Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Rossa (Youtube.com)

Matamata.com - Baru-baru ini Rossa menghadiahi kedua orangtuanya rumah senilai Rp 20 miliar. Lantas dari mana saja sih sumber kekayaan Rossa?

Profesi utama Rossa mungkin adalah penyanyi. Berkarier sejak 1988, pemilik nama Sri Rossa Roslaina Handiyani itu sukses membuat dirinya dikenal sebagai penyanyi papan atas Tanah Air. Kariernya di mancanegara juga amat gemilang. Rossa bahkan bergabung dengan agensi Korea Selatan, SM Entertainment.

Namun pundi-pundi kekayaan Rossa tak hanya berasal dari menyanyi saja. Ibunda Rizky Langit Ramadhan itu juga membangun kerajaan bisnis sendiri.

Baca Juga:
8 Potret Rossa Beri Kado Rumah ke Orang Tua, Mulia Banget!

Popularitasnya di media sosial juga membuatnya memiliki nilai jual tinggi sebagai endorser. Langsung saja, berikut 7 sumber kekayaan Rossa.

1. Menyanyi

Sumber kekayaan Rossa. [Instagram/itsrossa910]

Nama Rossa sebagai penyanyi sudah dikenal oleh para penikmat musik Tanah Air. Debut tahun 1988, Rossa perlahan meniti karier di dunia musik hingga membuat dirinya diakui sebagai salah satu diva bersama penyanyi papan atas lain. Ia menjadi artis Asia Tenggara pertama yang dikontrak SM Entertainment, agensi Super Junior dkk.

Baca Juga:
8 Potret Rizky Langit Ramadhan, Anak Rossa yang Ganteng dan Tinggi Banget

Bisa dibilang menyanyi adalah sumber kekayaan utama Rossa. Berkat kesuksesannya sebagai penyanyi, artis kelahiran 1978 itu mampu membeli rumah mewah seharga Rp30 miliar. Itu hanya satu dari banyak aset yang dimiliki. Rossa bahkan mampu membelikan orangtuanya rumah puluhan miliar.

2. Royalti Lagu

Sumber kekayaan Rossa. [Instagram/itsrossa910]

Rossa telah menelurkan banyak karya yang banyak disukai masyarakat. Hampir semua orang tahu lagu-lagu Rossa dan menjadikannya favorit mereka. Mantan istri Yoyo Padi ini memang mematok harga tinggi untuk sekali manggung. Namun royalti yang didapatkan dari lagu-lagunya juga tidak sedikit.

Baca Juga:
Rossa Pose Bareng Putranya, Penampilan Disorot: Kirain Kakak Adik!

Seperti diketahui, ada cukup banyak lagu Rossa yang digunakan sebagai OST sinetron atau film. Lulusan Universitas Indonesia ini kabarnya bisa mendapatkan ratusan juta per bulan dari royalti lagu. Melihat konsistensi Rossa dalam berkarya, jumlah tersebut cukup sepadan.

3. Juri Ajang Pencarian Bakat

Sumber kekayaan Rossa. [Instagram/itsrossa910]

Dengan pengalamannya sebagai penyanyi, Rossa ditunjuk menjadi salah satu juri dari X-Factor Indonesia season 1 dan kemudian berhasil menjadi pemenang. Sebelumnya ia juga menjuri di ajang pencarian bakat Indonesian Idol Musim ke-6. Rossa pun langganan digandeng menjadi juri.

Baca Juga:
Rossa Curhat Pernah Ditelepon Pacar Sampai 170 Kali Sehari: Aku Dicurigai

Menjuri mungkin tidak begitu banyak menyumbang pundi-pundi kekayaan Rossa. Namun itu bisa membuat reputasinya sebagai penyanyi semakin diakui. Ajang pencarian bakat juga sangat digemari pemirsa sehingga menarik banyak sponsor. Bayaran Rossa menjuri pasti lumayan.

4. Kerajaan Bisnis

Sumber kekayaan Rossa. [Instagram/itsrossa910]

Penyanyi yang akrab disapa Teh Ocha itu uga pintar berbisnis lho. Rossa telah merintis banyak bisnis, mulai dari kosmetik hingga parfum. Untuk kosmetik, pelantun Ayat Ayat Cinta itu meluncurkan merek dagang yang diberi nama Rossa Beauty. Sedangkan untuk parfum, ia menggunakan nama Rossa Eau de Parfume.

Rossa juga menjalankan bisnis karaoke bernama Diva Karaoke yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah outlet sebanyak 45. Bisnis lain yang digeluti Rossa termasuk kuliner, kue kekinian, fashion hingga bekerja sama dengan makeup artist merilis brand bulu mata palsu.

5. Brand Ambassador

Sumber kekayaan Rossa. [Instagram/itsrossa910]

Nama besar Rossa jelas memiliki dampak yang cukup tinggi di dunia periklanan. Tak heran jika ia digandeng banyak perusahaan untuk menjadi brand ambassador. Mulai dari iklan komersial produk tertentu hingga lembaga non profit.

Rossa sempat menjadi bintang iklan dari produk sampo, ponsel, restoran siap saji, skincare hingga retail. Pemasukan dari membintangi iklan komersial tentunya tak sedikit. Hingga kini Rossa masih menjadi salah satu brand ambassador terlaris lho.

6. Endorsement

Sumber kekayaan Rossa. [Instagram/itsrossa910]

Hampir semua seleb Tanah Air menerima tawaran endorsement, termasuk produk. Perbedaan dengan iklan komersial adalah media promosi yang biasa menggunakan jejaring sosial. Rossa kerap mempromosikan sejumlah produk mulai dari skincare hingga fashion.

Tarif seleb untuk sekali endorsement nggak main-main lho. Meski tarif endorsement Rossa tidak diketahui, ada artis yang mematok puluhan juga rupiah untuk sekali posting. Rossa memiliki lebih dari 14 juta followers yang menjadi sasaran promosi endorsement.

7. Jual Beli Properti

Sumber kekayaan Rossa. [Instagram/itsrossa910]

Rossa ternyata juga menggeluti bisnis jual beli properti. Pelantun Hati yang Kau Sakiti itu hobi membeli rumah bekas untuk dijual kembali. Bisnis yang digelutinya sejak 2002 ini menjadi salah satu pemasukan Rossa yang cukup besar lho.

Dari jual beli rumah mewah, Rossa bisa untung hingga 10 kali lipat. Selain rumah, ia biasanya juga merambah ke unit apartemen. Rossa juga memiliki vila di Bali dan Raja Ampat. Namun belum diketahui asetnya itu disewakan atau tidak.

Nah itu tadi deretan sumber kekayaan Rossa, meski single parent tetap bisa hidup mandiri dengan mewah ya.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More