Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Artis Korea Rajin Donasi. (Instagram/dlwlrma/ggonekim)

Matamata.com - Industri hiburan Korea dikenal dengan persaingan ketat dari para artisnya. Bukan hanya harus berkualitas dan bertalenta, para artis juga harus punya imej baik. Imej baik menjadi salah satu kunci kesuksesan artis Korea. IU dan sederet rekannya ini memiliki imej baik karena mereka masuk dalam daftar artis Korea rajin donasi.

IU dan sederet artis Korea ini diketahui dermawan karena mereka rajin donasi. Bahkan tak sedikit dari mereka yang berdonasi secara diam-diam agar tak diketahui publik. Namun, tetap saja public bisa menemukan bukti kebaikan hati para artis ini. Hal ini pun membuat publik kian mengagumi mereka.

Para artis Korea rajin donasi ini pun menjadi idola netizen bahkan mereka juga mendapat julukan malaikat karena kebaikan hati mereka. Pendapatan yang para artis ini peroleh dengan kerja keras rela mereka sumbangkan atas nama kemanusiaan. Wajar saja kalau banyak Knets yang semakin mengidolakan mereka. Lantas ada siapa saja artis Korea rajin berdonasi? Biar nggak makin penasaran, langsung saja intip daftarnya berikut ini.

Baca Juga:
10 Daftar Artis Korea Suka Makanan Indonesia: Siwon Demen Makan Klepon

1. IU

Artis Korea Rajin Donasi. (Instagram/dlwlrma)

IU merupakan solois dan artis yang begitu dicintai public Korea dan mancanegara. Tak hanya bersuara merdu dan jago akting, IU juga punya hati bak malaikat. Pelantun lagu Strawberry Moon ini merupakan salah satu artis yang rajin berdonasi.

Di tahun 2021 ini saja, ia menyumbangkan uang dengan angka yang tidak sedikit ke berbagai yayasan. IU melakukan donasi pada tanggal 16 Mei 2021 kemarin untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-28. Donasi yang IU berikan untuk beberapa yayasan seperti Yayasan Kanker Anak Korea, Pusat Dukungan Komprehensif untuk Lansia yang Hidup Sendiri, juga Asosiasi Kesejahteraan Anak ini mencapai nominal Rp 6,3 miliar.

Baca Juga:
5 Artis Korea Sukses Perankan Karakter Protagonis dan Antagonis

Tak cukup di situ, saat merayakan debutnya yang ke-13 pada 18 September 2021, IU kembali berdonasi. Donasi IU ini bukan berupa uang melainkan menyumbangkan berbagai produk senilai Rp 10,3 miliar untuk membantu klinik yang kurang mampu dari kerjasamanya sebagai model iklan.

2. Kim Yoo Jung

Artis Korea Rajin Donasi. (Instagram/you_r_love)

Artis cantik Kim Yoo Jung yang sudah memulai kariernya sejak usia muda ini juga menjadi salah satu artis Korea rajin donasi. Di tahun 2021, Kim Yoo Jung tercatat memberikan donasi sebesar Rp 363 juta melalui Green Umbrella Children’s Foundation.

Baca Juga:
6 Artis Korea Berjuang Lawan Kanker, Park So Dam Baru Jalani Operasi

Kim Yoo Jung yang baru berusia 22 ini telah sering berdonasi, ia juga dikenal konsisten berdonasi. Uang yang Kim Yoo Jung sumbgangkan ini digunakan untuk menanggung biaya perawatan pasien anak-anak. Tak hanya itu, ia juga membantu anak-anak dengan orang tua berpenghasilan rendah dan terdampak Covid-19.

3. Bae Suzy

Artis Korea Rajin Donasi. (Instagram/skuukzky)

Artis cantik BAe Suzy telah menyumbangkan uang senilai Rp 1,2 miliar pada Happy Sharing Taekwondo Federation tepat di hari Anak Korea pada 5 Mei 2021. Donasi yang dilakukan oleh Suzy ini digunakan di panti asuhan dan orang dewasa yang tidak bisa lagi dilindungi oleh lembaga kesejahteraan anak.

