Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Sinopsis Yuni (Capture IMDB)

Matamata.com - Industri perfilman Tanah Air membawa kabar bahagia. Film Yuni yang merupakan garapan sutradara Indonesia telah berhasil terpilih masuk dalam nominasi Oscar. Film Yuni telah berhasil terpilih dan akan mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar 2022 mendatang. Pasca kabar bahagia ini tersiar di media, sinopsis Yuni lantas menjadi perhatian.

Film Yuni ini merupakan film terbaru garapan Kamila Andini. Kabarnya film ini telah disiapkan cukup lama, yaitu pada 2017 silam. Film Yuni merupakan film yang terinspirasi dari salah satu puisi karya sastrawan ternama Sapardi Djoko Damono yang berjudul Hujan Bulan Juni. 

Film Yuni. [IMDb]

Sebelum terpilih untuk mewakili di ajang Oscar, Yuni telah lebih dulu memenangkan penghargaan di Toronto International Film Festival 2021. Sebelum resmi rilis Desember mendatang, film Yuni ini telah ditayangkan secara terbatas di beberapa bioskop yang tersebar di beberapa daerah. Sebelum itu, yuk kepoin sinopsis Yuni berikut ini.

Baca Juga:
Sinopsis Scream, Kembalinya Teror Pembunuh Bertopeng

Sinopsis Yuni

Film Yuni menceritakan tentang seorang remaja bernama Yuni (Arawinda Kirana) yang memiliki mimpi besar setelah dirinya lulus dari SMA. Yuni merupakan seorang siswi SMA yang cerdas di sekolahnya. 

Film Yuni. [Instagram/fourcoloursfilms]

Yuni memiliki impian besar untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, ternyata impian besar Yuni itu terhalang oleh lingkungan sekitarnya yang masih menjunjung adat ketimuran dan memintanya untuk segera menikah di usia muda setelah lulus sekolah.

Baca Juga:
Sinopsis Would You Like a Cup of Coffee? Ong Seong Wu Jadi 'Kang Kopi'

Yuni suatu hari dilamar oleh seorang laki-laki yang tidak dikenalinya dan ia menolak lamaran itu. Beberapa waktu kemudian, Yuni kembali dilamar oleh seorang laki-laki untuk kedua kalinya dan tetap menolaknya karena ingin bertekad mengejar mimpi besarnya.

Penolakan Yuni terhadap laki-laki yang ingin melamarnya itu memicu gosip dan perbincangan dari orang-orang sekitar Yuni. Setelah menolak lamaran kedua, Yuni diselimuti kebimbangan lantaran mitos yang mengatakan apabila perempuan menolak tiga lamarannya, maka perempuan itu tidak pernah bisa menikah dan menjadi perawan tua selamanya.

Film Yuni. [Instagram/fourcoloursfilms]

Hal-hal yang tidak diinginkan pun lalu terjadi. Yuni pun merasa goyah dan harus menghadapi tekanan antara harus menerima lamaran ketiga dari seorang pria dan merelakan mimpi besar yang telah ia bangun atau harus mengejar mimpinya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Baca Juga:
Sinopsis Decibel: Film Terbaru Kim Rae Won, Lee Jong Suk dan Cha Eun Woo

Yun pun menghadapi berbagai masalah dan tekanan. Tuntutan masyarakat sekitarnya yang mengharuskan Yuni menikah setelah lulus juga membuat Yuni mencari pelarian di hidupnya.

Pemain Film Yuni

Film Yuni karya Kamila Andini [Instagram/fourcoloursfilms]

Selain menampilkan Arawinda Kirana, film Yuni juga menghadirkan aktor dan aktris muda serta bintang film ternama Indonesia. Film Yuni menghadirkan Kevin Ardilova sebagai Yoga, teman semasa kecil Yuni. Selain itu, Dimas Aditya hadir memerankan karakter guru sastra favorit Yuni yang bernama Damar.

Baca Juga:
Sinopsis Story of Dinda, Kisah Aurelie Moeremans Kepincut Abimana Aryasatya

Film Yuni juga menampilkan sejumlah aktor dan aktris kebanggaan Indonesia, seperti Marissa Anita yang berperan sebagai Bu Lies, Neneng Wulandari berperan sebagai Sarah, Asmara Abigail berperan sebagai Suci.

Selain aktor dan aktris di atas, film Yuni juga menampilkan Muhammad Khan, Ayu Laksmi, Nova Eliza, Vania Aurell, Rukman Rosadi, Sekar Sari, Nazla Thoyib, Boah Sartika, Anne Yasmine, dan Mian Tiara. 

Alasan Nonton Yuni

Sinopsis Yuni (Instagram/@fourcolorsfilms)

Berhasil terpilih mewakili Indonesia di ajang Oscar 2022, sudah tentu kamu harus memasukkan film Yuni ke dalam watchlist. Seperti sinopsis Yuni yang telah diinformasikan di atas, film Yuni ini memiliki alur cerita ringan yang sebagian masalahnya sudah sangat akrab di kalangan masyarakat.

Hanung Bramantyo selaku ketua Persatuan Perusahaan Film Indonesia juga menyatakan bahwa cerita dalam film Yuni ini sangat akrab dengan isu remaja perempuan di usia pubertasnya yang harus menghadapi masalah berbagai masalah di tengah perubahan zaman. Di tengah perubahan zaman ini, remaja perempuan selalu dihadapkan dengan isu patriarki, seks, religi, pendidikan, dan dunia kerja. 

Sang sutradara, Kamila Andani juga menyatakan bahwa film ini berhasil mengangkat isu-isu sensitif di kalangan masyarakat. Hal itu menjadi sebuah kerumitan tersendiri untuk bisa mengangkat isu sensitif ke ranah film layar lebar sehingga menjadikan film ini sangat layak untuk ditonton. Terlebih dengan permasalahan yang sangat akrab di kalangan masyarakat.  Itu dia sinopsis Yuni, film Indonesia yang berhasil lolos ke ajang Oscar 2022 mendatang. Siap untuk menyaksikan kisah Yuni?

Kontributor: Agatha Vidya Nariswari
Load More