Linda Rahmadanti | MataMata.com
Taylor Swift (Shutterstock)

Matamata.com - Jumat (24/7), Taylor Swift merilis album barunya bertajuk Folklore

Kabar tersebut cukup mengejutkan publik, mengingat Taylor Swift baru mengumumkan sehari sebelum peluncuran album. 

Setidaknya ada 16 lagu di album ke delapan ini yang diunggah di channel YouTubenya. Lagu tersebut di antaranya Cardigan, The 1, The Last Great American Industry, Exile, My Tears Ricochet, Mirrorball, Seven, August, This Is Me Trying, Illicit Affairs, Invisible String, Mad Woman, Epiphany, Betty, Peace, dan Hoax.

Baca Juga:
Komedian Tim Brooke-Taylor Meninggal di Usia 79 Tahun karena Corona

Taylor Swift umumkan rilis album baru, Folklore [Instagram/@taylorswift]

Sementara itu, Taylor Swift memilih hits bertajuk Cardigan untuk dibuat video klip. Sejak diunggah empat jam lalu, lagu tersebut sudah disaksikan lebih dari 2,7 juta kali.

Selain kejutan yang diberikan Taylor Swift lewat album terbaru, masih ada juga 5 fakta menarik dari karyanya ini. Apa saja? Ini dia.

1. Sisipkan kisah Peter Pan dan Wendy

Baca Juga:
Beda 180 Derajat! 5 Potret Transformasi Taylor Swift Jadi Pria

Lagu Cardigan memperlihatkan imajinasi Taylor Swift seperti berada di dunia dongeng. Di video klip, mantan kekasih Taylor Lautner itu masuk ke kotak piano dan saat membukanya, ia berada di hutan.

Selain itu, terselip punya bait lirik dari kisah Peter Pan dan Wendy. “I knew you tried to change the ending, Peter losing Wendy,” demikian petikan lirik di lagu Cardigan.

Taylor Swift umumkan rilis album baru, Folklore [Instagram/@taylorswift]

2. Tulis lirik dan penyutradaraan sendiri

Baca Juga:
Cincin di Jari Manis Bikin Salfok, Taylor Swift Tunangan dengan Joe Alwyn?

Bukan hanya penggemar yang terkejut dengan perilisan album Taylor Swift yang tiba-tiba. Pelantun Blank Space ini juga tidak menyangka bisa menulis lagu di tengah pandemi virus corona.

“Ada sesuatu yang tidak saya rencanakan justru terjadi. Hal itu adalah album studio ke-8 saya, Folklore," ujar Taylor Swift di Twitter.

“Aku menulis dan merekam lagu ini disaat melakukan isolasi,” imbuhnya.

Baca Juga:
Pengen Olahraga, Taylor Swift Usir Justin Bieber dari Gym

Taylor Swift umumkan rilis album baru, Folklore [Instagram/@taylorswift]

3. Ikuti protokol kesehatan untuk membuat video klip

Meskipun album terbarunya kebanyakan digarap sendiri oleh Taylor Swift, ia masih membutuhkan bantuan saat membuat video klip.

Hanya saja berbeda dari video klip sebelumnya, Cardigan dibuat dengan mengedepankan protokol kesehatan. Mengingat wabah virus corona yang belum usai.

“Seluruh pemotretan diawasi tim medis, semua orang mengenakan masker dan memperhatikan jarak satu sama lain. Aku bahkan menata rambut dan make up sendiri,” papar Swift di media sosialnya.

Taylor Swift umumkan rilis album baru, Folklore [Instagram/@taylorswift]

4. Rilis video lirik

Keterbatasan ruang gerak di tengah pandemi ini tak membuat Taylor Swift kehilangan ide. Sebab ia bukan hanya merilis video klip Cardigan, tapi juga membuat video lyric untuk lagu lainnya di album Folklore.

Penggemar tentu saja bisa bernyanyi bersama idolanya itu sambil melihat music video yang kebanyakan mengusung konsep alam.

Taylor Swift umumkan rilis album baru, Folklore [Instagram/@taylorswift]

5. Siapkan 8 edisi mewah untuk CD

Taylor Swift tidak hanya merilis album Folklore secara digital, tapi juga fisik. Spesialnya lagi, ia membuat delapan edisi berbeda untuk CD yang dipasarkan.

“Ada 8 CD yang mewah, 8 edisi vinyl dan bonus track (berjudul) The Lakes,” ujarnya.

Itu tadi deretan fakta menarik album terbaru Taylor Swift. (Rena Pangesti)

Load More