Yohanes Endra | MataMata.com
Cucu Soekarno yang Terkenal (Instagram/kartikasoekarnofoundation)

Matamata.com - Belakangan kabar Sukmawati Soekarnoputri pindah agama ke Hindu bikin geger publik. Rencananya Sukmawati akan melaksanakan ritual pindah agama di kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja Bali pada Selasa (26/10/2021).

Kabar terbaru dari Sukmawati juga membuat keluarga Presiden Soekarno kembali mencuri sorotan. Salah satunya mengenai cucu-cucu Soekarno yang telah dikenal masyarakat luas. Siapa saja cucu Soekarno yang terkenal? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Puan Maharani

Baca Juga:
Putus dari Adhisty Zara, 6 Potret Zaki Pohan dengan Syandria Cicit Soekarno

Cucu Soekarno yang Terkenal (Instagram/puanmaharaniri)

Puan Maharani menjabat sebagai ketua DPR RI untuk periode 2019-2024. Puan merupakan putri dari Megawati Soekarnoputri sekaligus cucu Presiden Soekarno. Karier politik Puan mulai dilirik saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Sejak muda, fokus utama Puan Maharani telah tertuju ke dunia politik. Wanita kelahiran 6 September 1973 tersebut aktif di organisasi saat kuliah di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Komunikasi. Darah politik tak hanya mengalir dari kakek dan ibu, melainkan juga ayah Puan yang menjabat sebagai Ketua MPR RI periode 2009-2014 yakni almarhum Taufik Kiemas. Puan juga pernah menempati posisi Ketua Fraksi PDIP periode 2009-2014.

2. Paundrakarna

Baca Juga:
4 Fakta Menarik Istri Soekarno, Ratna Sari Dewi Kerap Disanjung Parasnya

Cucu Soekarno yang Terkenal (Instagram/@mahardhika_soekarno)

GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara merupakan putra Sukmawati Soekarnoputri yang belakangan bikin heboh karena pindah agama Hindu. Paundrakarna sempat menghiasi layar kaca dengan membintangi sinetron "Gita Cinta dari SMA" (2003). Kala itu cucu presiden Soekarno ini juga merilis album "Sebuah Awal" dengan lagu andalan berjudul "Galih dan Ratna" yang merupakan nama tokoh di sinetron "Gita Cinta dari SMA". Ia pun sempat berperan di film "Rudy Habibie" (2016) sebagai karakter antagonis bernama Mario.

Belum lama ini, Paundrakarna bikin heboh setelah pernyataannya soal tahta Kerajaan Mangkunegara. Pria kelahiran 19 April 1979 ini menegaskan bahwa ia adalah cucu Presiden Soekarno sekaligus cucu Mangkunegara VIII. Seperti diketahui, Paundrakarna adalah putra mendiang Mangkunegara IX yang telah bercerai dari Sukmawati Soekarnoputri. Mangkunegara IX wafat pada 13 Agustus 2021 sehingga penerus tahtanya sedang ramai diperbincangkan. Paundra pun menjadi salah satu calon penerus tahta Mangkunegara.

3. Didi Mahardika

Baca Juga:
Cara Daftar Vaksin Gratis di Bandara Soekarno Hatta, Yuk Simak!

Cucu Soekarno yang Terkenal (Instagram/@mahardhika_soekarno)

Didi Mahardika bukan nama yang asing karena hubungannya dengan sederet artis Tanah Air. Putra mendiang Rachmawati Soekarnoputri dan Dicky Soeprapto tersebut pernah menikah dengan Garneta Haruni pada 2011 hingga akhirnya memilih bercerai dua tahun kemudian. Didi juga sempat menjalin hubungan spesial dengan Vanessa Angel serta Jane Shalimar.

Didi Mahardika belum lama kehilangan sang ibunda yang meninggal pada 3 Juli 2021 lalu. Didi juga disorot karena pernyataannya soal kematian Presiden Soekarno. Saat membahas video klip lagu "TRAH-Untuk Indonesia Raya" yang dibuatnya bareng sederet artis, Didi menyebut sang kakek dibunuh di Wisma Yasoo. Pernyataan Didi bikin heboh sebab Soekarno selama ini disebut meninggal karena gagal ginjal Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

4. Frederik Kiran

Cucu Soekarno yang Terkenal (Instagram/@kartikasoekarnofoundation)

Presiden Soekarno menikahi wanita Jepang bernama Naoko Nemoto yang kemudian berubah nama menjadi Ratna Sari Dewi Soekarno. Anak dari istri kelima Presiden Soekarno, Kartika, menikah dengan warga Inggris dan kini menetap di London. Kartika memiliki putra tampan bernama Frederik Kiran Seegers.

Ketampanan Frederik Kiran membuatnya kini menjadi sorotan. Remaja berusia 16 tahun tersebut dinilai mewarisi mata serta senyum Presiden Soekarno. Frederik Kiran juga diketahui hobi berenang dan berselancar. Potret Frederik Kiran sempat bikin heboh ketika naik becak di Paris. Menurut Kartika, Indonesia selalu ada di hati mereka dimanapun berada.

Empat cucu Presiden Soekarno tersebut belakangan mencuri perhatian dengan kabarnya masing-masing. Tak hanya menyandang nama besar serta kerupawanan Soekarno, mereka juga berprestasi meski tidak semuanya terjun ke dunia politik, Bagaimana pendapatmu? 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More