Yohanes Endra | MataMata.com
Lagu K-Pop Paling Ngetop (Instagram/bts.bighitofficial/lalalalisa_m)

Matamata.com - Bukan hal yang mudah menentukan lagu K-Pop paling ngetop 2021 karena banyak musisi Korea keren yang comeback tahun ini. K-Pop sendiri sudah memperluas batas dan cakupannya dari tahun ke tahun di mana pendengarnya tidak hanya dari Korea saja, namun juga dunia.

BTS misalnya, yang sejak debut mereka pada tahun 2013, telah menjadi salah satu artis paling berpengaruh di dunia dengan terus mencetak rekor baru di pasar musik populer global. Baru-baru ini, grup yang digawangi RM cs itu juga menjadi artis Asia pertama yang memenangkan Artist of the Year di American Music Awards 2021.

Lagu K-Pop Paling Ngetop (Instagram/@bts.bighitofficial)

So, kalau kamu penasaran, ini dia MataMata rangkumkan 6 lagu K-Pop paling ngetop 2021 menurut berbagai versi, yakni menurut NME, Billboard, Teen Vogue, dan TIME, selengkapnya di bawah ini:

Baca Juga:
10 Lagu K-Pop Terpopuler 2020, Wajib Masuk Playlist Favorit Kamu!

1. BTS - Butter

Lagu K-Pop Paling Ngetop (Instagram/@bts.bighitofficial)

Pada tahun 2021, BTS merilis single hit Butter, yang menduduki puncak Billboard Hot 100 di Amerika Serikat, dan dipilih oleh beberapa media sebagai salah satu lagu terbaik tahun ini. Setidaknya Billboard, NME dan Teen Vogue mengulas positif lagu ini.

Rilisan mereka yang lain pada tahun 2021, Permission to Dance, juga mendapat perhatian karena menggabungkan bahasa isyarat internasional dalam koreografinya.

Baca Juga:
Nyesek, 5 Lagu K-Pop Ini Terinspirasi dari Kisah Nyata

2. Aespa - The Next Level

Lagu K-Pop Paling Ngetop (Instagram/@aespa_official)

Billboard, Teen Vogue dan NME memasukkan lagu Aespa berjudul The Next Level ke dalam daftar lagu K-Pop terbaik.

Suara para member, yakni Karina, NingNing, Winter dan Giselle dinilai mulus banget masuk telinga dan koreografi mereka juga sempurna.

Baca Juga:
7 Lagu K-Pop Terkenal yang Berusia 10 Tahun di 2019

3. IU - LILAC

Lagu K-Pop Paling Ngetop (Instagram/@dlwlrma)

IU memulai debutnya pada tahun 2008 dan telah menjadi artis yang dikenal karena kemampuan aktingnya, serta kemampuannya menyanyi dan menulis lagu. Dilansir Soompi sejak 2011, ia secara teratur berada di peringkat 10 besar dalam survei artis/penyanyi/lagu Gallup Korea, dan peringkat pertama pada tahun 2014 dan 2017.

Pada tahun 2021, IU menikmati kesuksesannya di tangga lagu dengan lagu-lagu seperti LILAC, NAKKA (dengan AKMU), dan Strawberry Moon. Lagu LILAC juga masuk daftar lagu K-Pop terbaik menurut NME, Teen Vogue dan Billboard.

Baca Juga:
7 Lagu K-Pop Terbaik 2018, Intip Daftarnya!

4. After School - Weeekly

Lagu K-Pop Paling Ngetop (Soompi)

Weeekly telah kembali dengan lagu baru yang cerah. Pada 17 Maret, girl grup satu ini merilis mini album baru mereka, We play bersama dengan video musik untuk judul lagu.

After School adalah lagu pop yang dipadukan dengan reggae dan trap beat, dan liriknya tentang menghabiskan waktu bersama teman-teman sepulang sekolah. TIME, Teen Vogue dan NME menunjuk lagu ini salah satu rilisan terbaik 2021.

5. Lisa BLACKPINK - Money

Lagu K-Pop Paling Ngetop (Instagram/@lalalalisa_m)

Debut album solo Lisa BLACKPINK 'LALISA' tentu tak boleh dilewatkan. Dilansir Soompi pada tanggal 9 November lalu, Billboard secara resmi mengungkapkan bahwa lagu solo B-side Lisa "MONEY" telah menempati chart untuk minggu kedua di Hot 100 (peringkat mingguan lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat) setelah memasuki chart di No. 90 minggu sebelumnya.

Ini menjadikannya lagu pertama oleh artis solo K-Pop wanita yang menghabiskan dua minggu di Hot 100. Nggak heran lagu ini masuk lagu K-Pop terbaik versi Billboard dan Teen Vogue.

6. Tomorrow X Together feat Seori – '0X1=LOVESONG (I Know I Love You)'

Lagu K-Pop Paling Ngetop (Soompi)

Kalau ada satu lagu di mana semua versi, baik dari NME, Billboard, Teen Vogue, dan TIME menunjuknya sebagai yang terbaik, dia adalah lagu dari TXT atau Tomorrow X Together. Dilansir Soompi, album studio kedua TXT The Chaos Chapter: FREEZE, yang awalnya dirilis pada 31 Mei, telah menjadi album K-pop pertama tahun 2021 yang menghabiskan tujuh minggu di Billboard 200 (peringkat mingguan Billboard untuk album terpopuler di Amerika Serikat).

Judul lagu TXT '0X1=LOVESONG (I Know I Love You)' juga menjadi lagu yang menduduki tangga lagu terlama tahun 2021 oleh artis Korea.

Itu dia deretan lagu K-Pop paling ngetop 2021 menurut berbagai versi. Yang mana nih lagu favoritmu?

Kontributor: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Load More