Yohanes Endra | MataMata.com
Opie Kumis (Instagram/@opiekumis17)

Matamata.com - Sederet artis berikut pernah menjadi kuli bangunan sebelum terkenal.  Sebelum akhirnya menemukan jalan sukses dan dikenal masyarakat Indonesia tak sedikit para selebriti harus bekerja serabutan atau menjadi kuli bangunan.

Namun, kerja keras itu kini terbayar dengan ketekunan mereka bekerja hingga meraup sukses. Melansir Suara.com, berikut deretan artis yang pernah jadi kuli bangunan dan kini sukses berkarya di dunia hiburan.

1. Opie Kumis

Baca Juga:
Andika Kangen Band Baku Hantam sama Izzy di Penjara, Ini Penyebabnya

Komedian Opie Kumis saat ditemui awak media di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (28/1/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Komedian yang memiliki ciri khas kumis tebal ini sangat dikenal publik. Selain sebagai pelawak, Opie juga pernah menjadi pemeran dalam beberapa judul film dan sinetron.

Namun siapa yang sangka jika pelawak yang kerap tampil bersama Komeng ini pernah menjalani kehidupan sebagai kuli bangunan dengan upah Rp. 12 ribu per hari. Ternyata, ia juga mengaku pernah berjualan baju bekas di pinggir jalan.

2. Andika Kangen Band

Baca Juga:
Opie Kumis Sudah Punya 2 Istri dan Nikah 4 Kali, Pengin Tambah Lagi?

Andika Kangen Band [Suara.com/Ismail]

Andik Kangen Band memiliki karier yang ciamik di industri hiburan Indonesia. Selain itu, sang musisi hits pernah bekerja di berbagai profesi pada pertengahan tahun 2000-an.

Selain sebagai pekerja cendol, Andhika juga merupakan pekerja konstruksi atau kuli bangunan. Sekarang, Andhika adalah seorang produser dan penulis lagu dan masih menjadi fokus perhatian media. 

3. Tukul Arwana

Baca Juga:
Saking Posesifnya, Tukul Arwana Minta Dikabari Meggy Diaz Setiap 15 Menit

Tukul Arwana saat berada di rumah duka istri Indro Warkop , Kayu Putih, Jakarta Timur, Rabu (10/10). (Suara.com/Fakhri Hermansyah)

Komedian sekaligus presenter acara bincang-bincang yang penuh humor ini bisa dibilang salah satu yang paling terkenal di Tanah Air.

Aktor yang masuk ke dalam jajaran aktor Indonesia terkaya ini mencapai semua kesuksesannya dengan tidak mudah dan penuh perjuangan berat.

Sebelum serius menggeluti dunia pelawak, dirinya pernah menjalani sejumlah pekerjaan kasar seperti kuli bangunan dan sopir.

Tukul bahkan pernah menceritakan ketika dirinya tak memiliki uang untuk membayar kontrakan hingga dirinya harus diusir dan hidup menggelandang.

Namun, perjuangannya terbayar dengan dirinya dinobatkan sebagai salah satu presenter televisi Indonesia dengan bayaran terbesar di setiap episodenya.

4. Azis Gagap

Azis Gagap [Instagram]

Saat ini, Aziz Gagap adalah salah satu komedian terlaris Tanah Air. Wajahnya masih kerap muncul di TV Nasional.

Pria ini pun harus rela bekerja di berbagai pekerjaan untuk mencari nafkah. Aziz yang hanya tamat SD ini bekerja sebagai penggali sumur dan kuli bangunan sebelum sukses di industri hiburan.

Bintang OVJ tersebut mengungkapkan bahwa semua yang dilakukannya selama masih halal. 

Itulah deretan artis yang pernah jadi kuli bangunan sebelum akhirnya meraih kesuksesan di dunia hiburan.

Load More