Ismail | MataMata.com
Artis Indonesia Rayakan Nyepi (instagram/@happysalma)

Matamata.com - Hari Raya Nyepi 2022 jatuh pada Rabu tanggal 3 Maret. Beberapa artis Indonesia diketahui merayakan Hari Raya umat Hindu tersebut.

Nyepi jatuh setiap tahun baru Saka yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Umat Hindu ini memperingatinya dalam keheningan selama 24 jam, biasanya dimulai pukul 06:00 hingga keesokan harinya.

Pada momen tersebut, umat Hindu akan bermeditasi dan melakukan penyucian rohani di rumah selama 24 jam. Mereka juga menerapkan sejumlah pantangan, mulai dari tidak bepergian hingga menutup tirai jendela.

Baca Juga:
Sindir Atta Halilintar, Uus Disentil Balik Netizen: Hati-hati Dalam Berucap!

Selain itu, orang-orang yang merayakan Nyepi juga tidak diperkenankan untuk bersenang-senang, dengan tujuan untuk melakukan pemusatan pikiran terhadap Ida Sanghyang Widhi.

Nah, deretan artis Indonesia berikut juga merayakan Nyepi, lho. Siapa saja? Simak deretan namanya berikut ini!

1. Ade Rai

Baca Juga:
Atta Halilintar Ogah Ladeni Uus: Lebih Penting Rawat Anak!

Artis Indonesia Rayakan Nyepi (instagram/@ade_rai)

Tidak sedikit yang menduga bahwa Ade Rai seorang Muslim karena pernah membintangi video musik dari lagu religi milik Sakti berjudul Islam itu Indah pada tahun 2013. Namun agama yang dianut pria asal Bali itu adalah Hindu. Pemilik nama asli I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai tersebut tentu saja ikut merayakan Nyepi.

2. Oka Antara

Artis Indonesia Rayakan Nyepi (instagram/@oks_antara)

Sama seperti Ade Rai, Oka Antara juga sering dikira Muslim. Ini karena sejumlah perannya yang erat dengan Islam. Aktor berbakat ini menganut agama Hindu dan bernama lengkap Nyoman Oka Wisnupada Antara. Oka dan sang istri, Rara Wiritanaya kerap membagikan kebersamaan mereka dengan ketiga anaknya saat beribadah di pura.

Baca Juga:
Uus Jengkel Temannya Pakai Baju Atta Halilintar: Mau Gue Pukul!

3. Kadek Devi

Artis Indonesia Rayakan Nyepi (instagram/@dewayoga_07)

Kadek Devi dikenal sebagai salah satu artis FTV yang populer. Berasal dari Bali, pemilik nama Ida Ayu Kadek Devi itu diketahui telah pensiun dari dunia entertainment. Ia beberapa kali mengunggah momen ketika tengah beribadah sebagai umat Hindu. Tahun ini, Kadek Devi tentu saja ikut merayakan Nyepi.

4. Westny Dj

Baca Juga:
Anak Ariel NOAH Ikut ke Paris, Aurel Bela Atta Halilintar usai Disentil Uus

Artis Indonesia Rayakan Nyepi (instagram/@westnydj)

Tak banyak yang tahu bahwa Westny Dj merupakan artis keturunan Bali. Bintang FTV tersebut bahkan bermukim di Bali. Westny pernah merayakan Nyepi saat tengah hamil anak pertamanya. Tahun ini, Westny Dj merayakan Nyepi bersama keluarga tercinta.

5. Dewa Budjana

Artis Indonesia Rayakan Nyepi (instagram/@dewabudjana)

Sudah jadi rahasia umum bahwa gitaris band Gigi ini merupakan salah satu artis yang menganut agama Hindu. Pemilik nama lengkap I Dewa Gede Budjana itu pun beberapa kali membagikan momen ketika beribadah dengan agama yang dianutnya. Dewa Budjana jelas ikut merayakan Nyepi seperti umat Hindu lainnya.

6. Ajun Perwira

Artis Indonesia Rayakan Nyepi (instagram/@ajunperwira)

Ajun Perwira juga sempat dikira seorang Muslim oleh sejumlah netizen. Namun suami Jennifer Jill tersebut diketahui menganut agama Hindu. Artis kelahiran 9 Februari 1988 melangsungkan pernikahan dengan Jennifer Jill menggunakan adat Hindu. Ajun pun sering membagikan momen saat beribadah.

7. Laura Theux

Artis Indonesia Rayakan Nyepi (instagram/@laura_theux)

Laura Theux merupakan bintang sinetron dan FTV yang diketahui menganut agama Hindu. Lahir di Bali, artis berusia 26 tahun tersebut memiliki nama lengkap Ni Made Laura Theux. Laura sempat mengunggah foto usai beribadah bersama sang ibunda. Beragam Hindu, ia menjadi salah satu artis Indonesia yang turut merayakan Nyepi.

8. Happy Salma

Artis Indonesia Rayakan Nyepi (instagram/@happysalma)

Happy Salma turut merayakan Nyepi sejak menikah dengan Tjokorda Bagus Dwi Santana Kertayasa pada tahun 2010. Ibu dua anak ini sempat vakum dari dunia hiburan yang membesarkan namanya, dan memilih untuk menetap di Bali bersama keluarga. Suami Happy Salma merupakan seorang bangsawan di Bali.

9. Bunga Zainal

Artis Indonesia Rayakan Nyepi (instagram/@bungazainal05)

Bunga Zainal pindah agama Hindu setelah menikah dengan Sukdev Singh pada tahun 2014 silam. Usai menikah, bintang sinetron cantik itu memutuskan mundur dari dunia hiburan. Bunga sekarang fokus mengurus keluarga serta sejumlah bisnis miliknya.

Itu dia deretan artis Indonesia beragama Hindu yang ikut merayakan Nyepi. Selamat Hari Raya Nyepi untuk semua yang merayakan!

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More