Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Penonton Mancanegara Naik 60 Persen di Prambanan Jazz 2019 (Prambanan Jazz Official)

Matamata.com - Prambanan Jazz Festival 2019 akhirnya berhasil terlaksana selama tiga hari penyelengaraannya, yaitu pada 5, 6 & 7 Juli 2019 di Komplek Candi Prambanan Indonesia. Di hari terakhir pelaksaannya, festival musik tahunan berskala internasional yang kini dipromotori oleh Rajawali Indonesia dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko tersebut berhasil ditutup dengan penampilan yang sangat memukau dari The Brian McNight 4 dan Anggun di Rorojonggrang Stage, serta Tulus di Hanoman Stage.

Selain mereka bertiga, Prambanan Jazz Festival 2019 di hari ketiga dimeriahkan pula oleh penampilan MLD Jazz Project, Andien, Bali Lounge, Ari Lasso dan Glenn Fredly. Puluhan ribu penonton yang berdatangan dari banyak daerah di Indonesia dan beberapa negara di dunia nampak sangat menikmati berbagai hal yang tersaji di dalamnya, mulai dari sajian musik, Pasar Kangen dan beragam konten menarik lainnya.

Penonton Mancanegara Naik 60 Persen di Prambanan Jazz 2019 (Prambanan Jazz Official)

CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi menjelaskan, antusias penonton Prambanan Jazz Festival 2019 di hari terakhir sangatlah besar, bahkan hal yang sama pun terjadi di dua hari sebelumnya. Ujarnya, di hari ketiga setidaknya lebih dari 25.000 pengunjung menjadi saksi di mana proses kolaborasi mahakarya musik dan Candi Prambanan sebagai World Heritage disuguhkan dalam satu waktu.

Baca Juga:
Tulus Jadi Pamungkas Prambanan Jazz 2019 yang Penuh Kesan

“Kami sangat bangga untuk raihan luar biasa yang terjadi di Prambanan Jazz Festival tahun ini. Jeri payah kami selama lima tahun ini bisa diterima oleh masyarakat. Bukan hanya bagi mereka pecinta musik dari Yogyakarta atau dari Jawa Tengah, namun juga bagi mereka yang berasal dari banyak daerah di Indonesia maupun dunia,” pungkas Anas.

Jelasnya lagi, pada tahun ini jumlah penonton mancanegara naik sebanyak 60%, dan kebanyakan mereka berasal dari Cina, India, Arab dan masih banyak lagi.

Penonton Mancanegara Naik 60 Persen di Prambanan Jazz 2019 (Prambanan Jazz Official)

Fenomena tersebut menurut Anas merupakan sebuah raihan yang sangat luar biasa, di mana mimpi besar yang ada di dalam Prambanan Jazz sampai hari ini mendapatkan perhatian yang lebih besar dari masyarakat dunia. “Selain karena lineup dan konsep-konsep yang selalu kami tawarkan di setiap tahunnya, ketertarikan masyarakat dunia untuk menyaksikan Prambanan Jazz tentunya karena Candi Prambanan sendiri. Kami berharap, dengan segala upaya besar yang kami lakukan selama ini bisa mengangkat nama Indonesia di dunia internasional,” paparnya.

Baca Juga:
Anggun C Sasmi Ungkap Mitos Bawa Pacar Bisa Putus di Prambanan Jazz 2019

Penonton Mancanegara Naik 60 Persen di Prambanan Jazz 2019 (Prambanan Jazz Official)

Ari Lasso menambahkan, energi positif yang berhasil ia dapatkan dalam Prambanan Jazz sangatlah besar. Festival ini menurutnya sudah mendapatkan tempat tersendiri di benak khalayak musik Indonesia maupun dunia. Tak hanya itu, tingkat kesadaran masyarakat terhadap Candi Prambanan sebagai salah satu situs bersejarah dunia pun semakin besar, bahkan akan terus berkembang jika mimpi besar yang ada di dalamnya terus dijaga.

Penonton Mancanegara Naik 60 Persen di Prambanan Jazz 2019 (Prambanan Jazz Official)

“Jika melihat Prambanan Jazz seperti ini, ke depannya akan sangat luar biasa. Saya sudah dua kali bermain di sini. Tahun lalu bersama Dewa 19, tahun ini saya sendiri. Dan pada tahun ini saya melihat penonton mancanegara lebih besar dari tahun sebelumnya. Ini luar biasa,” tambah Ari Lasso. 

Baca Juga:
Lagu Cinta Brian McKnight Lelehkan Hati Penonton Prambanan Jazz 2019

Load More