Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Apriyani Rahayu. (Instagram/r.apriyanig)

Matamata.com - Apriyani Rahayu/Greysia Polii berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang. Mereka mampu mengalahkan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 21-19 dan 21-15 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Senin (2/8).

Performa Apriyani dan Greysia membuat mereka mencatatkan berbagai macam sejarah buat bulu tangkis Indonesia. Mereka adalah ganda putri pertama Indonesia yang memastikan medali di cabor bulu tangkis pada Olimpiade.

Selain itu, raihan emas ini juga membuat Apriyani dan Greysia Polii menjadi wakil pertama di ganda putri yang bisa melakukan itu sekaligus menjadi wakil bulu tangkis Tanah Air satu-satunya yang meraih medali emas.

Baca Juga:
Greysia Polii/Apriyani Masuk Final Olimpiade, Arya Saloka Beri Dukungan!

Profil Apriyani Rahayu. (Instagram/r.apriyanig)

Profil Apriyani Rahayu

Keberhasilan menjejak partai membuat nama Apriyani dielu-elukan. Menjadi satu-satunya harapan Indonesia untuk mendulang emas di Olimpiade Tokyo.

Apriyani punya perjalanan karier yang berliku. Dia lahir pada 29 April 1998 di Lawulo, Konawe, Sulawesi Tenggara, anak dari pasangan Ameruddin dan Sitti Jauhar (almarhumah).

Baca Juga:
9 Pesona Hwang Sun Woo, Didukung Jennie BLACKPINK saat Berlaga di Olimpiade

Apriyani dikabarkan sudah mengenal bulu tangkis sejak usianya 3 tahun. Pertama kali Apri--sapaan
akrab Apriyani Rahayu--berlatih bulu tangkis dengan menggunakan raket ayahnya.

Profil Apriyani Rahayu. (Instagram/r.apriyanig)

DI usia 7 tahun, Apriyani mulai mengikuti kejuaraan bulu tangkis. Prestasi yang meningkat membuat Apriyani pergi ke Jakarta pada 2011 dan bergabung bersama klub milik Icuk Sugiarto, PB. Pelita.

Prestasinya di tingkat junior cukup menonjol. Pada 2014 ketika usianya 16 tahun, Apriyani Rahayu yang berpasangan dengan Rosyita Eka Putri Sari meraih perak di BWF Junior Championship.

Baca Juga:
6 Potret Tipi Jabrik Kakak Kandung Luna Maya, Jadi Sorotan di di Olimpiade

Selain di ganda putri, Apriyani juga sempat bermain di ganda campuran dan membawa pulang perunggu Asia Junior 2015. Apriyani kemudian dipasangkan dengan Greysia pada 2017.

Profil Apriyani Rahayu. (Instagram/r.apriyanig)

Pasangan Geysia/Apriyani Rahayu langsung bikin kejutan dengan meraih gelar Thailand Open 2017 disusul gelar French Open 2017.

Di pentas Asian Games 2018, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu juga mampu memberikan perunggu buat Indonesia dan emas di SEA Games 2019 Manila.

Baca Juga:
Ikut Tampil di Olimpiade Tokyo 2020, 4 Fakta Tipi Jabrik Kakak Luna Maya

Performa mereka di tahun 2021 juga cukup ciamik. Bagi Apriyani ini menjadi Olimpiade pertamanya, sementara menjadi kali ketiga buat Greysia setelah Olimpiade London 2021 dan Rio 2016.

Kontributor: Aditia Rijki

Load More