Baca Juga:
Paras Rupawan, 8 Artis Korea Jomblo dari Lahir: Ada Personel BLACKPINK!

Donasi ini bukanlah donasi yang pertama Suzy lakukan, sebab Suzy merupakan artis yang selalu berdonasi setiap tahunnya guna membantu pasien kanker anak, keluarga berpenghasilan rendah, pencegahan dan pengobatan COVID-19, serta pasien penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Kebaikan hatinya ini membuat Suzy masuk ke dalam anggota Honor Society dan diakui oleh Community of Chest Korea di tahun 2015.

4. Jung Woo Sung

Artis Korea Rajin Donasi. (Instagram/artistcompanyofficial)

Aktor senior Jung Woo Sung juga rajin dona, ia bahkan menjadi salah satu anggota dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) sejak.

Baru-baru ini tepatnya pada September 2021 kemarin, ia berdonasi sebesar Rp1,2 miliar untuk membantu pengungsi Afghanistan. Ia juga kerap melakukan aksi sosial salah satunya dengan menemui warga terlantar dari negara-negara seperti Sudan Selatan, Irak, juga Nepal.

5.  Song Joong Ki

Artis Korea Rajin Donasi. (Instagram/hi_songjoongki)

Hope Bridge Korea Disaster Relief Association pada 7 Januari lalu mengungkapkan bahwa Song Joong Ki telah berdonasi sebesar Rp 1,2 miliar. Bantuan ini ditujukan untuk menyediakan perlengkapan musim dingin bagi staf medis di pusat pemeriksaan COVID-19. Donasinya berlanjut di bulan Februari saat ia juga menyumbang sebanyak Rp 1,2 miliar untuk COVID-19.

6. Park Bo Young

Artis Korea Rajin Donasi. (Instagram/boyoung0212_official)

Artis cantik bertubuh mungil Park Bo Young telah mendonasikan uangnya sebanyak 363 juta kepada NGO Good Neighbors. Donasi ini dilakukan saat ia berulang tahun pada 12 Februari 2021 lalu. Park Bo Young juga pernah menyumbangkan 605 juta kepada Community Chest of Korea untuk pencegahan COVID-19.

Ia juga berdonasi sebanyak 242 juta kepada Asosiasi Bantuan Bencana Korea untuk membantu upaya bantuan banjir. Terbaru, pada Juli 2021 lalu, Park Bo Young menyumbangkan sebanyak 100.000 masker untuk Departemen Pemadam Kebakaran Provinsi Gyeongsang Utara melalui Hope Bridge Disaster Relief Association. 

7. Lee Hye Ri

Artis Korea Rajin Donasi. (Instagram/hyeri_0609)

Lee Hye Ri merayakan ulang tahun ke-27 pada 9 Juni 2021, hari ulang tahunnya ini diisi dengan donasi melalui UNICEF sebesar Rp 605 juta. Lee Hye Ri adalah anggota termuda dari Honors Club UNICEF karena berdonasi sebesar Rp 1,2 miliar untuk kampanye global UNICEF bertajuk Schools for Asia.

8. Kim Go Eun

Artis Korea Rajin Donasi. (Instagram/ggonekim)

Kim Go Eun begitu menyukai anak-anak, maka pada Hari Anak di Korea pada 5 Mei 2021, ia mendonasikan uangnya sebanyak 605 juta untuk Rumah Sakit Anak Universitas Nasional Seoul. Donasi ini digunakan untuk membantu anak-anak dan remaja berpenghasilan rendah yang mengalami kesulitan mendapatkan perawatan kesehatan karena alasan keuangan.

Itulah tadi, 8 artis Korea Rajin donasi. Sifat dermawan mereka ini membuat public semakin kagum. Bahkan saking baik hatinya, para artis ini pun dijuluki malaikat lho. Dari daftar artis korea tadi, mana nih yang kamu idolakan?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More