Yohanes Endra | MataMata.com
Potret Seleb Jadi Paskibraka. (YouTube/Mari Berucap)

Matamata.com - Salah satu hal yang paling dinantikan saat perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia adalah prosesi upacara bendera. Dalam prosesi ini sosok gagah pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) selalu menjadi sorotan.

Proses seleksi untuk menjadi anggota Paskibraka ini dikenal ketat tak hanya harus siswa berprestasi tetapi juga harus memiliki fisik yang kuat. Terutama untuk tingkat nasional, seleksi untuk menjadi Paskibraka sangat ketat dan diperebutkan oleh wakil dari seluruh provinsi di Indonesia. Nah siapa sangka sederet artis Indonesia ternyata pernah menjadi anggota Paskibraka lho.

Rasa bangga pastinya mereka rasakan atas kesempatan berharga tersebut. Lantas siapa saja seleb tanah air yang pernah menjadi anggota Paskibraka? Berikut Matamata.com sudah siapkan ulasannya, jadi jangan sampai dilewatkan ya!

Baca Juga:
10 Artis Bollywood Rayakan Hari Kemerdekaan India: Kajol Disorot

1. Dea Annisa

Potret Seleb Jadi Paskibraka. (YouTube/Mari Berucap)

Mantan artis cilik Dea Annisa atau lebih dikenal sebagai Dea Imut pernah menjadi anggota Paskibraka. Dea Annisa yang bersekolah di SMA Negeri 38 Jakarta ini memang mengikuti ekskul Paskibra. Pada tahun 2011, Dea pun terpilih menjadi anggota Paskibraka di sekolahnya. Salut nih.

2. Hana Saraswati

Baca Juga:
6 Lagu Pop Bertema Kemerdekaan Dijamin Bikin Merinding dan Auto Ikut Nyanyi

Potret Seleb Jadi Paskibraka. (YouTube/Mari Berucap)

Artis cantik yang kini sedang naik daun Hana Saraswati rupanya pernah pula menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera. Perempuan kelahiran California Amerika Serikat ini bahkan terpilih menjadi anggota Paskibraka di tingkat provinsi. Pada tahun 2014, Hana Saraswati menjadi salah satu anggota Paskibraka dalam perayaan HUT RI di Provinsi DKI Jakarta. Meski tak lahir di Indonesia, tapi rasa cinta dan bangga pada tanah air kelihatan kan dari senyum Hana saat jadi Paskibraka?

3. Deva Mahenra

Potret Seleb Jadi Paskibraka. (YouTube/Mari Berucap)

Pengalaman sekaligus prestasi membanggakan menjadi anggota Paskibraka juga dialami oleh Deva Mahenra. Aktor muda satu ini bahkan menjadi Komandan Peleton Pasukan 45 di Istana Merdeka. Pastinya bangga banget ya Deva Mahenra, berhasil terpilih menjadi anggota Paskibraka di tingkat nasional, terlebih menjadi Komandan Peleton.

Baca Juga:
Ustaz Khalid Basalamah: Syair Kemerdekaan Dibolehkan dalam Syariat Islam

4. Fero Walandouw

Potret Seleb Jadi Paskibraka. (YouTube/Mari Berucap)

Aktor bertubuh tinggi Fero Walandouw pernah menjadi anggota Paskibraka jauh sebelum dirinya menjadi aktor. Saat duduk di bangku SMA, Fero Walandouw terpilih menjadi anggota Paskibraka untuk upacara bendera di HUT RI di tingkat provinsi, tepatnya provinsi Sulawesi Utara. Gagah banget ya Fero.

5. Joko Anwar

Potret Seleb Jadi Paskibraka. (YouTube/Mari Berucap)

Penulis dan sutradara kondang Joko Anwar juga pernah merasakan kebanggaan menjadi pasukan khusus pengibar bendera, Paskibraka. Tak tanggung-tanggung sutradara film Pengabdi Setan ini berhasil menjadi anggota Paskibraka di Istana Merdeka pada tahun 90-an. Ia pun pernah membagikan potret dirinya dengan seragam Paskibraka di Twitter. Masih muda banget nih Joko Anwar.

6. Ridho DA

Potret Seleb Jadi Paskibraka. (YouTube/Mari Berucap)

Pedangdut Ridho DA yang juga saudara kembar Rizki DA ini pernah menjadi anggota Paskibraka. Pengalaman ini dialami olehnya saat masih duduk di bangku SMA. Gimana penampilan Ridho dengan kepala plontos dan seragam Paskibraka, imut ya?

7. Pasha Ungu

Potret Seleb Jadi Paskibraka. (YouTube/Mari Berucap)

Vokalis band Ungu yang kini menjadi wakil walikota Palu, Pasha pada tahun 1995 pernah menjadi anggota Paskibraka. Pasha saat itu menjadi Paskibraka di tingkat provinsi Sulawesi Tengah. 

8. Marcelino Lefrandt

Potret Seleb Jadi Paskibraka. (YouTube/Mari Berucap)

Aktor tampan Marcelino Lefrandt pernah merasakan kebanggaan tersendiri ketika dirinya dipercaya untuk menjadi Komandan Pemimpin Pasukan Paskibraka tingkat Sulawesi Tengah. Momen tersebut terjadi pada tahun 1991 ketika dirinya masih menjadi seorang pelajar. Tampil dengan seragam Paskibraka, Marcelino Lefrandt terlihat sangat gagah.

Itu tadi 8 potret seleb jadi Paskibraka yang pastinya membanggakan. Bahkan ada yang sukses lolos sampai tingkat nasional dan menjadi anggota Paskibraka di Istana Merdeka. Perasaan bangga pasti terus membekas meski momen tersebut sudah cukup lama berlalu. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More