Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Fakta Film Dune (IMDb)

Matamata.com - Film Dune telah dapat disaksikan penonton bioskop Indonesia sejak 13 Oktober 2021. Dune disebut sebagai film fiksi ilmiah yang paling ditunggu tahun ini.

Film Dune mengisahkan tentang planet padang pasir berbahaya bernama Arrakis. Planet tersebut menjadi satu-satunya tempat melange berada. Melange merupakan rempah-rempah dengan kekuatan ajaib. Beberapa khasiat melange di antaranya dapat memperpanjang hidup, meningkatkan kemampuan mental, hingga bisa digunakan untuk ke luar angkasa.

Masih belum yakin nonton? Simak berbagai fakta menarik Film Dune yang bisa menggugah minatmu. Bagi yang sudah nonton juga harus tahu berbagai fakta menarik film Dune berikut ini.

Baca Juga:
Sinopsis Film Aum!: Film Baru Jefri Nichol Berlatar Reformasi 1998

1. Adaptasi Novel Terkenal

Fakta Film Dune (IMDb)

Film Dune merupakan adaptasi novel fiksi ilmiah terlaris sepanjang sejarah karya Frank Herbert tahun 1965. Dune merupakan serial dengan 21 novel, 8 buku pendamping, 11 cerpen, dan 6 komik. Dengan cerita yang luas, mustahil Dune bisa dijadikan satu film.

Dune karya Denis Villeneuve merupakan adaptasi ke-5 dari novel. Sebelumnya David Lynch dan John Harrison telah mengangkat novel Dunn ke layar lebar sebanyak empat kali dalam rentang waktu 1984 hingga 2000.

Baca Juga:
Sinopsis Teka Teki Tika, Film Terbaru Karya Ernest Prakasa Paling Ditunggu

2. Bakal Dibuat Sekuel

Fakta Film Dune (IMDb)

Ketenaran novel membuat film Dune amat dinantikan. Apalagi Denis Villeneuve yang dinobatkan sebagai Filmmaker of The Decade oleh The Hollywood Critics Association tersebut menjadi sutradara film Dune. Versi Denis Villeneuve akan menceritakan separuh novel asli dan akan dilanjutkan pada sekuel berikutnya.

Namun sekuel juga belum dipastikan. Kesuksesan film Dune kali ini akan menentukan sekuel selanjutnya. Kendati begitu, Jon Spaihts telah ditugaskan untuk membuat naskah sekuel film Dune.

Baca Juga:
Film A World Without Terinspirasi dari Fenomena Sosmed Sekarang

3. Incar Sutradara sejak 2016

Fakta Film Dune (IMDb)

Legendary Pictures selaku rumah produksi yang membeli film Dune telah meminta Denis Villeneuve menjadi sutradara proyek tersebut sejak 2016. Namun Denis Villeneuve kala itu masih mengerjakan proyek Arrival dan Blade Runner yang juga sama-sama film fiksi ilmiah.

Selain Denis Villeneuve, film Dune juga menggaet nama-nama besar peraih Piala Oscar seperti Joe Walker sebagai editor dan sinematografer Greig Fraser.

Baca Juga:
10 Potret Transformasi Bae Doona, Artis Korea yang Main Film Hollywood

4. Properti Menakjubkan

Fakta Film Dune (IMDb)

Kostum di film Dune merupakan rancangan Jacqueline West dan Bob Morgan. Terdapat lebih dari 1000 kostum yang terinspirasi dari mitologi Yunani dan Romawi. Kostum dirancang dengan memikirkan kelembaban tubuh para aktor yang mengenakannya.

Selain itu, film Dune juga menyiapkan kapal asli di puncak bukti Budapest, Hungaria. Untuk menggambarkan Planet Arrakis, proses syuting benar-benar dilakukan di padang pasir yang sangat luas. Yordania terpilih menjadi lokasi syuting film Dune.

Properti yang telah disiapkan dengan maksimal membuat film Dune tidak membutuhkan banyak efek CGI. Padahal efek CGI biasanya identik dengan film fiksi ilmiah sehingga dipastikan Dune memiliki daya tarik yang lebih kuat.

5. Pemain Film Dune

Fakta Film Dune (IMDb)

Film Dune dibintangi Rebecca Ferguson dan Zendaya yang sama-sama berperan di The Greatest Showman (2017). Selain itu ada aktor dan aktris papan atas seperti Timothee Chalamet, Jason Momoa, dan Oscar Isaac, Josh Brolin, Dave Bautista, Stellan Skarsgård, Javier Bardem, dan masih banyak lagi.

Timothee Chalamet berperan sebagai Paul, putra pertama yang akan menggantikan Duke Leto (Oscar Isaac) dalam memimpin klan Atreides. Sedangkan klan Harkonnen dipimpin Baron Vladimir Harkonnen (Stellan Skarsgård) dan Glossu Rabban (Dave Bautista)  yang terus berperang untuk merebut planet Arrakis. Paul nantinya akan menjalin hubungan spesial dengan Chani (Zendaya) yang merupakan warga lokal Arrakis.

Fakta-fakta di atas hanya sebagian kecil dari film Dune. Biar lebih jelas, segera nonton film Dune di bioskop ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More