Band Kotak (Instagram)

Matamata.com - Grup band Kotak meluncurkan album terbarunya hari ini, Jumat 25 September 2020 dalam rangka memperingati 16 tahun berkarya. Album bertajuk Identitas itu diluncurkan dua hari sebelum hari kelahiran band yang beranggotakan Tantri, Cella dan Chua ini.

"Saya sangat senang bisa meluncurkan album Kotak yang sudah 16 tahun berkarya. Ini bertepatan dengan ultah Kotak di 27 September," ujar Toto Widjoyo, managing director Warner Music Indonesia selaku label yang menaungi Kotak, dalam jumpa pers virtual, Jumat (25/9/2020).

Band Kotak plus Melly Mono. (Suara.com/Herwanto)

Sebagai simbol kematangan Band Kotak selama 16 tahun berkarya, album Identitas dirilis.  Bermusik selama 16 tahun menjadi salah satu faktor penegasan identitas dari Band Kotak.

"Ya akhirnya setelah beberapa belas tahun kotak berkarya, banyak pengalaman sana sini. Kami bisa membuktikan kalau kami siap berkarya sesuai dengan identitas kami," ujar Chua di acara yang sama.

Chua, Cella, dan Tantri terjun langsung dalam proses produksinya jadi ini berbeda dari album-album Kotak sebelumnya. Selain itu, lagu-lagu yang dihasilkan pun dirasa lebih matang identitasnya.

Band Kotak (Instagram)

Kendati demikian, menggarap segala prosesnya sendiri bukanlah hal yang mudah. Stres pun sempat dirasakan para personel sehingga hasil akhirnya memunculkan karya yang sesuai identitasnya. "Semua terasa di sini (identitasnya), lagunya tetap cinta-cintaan tapi lebih dewasa lagunya," tutur Chua.

Kemudian, Cella menyambut, pengerjaan album Identitas ini sudah digarap sejak 2018. Niatnya, ingin segera dirilis usai Tantri comeback usai melahirkan. Namun akhirnya baru dirilis hari ini karena adanya pandemi.  "Niat awalnya album ini rilis pas Tantri masuk kembali habis lahiran, eh ada pandemi. Tapi kami nggak mau menunda lama, ya sudah kami rilis sekarang bertepatan dengan ulang tahun," timpal Cella.

Selain itu, alasan diberinya tajuk Identitas sebagai judul album lantaran Kotak seperti sudah lulus kuliah. Lagu-lagu di dalam album ini digarap betul-betul hingga mencirikan identitas Kotak sendiri sebagai band pop rock Tanah Air.

Load More