Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Nama Asli Artis Berdarah Sunda (Instagram)

Matamata.com - Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya. Pun para artis Tanah Air yang berasal dari berbagai suku dan budaya, salah satunya Sunda. Belum lama ini, Lesti Kejora menggelar pernikahan adat Sunda yang memang mengalir di darahnya.

Selain Lesti, siapa saja artis Tanah Air yang berdarah Sunda? Simak ulasan yang telah disiapkan MataMata.com beserta nama asli artis yang memiliki darah Sunda berikut ini.

1. Adhisty Zara

Baca Juga:
Sudah Seperti Keluarga, 7 Potret Kedekatan Artis dan Asisten Pribadi

Nama Asli Artis Berdarah Sunda (Instagram/@zaraadhsty)

Siapa yang tak mengenal Adhisty Zara? Cewek berusia 18 tahun yang terkenal sebagai anggota JKT48 ini diketahui memiliki nama asli Adhisty Zara Sundari Kusumawardhani. Setelah lulus dari JKT48, kini Adhisty Zara berkarier sebagai aktris. Salah satu film Zara yang paling diingat adalah "Dua Garis Biru".

2. Aura Kasih

Nama Asli Artis Berdarah Sunda (Instagram/@aurakasih)

Aura Kasih lahir di Bandung dengan nama Shahiyani Febri Wiraatmadja. Perempuan kelahiran 26 Februari 1987 ini mengawali kariernya sebagai penyanyi dengan lagu hits "Mari Bercinta". Kini Aura Kasih berstatus sebagai ibu tunggal dari seorang putri cantik setelah resmi bercerai dari Eryck Amaral.

Baca Juga:
6 Artis Pria Digugat Cerai karena Dugaan KDRT, Terkini Ada Jonathan Frizzy

3. Cita Citata

Nama Asli Artis Berdarah Sunda (Instagram/@cita_citata)

Sama seperti Aura Kasih, Cita Citata juga berstatus janda. Pemilik nama Cita Rahayu tersebut dikenal dengan lagu "Goyang Dumang" yang masih cukup populer hingga sekarang. Selain menjadi penyanyi, wanita kelahiran Bandung ini juga telah melebarkan sayapnya sebagai aktris hingga presenter.

4. Iis Dahlia

Baca Juga:
5 Potret Minimarket di Rumah Artis: Rapi dan Sangat Komplit!

Nama Asli Artis Berdarah Sunda (Instagram/@isdadahlia)

Iis Lailiyah merupakan nama asli Iis Dahlia yang dikenal dengan ciri khas wajah 'berkumis'. Selama berkarier di industri hiburan Tanah Air, Iis tak hanya meraih prestasi, tetapi juga sejumlah kontroversi. Peran yang diberikan Iis Dahlia untuk berkomentar pedas membuatnya sering dikira suka nyinyir.

5. Lesti Kejora

Nama Asli Artis Berdarah Sunda (Instagram/lestykejora)

Belum lama ini, Lesti Kejora melangsungkan pernikahan dengan adat Sunda bersama Rizky Billar. Lesti sebenarnya bernama asli Lestiani Andryani yang lahir di Bandung pada 5 Agustus 1999. Putri Endang Mulyana dan Sukartini tersebut juga dikenal dengan aksen bahasa Sunda saat berbicara.

Baca Juga:
6 Artis Beranikan Diri Vaksin Covid-19 saat Hamil, Rasakan Efek Samping?

6. Dinda Kirana

Nama Asli Artis Berdarah Sunda (instagram/@dindakirana.s)

Dinda Kirana Sukmawati adalah nama asli Dinda Kirana yang mengawali kariernya di dunia hiburan Tanah Air sejak 2001. Dinda Kirana dikenal sebagai aktris yang membintangi sejumlah FTV. Sinetron "Kepompong" membuat nama Dinda Kirana melambung dan dikenal sampai saat ini.

7. Syahrini

Nama Asli Artis Berdarah Sunda (Instagram/@princessyahrini)

Syahrini yang dikenal dengan julukan 'Princess Syahrini' atau 'Incess' sebenarnya memiliki nama asli Fatimah Syahrini Zaelani. Dalam berbagai kesempatan, Syahrini selalu menunjukkan rasa bangganya sebagai orang Sunda. Seperti ketika meresmikan hubungan dengan Reino Barack di Jepang pada 2019, Syahrini tetap menggelar pernikahan adat Sunda.

8. Rossa

Nama Asli Artis Berdarah Sunda (MataMata.com/Herwanto)

Salah satu diva Indonesia yakni Rossa diketahui memiliki nama asli Sri Rossa Roslaina Handiyani. Penyanyi yang lahir di Sumedang, Jawa Barat pada 9 Oktober 1978 ini sukses membanggakan Indonesia dengan sederet prestasinya. Beberapa waktu lalu, Rossa bikin iri sekaligus bangga karena menandatangani kontrak menjadi artis di SM Entertainment, salah satu agensi besar di Korea Selatan yang juga menaungi grup EXO dan NCT.

9. Tata Janeeta

Nama Asli Artis Berdarah Sunda (MataMata.com/Alfian Winanto)

Tata memulai kariernya dengan bergabung dalam grup Dewi-Dewi (kemudian berganti nama menjadi Mahadewi) bentukan Ahmad Dhani. Namun saat mulai bersolo karier, nama panggungnya menjadi Tata Janeeta dengan menambahkan nama sang putri. Namun nama asli Tata sebenarnya adalah Shinta Dewi.

10. Jenita Janet

Nama Asli Artis Berdarah Sunda (Matamata.com/Ismail)

Jeni Juliana disorot publik karena penampilannya yang unik dengan rambut palsu saat menyanyikan lagu "Di Reject" pada awal kariernya. Penyanyi dengan nama asli Jeni Juliana tersebut lahir di Bandung, 1 Juli 1987. Saat menikah dengan Danu Sofwan, Jenita Janet juga menggelar pernikahan dengan adat Sunda yang memang mengalir di darahnya.

Dari beberapa nama asli artis keturunan Sunda tersebut, mana yang beda banget dan bikin kamu terkejut guys?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More