Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Garin Nugroho di Jogja NETPAC Asian Film Festival (JAFF) (3/12/2018) (Matamata.com/Yoeni)

Matamata.com - Kucumbu Tubuh Indahku, film garapan sutradara Garin Nugroho menjadi wakil Indonesia di ajang bergengsi Academy Awards 2019. Kucumbu Tubuh Indahku masuk seleksi piala Oscar untuk kategori "Best International Feature Film".

Meski karyanya sudah beberapa kali masuk nominasi Oscar, Garin Nugroho merasa filmnya tak cocok untuk ikut berkompetisi di ajang seperti Piala Oscar.

Poster film Kucumbu Tubuh Indahku. [Instagram Garin Nugroho]

"Saya lebih cocok untuk festival Eropa. Jadi kalau Anda nonton festival film Cannes atau Berlin itu kan beda sama Oscar," kata Garin Nugroho saat berbincang di Jakarta, Kamis (10/10/2019) seperti mengutip dari Antara.

Baca Juga:
Ungkapan Syukur Garin Nugroho Filmnya 2 Kali Masuk Seleksi Oscar

Pasalnya, Garin Nurgoho merasa festival film Eropa lebih menghargai film dari sisi seni.

"Oscar itu antara apa yang disebut dengan karya yang bagus dan komunikatif, itu jadi satu. Di Eropa kan tidak, lebih kepada art film-nya," jelas sutradara 58 tahun ini.

Karena alasan itu pula, Garin Nugroho mengaku tak memiliki harapan tinggi untuk film Kucumbu Tubuh Indahku dalam seleksi Oscar untuk kategori "Best International Feature Film".

Baca Juga:
Film Kucumbu Tubuh Indahku Bakal Bersaing Masuk Nominasi Oscar 2020

Garin Nugroho [Ismail/Suara.com]

"Ya sebenarnya bukan tujuan saya. Orang harus tahu tempatnya lah, kalau Anda jadi tanaman tempatnya di savana, tiba-tiba harus ke pegunungan kan beda," katanya.

Film Kucumbu Tubuh Indahku karya sutradara Garin Nugroho akan bersaing dengan film dari 93 negara dalam ajang Academy Awards atau Oscar 2020. (Ferry Noviandi)

Baca Juga:
Pasca Dicecar Pertanyaan, Livi Zheng Sebut Joko Anwar Tak Tahu soal Oscar

Load More