Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Hanung Bramantyo (Suara.com/Muhaimin A Untung)

Matamata.com - Tokoh Minke di cerita Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah seorang pemuda 17 tahun. Hal ini sempat tidak dipercaya oleh sutradara Hanung Bramantyo lantaran dia mengira Minke berusia 25 tahun. 

"Cukup sulit mencari sosok Minke untuk film Bumi Manusia. Saya terbius saat pertama kali membaca novel Bumi Manusia, kayak terbius," kata Hanung Bramantyo, saat berkunjung ke redaksi Suara.com, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019). 

Baca Juga:
Garap Film Bumi Manusia, Hanung Bramantyo Ngaku Ngefans Versi Novelnya

Hanung Bramantyo tidak sadar bahwa Minke dalam cerita Bumi Manusia adalah seorang anak muda yang baru lulus SMA. Suami Zaskia Adya Mecca itu baru menyadari setelah diberi tanggung jawab untuk menvisualisasikan dalam bentuk sebuah film. 

"Saya membayangkan Minke adalah anak muda yang pintarnya luar biasa, cerdas, dan sebagainya. Cuma saat itu saya tidak bisa membayangkan secara jelas bahwa anak muda HBS anak SMA seperti itu," jelas Hanung Bramantyo. 

Untuk memperkuat keyakinan kalau Minke adalah pemuda yang baru lulus SMA, Hanung Bramantyo pun mencoba mencari informasi dan melihat foto-foto siswa HBS dari dunia maya. 

Baca Juga:
Garap Film Bumi Manusia, Hanung Bramantyo Akui Suka Film Sejarah Sejak Dulu

Iqbaal Ramadhan. (Ismail/Suara.com)

"Jadi itu yang bikin saya kemudian berpikir bahwa apa bisa pembaca-pembaca melakukan hal yang sama untuk melakukan kroscek lagi, membaca lagi, mengamati lagi Minke itu umurnya berapa sih," ujar Hanung Bramantyo. 

Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan Hanung Bramantyo memilih seorang Iqbaal Ramadhan untuk berperan sebagai Minke. 

"Iqbaal umurnya sama sekitar 17 sampai 18 tahun sekarang aja sudah 19 tahun, tapi setahun yang lalu, umur Iqbaal sama dengan umurnya Minke," jelas Hanung Bramantyo. 

Baca Juga:
Iqbaal Ramadhan Nggak Dendam meski Dipukul Hanung Bramantyo

Suara.com/Ismail

Load More