Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Fitri Carlina. (siaran pers)

Matamata.com - Menjadi selebriti membuat sederet artis tanah air memiliki pundi-pundi rupiah yang memungkinkan mereka membuka usaha lain. Salah satu usaha para artis adalah di bidang kuliner.

Bahkan tak sedikit dari mereka yang juga sukses membuka usaha kuliner di luar negeri. Usaha mereka ini juga terbilang cukup sukses dan menjanjikan.

Publik mungkin sudah nggak asing dengan usaha kuliner artis di dalam negeri. Seperti Ruben Onsu yang sudah punya banyak cabang Geprek Bensu di kota-kota besar tanah air. Rupanya tak hanya menyasar konsumen di dalam negeri, Ruben juga melirik pasar luar negeri. Usaha kuliner Ruben Onsu ini sudah masuk ke pasar luar negeri.

Baca Juga:
6 Potret Rumah Artis Senior yang Masih Eksis di 2021, Ada yang Sederhana

Selain Ruben, ada beberapa artis lain yang juga punya usaha kuliner di luar negeri. Lantas ada siapa saja kira-kira artis punya usaha kuliner di luar negeri? Simak yuk daftarnya yang sudah Matamata.com rangkum berikut ini.

1. Chef Arnold

Chef Arnold (Instagram/@arnoldpo)

Juri MasterChef Indonesia ternyata juga memilik bisnis di bidang kuliner lho. Nggak tanggung-tanggung Chef Arnold punya dua usaha kuliner di Sydney, Australia. Usahanya ini fokus pada dessert dan masakan Jepang.

Baca Juga:
9 Pesona Wanda Hamidah, Artis dan Politisi yang Baru Kena 'Tipu' Asuransi

KOI adalah nama usaha kulinernya untuk menjual olahan pastry dessert. Untuk olahan masakan Jepang Chef Arnold memiliki Monkey's Corner sebagai bisnis keduanya. Monkey's Corner memang bukan bisnis mandiri Chef Arnold sebab restoran ini adalah bisnis keluarga yang sudah cukup lama dikelola oleh keluarganya.

2. Suti Karno

Suti Karno (MataMata.com/Muhaimin A Untung)

Artis lawas Suti Karno yang terkenal lewat perannya sebagai Atun dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan juga punya bisnis kuliner. Meski saat ini sudah tidak terlalu aktif di layar kaca namun pundi-pundi rupiah masih mengalir ke dompet Suti Karno.

Baca Juga:
7 Artis Tetap Eksis di Dunia Hiburan Sejak Remaja, Pesona Tak Terkalahkan

Ini karena usaha kulinernya sukses masuk ke pasar Amerika dan Serikat dan Australia. Suti Karno memiliki usaha kuliner berupa produk sambal ikan peda. Pecinta sambal ikan peda miliknya cukup banyak jadi nggak heran kalau usahanya ini bisa merambah hingga ke negara maju sekelas Amerika juga Australia.

3. Fitri Carlina

Fitri Carlina Instagram.com (Instagram.com)

Pedangdut belum lama ini juga membuka bisnis kuliner di Amerika Serikat. Pembukaan bisnis Fitri Carlina ini digelar dengan meriah dengan menghadirkan konser musik dangdut di Times Square. Usaha kuliner Fitri Carlina ini bernama Cafe Dangdut yang menyajikan makanan dan minuman juga UMKM Indonesia. Bahkan Fitri Carlina juga menjadi Duta Cafe Dangdut di Amerika.

Baca Juga:
Jarang Diekspos, 4 Potret Rumah Artis Istri Polisi yang Homey Banget

Pembukaan kafenya ini juga berkaitan dengan perannya sebagai Duta Cafe Dangdut. Kafenya ini akan mempopulerkan kopi dan musik dangdut Indonesia ke dunia. Pembukaan Cafe Dangdut ini juga didukung penuh oleh pemerintah dan Kemenparekraf.

4. Ruben Onsu

Ruben Onsu ngobrol dengan ibu kandung Betrand Peto (Youtube.com)

Presenter Ruben Onsu merupakan artis yang dikenal punya usaha kuliner. Salah satu bisnis kuliner Ruben sudah tersebar hampir ke seluruh kota besar di tanah air adalah Geprek Bensu. Tak hanya di dalam negeri, suami Sarwendah ini juga melebarkan bisnisnya hingga ke luar negeri.

Geprek Bensu kini juga sudah masuk ke pasar Hongkong dan negeri jiran Malaysia. Jadi nggak heran kalau Ruben memiliki sumber kekayaan yang melimpah. Bahkan Geprek Bensu miliknya berhasil meraih penghargaan sebagai Resto Berjaring dengan predikat Very Good dari Indonesia Customer Service Quality Award 2021.

5. Chef Vindex Tengker

Artis Punya Usaha Kuliner di Luar Negeri. (Instagram/@chef_vindex_tengker)

Chef Vindex Tengker yang pernah jadi juri MasterChef Indonesia musim pertama ini memiliki usaha kuliner di Amerika. Bertempat di Los Angeles, restoran milik Chef Vindex menjual makanan khas Indonesia mulai dari sate hingga nasi kucing. Indonesia banget kan menu yang ditawarkan oleh Chef Vindex?

Itu tadi 5 artis punya usaha kuliner di luar negeri. Menawarkan makanan khas Indonesia, sederet artis tersebut sukses melebarkan bisnisnya hingga luar negeri. Bahkan usaha mereka juga terbilang sukses lho. Bagaimana menurutmu, tertarik juga membuka bisnis kuliner di luar negeri?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More