kalau begitu, simak dulu rekor BTS di Amerika berikut ini!

1. Tak sampai setahun sejak meluncurkan album debut mereka di bulan Juni 2013, BTS telah sukses menyita perhatian dunia. Bahkan, prestasi mereka di industri musik dunia semakin bertambah setiap tahunnya hingga akhirnya mereka dipercaya untuk menjadi grup K-pop pertama yang tampil di American Music Awards (AMAs) pada tahun 2017 silam.

Rekor BTS di Amerika (Instagram/@its.bangtanvlog)

2. Sejak saat itu, popularitas BTS di kancah internasional pun semakin meningkat. Bahkan, jumlah penggemar BTS atau yang disebut sebagai ARMY di Amerika Serikat mencapai puluhan ribu orang, lho. Tak heran jika mereka berhasil memecahkan rekor sebagai artis Korea pertama yang pernah menggelar konser di Amerika Serikat pada tahun 2018 lalu.

Baca Juga:
BTS Raih Trofi di AMA 2021, RM Kirim Pesan Cinta untuk Army

Rekor BTS di Amerika (Instagram/@bts.official.19)

3. Tak hanya itu saja, album BTS yang berjudul Love Yourself yang dirilis pada tahun 2018 lalu juga laku keras dan mencapai jumlah penjualan terbaik yang pernah ada di Amerika Serikat, lho. Bahkan, album tersebut juga terus menduduki posisi teratas di chart Billboard selama berbulan-bulan, lho. 

Rekor BTS di Amerika (Instagram/@bellakook07)

4. Popularitas dan rekor BTS di Amerika bahkan mengalahkan sejumlah penyanyi dan grup musik paling terkenal asal negeri Paman Sam tersebut, lho. Itulah mengapa BTS akhirnya dinobatkan sebagai pemenang Favorite Duo or Group Pop/Rock dan Tour of the Year dalam ajang American Music Awards 2019.

Rekor BTS di Amerika (Instagram/@bts.bighit.ot7)

5. Bahkan, kendati tak bisa menghadiri perhelatan American Music Awards 2020 karena pandemi Covid-19, mereka kembali memenangkan Favorite Social Artist untuk ketiga kalianya dan Favorite Duo or Group Pop/Rock untuk kedua kalinya. Keren banget, bukan?

Baca Juga:
Demi Nonton BTS Nyanyi Satu Lagu, Luna Maya Rela Terbang ke Amerika

Rekor BTS di Amerika (Instagram/@ot7_army97)

6. Semakin lama BTS semakin merajai industri musik dunia, termasuk juga Amerika Serikat, lho. Lagu Dynamite yang mereka rilis di tahun 2020 lalu bahkan tercatat sebagai lagu paling laris yang terjual hingga lebih dari satu juta kopi di Amerika Serikat pada Januari 2021, lho. Lagu tersebut bahkan dinobatkan sebagai Top Selling Song oleh Billboard Music Awards 2021.

Rekor BTS di Amerika (Instagram/@bts.official.19)

7. Menyusul kesuksesan Dynamite, lagu Butter BTS berhasil menduduki puncak tangga lagu Billboard dan meraih rekor penjualan mingguan tertinggi di seluruh dunia. Bahkan, di hari perilisannya, lagu tersebut telah diputar secara streaming sebanyak 32,2 juta kali di Amerika Serikat. Tak heran jika Butter berhasil menyabet penghargaan Favorite Pop Song dalam American Music Awards 2021.

Rekor BTS di Amerika (Instagram/@bts.official.19)

8. Yang lebih mencengangkannya lagi, BTS berhasil meraih penghargaan sebagai Artist of The Year dalam ajang penghargaan musik bergengsi di tahun 2021 tersebut, mengalahkan Ariane Grande, Taylor Swift, Drake, Olivia Rodrigo, dan the Weeknd yang selama ini disebut sebagai penyanyi paling populer di seluruh dunia.

Baca Juga:
10 Fakta Kim Min Kyu, Idol Ganteng yang Dibilang Mirip Jin BTS

Rekor BTS di Amerika (Instagram/@bts__princess)

Itulah rekor BTS di Amerika. Dengan semua prestasinya yang membanggakan tersebut, tak heran jika grup vokal asal negeri gingseng ini berhasil merajai industri musik dunia, ya.

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More