Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Perjalanan karier Kang Mi Na (Instagram/@_happiness_o)

Matamata.com - Kang Mi Na merayakan ulang tahunnya yang ke-22 pada hari ini, Sabtu (4/12/2021). Mengawali karier sebagai member grup Gugudan, Kang Mi Na kini telah dikenal sebagai aktris yang muncul dalam berbagai drama Korea.

Dalam waktu dekat, Kang Mi Na akan muncul di drama Moonshine yang tayang mulai 21 Desember 202 dan dapat disaksikan melalui platform streaming Viu. Seperti apa perjalanan karier Kang Mi Na? Yuk simak ulasan yang telah disiapkan MataMata.com berikut ini.

1. Pernah Jadi Member 4 Grup

Baca Juga:
Fuji Adik Ipar Vanessa Angel Pamer Rambut Panjang: Kayak Artis Korea

Perjalanan karier Kang Mi Na (Instagram/@_happiness_o)

Kang Mi Na menjadi salah satu trainee Jellyfish Entertainment yang mengikuti acara survival show Produce 101 musim pertama. Kang Mi Na bersama Kim Nayoung dan Kim Sejeong berhasil tampil dengan baik dalam acara tersebut. Kang Mi Na berada di peringkat sembilan sehingga mendapat kesempatan untuk debut bersama I.O.I. Kim Sejeong juga debut bersama I.O.I, sedangkan Kim Nayoung yang berada di posisi 14 harus tersingkir.

Grup I.O.I debut pada Mei 2016 dengan 10 anggota. I.O.I lainnya merilis lagu pertama berjudul Dream Girls dan mendulang kesuksesan dengan single Very Very Very. Mina berperan sebagai lead dancer, vocalist, dan rapper I.O.I. Kang Mi Na kemudian debut di grup gugudan pada Juni 2016 bersama 8 member lainnya termasuk Kim Nayoung dan Kim Sejeong.

Saat bersama gugudan, Kang Mi Na bergabung dalam sub unit gugudan 5959 bersama Hyeyeon. Kang Mi Na, Kim Sejeong, dan Kim Nayoung juga membentuk sub unit Semina pada Juli 2018.

Baca Juga:
8 Artis Korea Jadi Pelakor di Drama: Aktingnya Bikin Penonton Benci Banget

2. Grup Dibubarkan

Perjalanan karier Kang Mi Na (Instagram/@_happiness_o)

Namun karier Kang Mi Na sebagai idol sudah berakhir. Grup I.O.I hanya menghabiskan waktu bersama selama satu tahun karena anggotanya berasal dari grup-grup berbeda. Sub unit gugudan 5959 pun kandas saat Hyeyeon keluar dari agensi Jellyfish Entertainment. Sedangkan grup gugudan beserta sub unitnya resmi bubar pada 31 Desember 2020 setelah dua tahun tanpa kegiatan grup.

3. Awal Karier Aktris

Baca Juga:
6 Artis Korea Hamil di Tahun 2021, Terbaru Park Shin Hye

Perjalanan karier Kang Mi Na (Instagram/@_happiness_o)

Saat masih berkarier di grup gugudan, Kang Mi Na telah menunjukkan bakatnya di dunia akting. Ia pertama kali membintangi drama 20th Century Boy and Girl (2017) sebagai Sa Jin Jin muda. Karakter versi dewasanya diperankan Han Ye Seul. Masih di tahun yang sama, Kang Mi Na dipercaya menjadi peran utama dalam FTV History of Walking Upright yang tayang di tvN bersama Byeon Woo Seok.

Di tahun 2018, Kang Mi Na beradu akting dengan Sehun EXO dalam web drama berjudul Dokgo Rewind. Ia juga berperan sebagai putri dari karakter Sun Ok Nam yang diperankan Moon Chae Won dalam drama Mama Fairy and the Woodcutter. Karier aktris Kang Mi Na terus melambung meski kala itu masih disibukkan dengan kegiatan bersama grup gugudan. Drama Hotel de Luna (2019) membuat sorotan penonton kepada Kang Mi Na sebagai aktris semakin kuat.

4. Proyek Masa Depan

Baca Juga:
8 Artis Korea Putuskan Menikah Muda, Karena Hamil Duluan?

Perjalanan karier Kang Mi Na (Instagram/@_happiness_o)

Setelah gugudan dibubarkan, Kang Mi Na muncul di drama My Roommate Is A Gumiho (2021) pada episode 8 dan 11 sebagai Choi Jin Ah. Dalam waktu dekat, Kang Mi Na akan muncul di drama Moonshine atau juga dikenal dengan judul When Flowers Bloom, I Think of The Moon. Dalam drama yang dibintangi Yoo Seung Ho dan Hyeri sebagai pemeran utama tersebut, Kang Mi Na akan reuni dengan lawan mainnya di History of Walking Upright, Byeon Woo Seok.

Selanjutnya, Kang Mi Na telah dikonfirmasi sebagai salah satu pemain dalam drama Minamdang yang akan tayang pada 2022 mendatang. Minamdang akan dibintangi Seo In Guk dan Oh Yeon Seo. Kang Mi Na akan berperan sebagai adik Seo In Guk. Karakternya yang bernama Nam Hye Joon digambarkan sebagai seorang hacker.

Demikian perjalanan karier Kang Mi Na yang kini fokus berkarier sebagai aktris. Selamat ulang tahun Kang Mi Na! Semoga makin sukses kariernya ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More