Ismail | MataMata.com
Perjalanan karier Jay Park (Instagram/@jparkitrighthere)

Matamata.com - Secara mengejutkan Jay Park mengumumkan dirinya mundur sebagai CEO AOMG dan H1GHR MUSIC di akhir tahun 2021. Meski mundur, Jay Park memastikan akan tetap menjadi penasihat, keluarga, dan kru untuk dua perusahaan yang didirikannya tersebut.

Jay Park akan merilis single terbaru berjudul "To Life" pada hari ini, Sabtu (1/1/2022) yang bisa didengarkan mulai pukul 16.00 WIB.

Seperti apa perjalanan karier Jay Park hingga akhirnya memutuskan 'pensiun dini' di usia 34 tahun? Simak ulasan yang telah disiapkan MataMata.com berikut ini.

Baca Juga:
6 Hari Bungkam, Akhirnya Lesti Kejora Ungkap Potret Baby L

1. Jay Park Debut di 2PM dengan Nama Jaebeom

Perjalanan karier Jay Park (Instagram/@jparkitrighthere)

Jay Park bernama asli Park Jaebeom, pria yang lahir di Seattle, Amerika Serikat pada 25 April 1987.

Dia menjadi trainee di JYP Entertainment selama 4 tahun untuk debut sebagai artis solo. Namun akhirnya Jay Park debut bareng 2PM di tahun 2008. Jay Park terpilih menjadi leader 2PM kala itu karena sebagai yang tertua dan diakui paling berbakat masih dengan nama panggung Jaebeom.

Baca Juga:
10 Fakta Jooyeon Xdinary Heroes yang Bikin Penggemar K Pop Geleng-geleng

Namun setahun kemudian, Jay Park terseret kasus rasisme di unggahan akun MySpace mengenai komentar negatifnya tentang orang Korea. Komentar itu terkait ketidaksukaannya hidup di Korea pada masa sulit selama trainee.

Meski telah meminta maaf, Jay Park terus mendapat desakan untuk keluar dari grup dan angkat kaki dari Korea. Pada 7 September 2009, Jay Park meninggalkan 2PM dan kembali ke Amerika.

2. Jay Park Jadi Penyanyi Solo Usai Tinggalkan 2PM

Baca Juga:
Doddy Sudrajat Laporkan Marissya Icha ke Polisi soal Galang Donasi Gala

Perjalanan karier Jay Park (Instagram/@jparkitrighthere)

Jay Park tak berhenti berkarya selama di Amerika. Dia menciptakan lagu baru atau membagikan video cover di kanal YouTube pribadi.

Salah satunya cover lagu "Nothing On You" B.o.B feat. Bruno Mars dengan menambahkan rap ciptaannya sendiri.

Park Jaebeom kemudian resmi debut menjadi penyanyi solo dengan nama Jay Park melalui mini album "Take A Deeper Look" pada 27 April 2011 di bawah naungan agensi SidusHQ.

Baca Juga:
9 Potret Harmonis Keluarga Krisdayanti yang Dianugerahi Family of The Year

Bakat Jay Park dalam bermusik memang telah diakui sejak masih bernaung di JYP Entertainment. Mini album debutnya terbukti langsung memenangkan penghargaan di Golden Disk Awards.

3. Jay Park Jajal Karier Akting

Perjalanan karier Jay Park (Instagram/@jparkitrighthere)

Tak hanya berbakat sebagai seorang penyanyi, Jay Park juga multitalenta. Ia rupanya pernah menjajal sebagai aktor di film "Mr. Idol" (2011). Jay Park juga membintangi film "Hype Nation 3D" pada 2014. Sayangnya Jay Park 'mengakhiri' karier aktingnya hanya untuk 2 film untuk lebih fokus bermusik.

4. Jay Park Dipercaya Jadi Juri

Perjalanan karier Jay Park (Instagram/@jparkitrighthere)

Jay Park bergabung menjadi juri program survival khusus rapper "Show Me The Money" di season 4. Selanjutnya di season 6, Jay Park bersama Dok2 merupakan satu dari 4 tim produser. Seperti diketahui "Show Me The Money" merupakan program survival yang menghasilkan rapper-rapper ternama, bahkan dibuat sampai 10 season.

Selain itu, Jay Park juga ditunjuk sebagai juri "Asia's Got Talent" season 2 bersama Anggun dan David Foster. Ajang pencarian bakat tersebut diikuti 10 ribu peserta dari 15 negara yakni Korea, Tiongkok, Jepang, Taiwan, India, Mongolia, Hongkong, Kyrgyzstan, Sri Lanka, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

5. Jay Park Dirikan Agensi dan Label

Perjalanan karier Jay Park (Instagram/@jparkitrighthere)

Jay Park mendirikan agensi AOMG untuk menaungi musisi-musisi Hip Hop Korea bersama Simon Dominic pada 2013. Namun pada 2018, Simon Dominic memutuskan mundur dari posisi CEO. Simon yang merilis lagu "Me No Jay Park" setelah mundur membuat hubungannya dengan Jay Park disangka memburuk.

Jay Park kemudian meluruskan apabila Simon Dominic masih berada di bawah naungan agensi AOMG dan hanya mundur dari posisi CEO. Saat ini, AOMG menaungi musisi besar seperti Simon Dominic, GRAY, Hoody, hingga Lee Hi.

Jay Park juga mendirikan label H1GHR MUSIC Records bersama sahabatnya sekaligus produser di AOMG, Cha Cha Malone. Namun pada 31 Desember 2021, Jay Park resmi mengundurkan diri sebagai CEO dari dua perusahaan yang didirikannya.

Kendati begitu, keputusan itu tak menghilangkan fakta bahwa Jay Park merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh yang membuat popularitas dunia Hip Hop Korea Selatan semakin menanjak. Good Luck, Jay Park!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More