Nur Khotimah | MataMata.com
Perjalanan karier BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Matamata.com - BTS putuskan hiatus sebagai grup. Pengumuman tersebut disampaikan member BTS sendiri dalam "FESTA Dinner" yang tayang di kanal YouTube BANGTAN TV pada Selasa (14/6/2022). Kendati begitu, para member BTS akan tetap berkarya melalui proyek solo.

Keputusan untuk hiatus mendapat dukungan dari para ARMY (sebutan untuk fans BTS) meski juga merasa kehilangan. Apalagi BTS baru merayakan anniversary ke-9 pada 13 Juni 2022. Yuk kenang perjalanan karier BTS hingga putuskan hiatus grup berikut ini.

1. Awalnya Duo Rapper

Baca Juga:
9 Potret Nikita Willy 2 Bulan Usai Lahiran: Makin Tirus, Glowing, dan Menawan Bak Gadis Remaja

Perjalanan karier BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Big Hit Entertainment awalnya membentuk duo rapper bernama Dynamic Duo yang beranggotakan RM dan Iron. Agensi yang kini berganti nama menjadi HYBE tersebut kemudian membuka audisi untuk menambah anggota baru.

Awalnya grup terdiri dari RM, Iron, J-Hope, Suga, Supreme Boi, dan Eleventh. Namun pada 2011, tiga anggota keluar dari grup lalu digantikan dengan Jungkook dan V. Grup semakin lengkap dengan kehadiran Jin dan Jimin pada 2012 hingga terbentuklah BTS.

2. Berasal dari Agensi Kecil

Baca Juga:
Rara Pawang Hujan Disorot saat Bertugas di Konser: Dia Juga Manusia, Nggak Tahan Pengen Asik-asik

Perjalanan karier BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Big Hit Entertainment bukan agensi besar saat mendebutkan BTS. Hanya 30 orang yang bekerja sebagai staf di gedung agensi yang kala itu hanya punya 2 lantai. Bahkan Suga mengaku harus bekerja paruh waktu selama trainee untuk mencukupi kebutuhannya. Selain itu, anggota BTS juga tinggal di dorm kecil dengan kamar yang hanya menyediakan bunk bed.

3. Penghargaan Sejak Awal Karier

Perjalanan karier BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

"No More Dream" merupakan lagu pertama yang dirilis BTS debut pada 2013 silam. Mini album pertama BTS dirilis pada 11 September di tahun yang sama. Karya debut tersebut rupanya langsung membuat BTS menerima predikat sebagai New Artist of The Year di beberapa ajang penghargaan Korea Selatan.

Baca Juga:
Nyali Tak Ciut, Nikita Mirzani Temui Polisi yang Kepung Rumahnya: Dibayar Berapa Kalian?

4. Go International

Perjalanan karier BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Lagu-lagu BTS kemudian mulai dikenal pendengar musik Internasional. BTS bersama lagu "Dope" berada di posisi ketiga Billboard's World Digital Chart pada 2017. Kemudian saat merilis "IDOL" featuring Nicki Minaj, album BTS berhasil duduk di tangga pertama Billboard 200.

BTS juga mencatat rekor dengan lagu "Dynamite" yang rilis pada 2020. Single BTS yang berbahasa Inggris itu memuncaki Billboard Hot 100 selama 3 minggu. Meski bukan 3 minggu berturut-turut, "Dynamite" membuat rekor baru dari lagu-lagu dari grup asal Korea Selatan yang pernah berada di chart Billboard.

Baca Juga:
Nikita Mirzani Malah Cuek Yoga saat Dikepung Polisi, Disemprot Gak Punya Urat Malu!

Selain itu, BTS juga merupakan artis Korea Selatan pertama yang masuk nominasi Grammy Awards. Sayangnya meski dua kali masuk nominasi, BTS belum berhasil membawa pulang piala Grammy.

5. Putuskan Hiatus sebagai Grup

Perjalanan karier BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

BTS baru saja merilis album terbaru bertajuk "Proof". Di hari pertama, album "Proof" telah terjual sebanyak 2,15 juta keping. Selain itu, title track "Yet to Come (The Most Beautiful Moment)" memecahkan rekor streaming lagu berbahasa Korea di Spotify sebanyak lebih dari 7 juta pada hari pertama perilisan.

Keputusan BTS untuk hiatus sebagai grup tentu mengejutkan penggemar setelah pencapaian di album terbaru. Kendati begitu, HYBE menegaskan BTS tidak hiatus, melainkan sedang fokus menyiapkan proyek solo masing-masing. Dalam percakapan anggota BTS di "FESTA Dinner", mereka pun berjanji akan kembali dengan sisi yang lebih dewasa.

Nah itu dia perjalanan karier BTS hingga putuskan hiatus untuk sementara waktu. Tetap dukung BTS dengan proyek solo masing-masing anggota ya, ARMY!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More