Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Hanung Bramantyo. (Youtube/@TheBramantyo's)

Matamata.com - Tak hanya bertugas untuk menyusun konsep hingga memilih pemeran, sutradara juga bertugas untuk mengarahkan proses pengambilan gambar dan mengatur para pemeran agar mengikuti skenario dengan tepat.

Meskipun sangat sibuk di belakang layar, bukan berarti sutradara tak boleh tampil di depan kamera, lho. Meskipun hanya tampil sebentar, tak jarang peran sutradara-sutradara tersebut sebagai cameo justru sukses mencuri perhartian banyak orang karena akting mereka, lho.

Yuk kepoin siapa saja sutradara yang sering jadi cameo berikut ini!

Baca Juga:
Wi Ha Joon Ditawari Gabung Kim Go Eun di Drakor Sutradara Vincenzo

1. Hanung Bramantyo

Sutradara yang Sering Jadi Cameo (Instagram/@hanungbramantyo)

Dikenal sebagai salah satu sutradara papan atas yang telah menggarap sejumlah film populer di tanah air, Hanung Bramantyo beberapa kali berseloroh tentang cita-citanya untuk menjadi seorang aktor. Meskipun tak bisa menjadi aktor sungguhan, suami aktris cantik Zaskia Mecca tersebut kerap mengisi peran cameo di beberapa film, lho.

Ia pernah tampil sebagai seorang kolektor lukisan di film Perahu Kertas. Bahkan, Hanung Bramantyo juga pernah melakoni karakter tukang parkir di Get Married 2 dan orang buta di Get Married 3, lho.

Baca Juga:
Squid Game Dirumorkan Lanjut ke Season 2, Begini Respons Sutradara

2. Angga Dwimas Sasongko

Sutradara Sering Jadi Cameo (Instagram/@anggasasongko)

Nama Angga Sasongko yang memulai debutnya sebagai sutradara sejak usia muda kini semakin melambung di industri perfilman tanah air. Karya-karyanya sukses mencuri perhatian dan diminati oleh banyak orang, khususnya anak muda.

Beberapa dari film yang pernah digarapnya adalah Cahaya Dari Timur: Beta Maluku, Filosofi Kopi, dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini. Tak hanya menyutradarai sebuah film, ternyata Angga Sasongko juga pernah tampil di depan kamera. Misalnya saja, ia pernah tampil sebagai seorang pejalan kaki yang ditawari kopi oleh Ben dalam film Filosofi Kopi.

Baca Juga:
2 Idola Diprediksi Jadi Hebat Oleh Direktur dan Sutradara Trainee K-Pop

3. Joko Anwar

Sutradara Sering Jadi Cameo (Instagram/@jokoanwar)

Joko Anwar tak hanya dikenal sebagai sutradara yang film-filmnya yang telah diakui di kancah internasional, tetapi juga sebagai sutradara yang sering jadi cameo, lho. Sebagai seorang sutradara, Joko Anwar telah mendapat sejumlah penghargaan di Festival Film Internasional, lho.

Salah satu filmnya yang paling populer adalah Pengabdi Setan. Joko Anwar bahkan sempat menjadi cameo dalam film tersebut dengan berperan sebagai seorang petinggi label musik.

Baca Juga:
10 Potret Yami Gautam, Aktris Bollywood yang Menikah dengan Sutradara

4. Ismail Basbeth

Sutradara yang Sering Jadi Cameo (Instagram/@jasoniskandar)

Tak kalah terkenal dar sutradara lainnya, sutradara Ismail Basbeth merupakan salah satu nominator sutradara terbaik dan penulis skenario asli terbaik dalam Festival Film Indonesia 2015.

Selain jago menggarap film, Ismail Basbeth ternyata juga punya bakat akting, lho. Ia pernah menjadi seorang cameo dalam film Talak 3 yang digarapnya bersama Hanung Bramantyo.

5. Ernest Prakasa

Ernest Prakarsa (Instagram/@ernestprakasa)

Selain dikenal sebagai seorang sutradara, Ernest Prakasa juga dikenal luas sebagai seorang aktor dan komedian. Ia kerap membintangi sejumlah film bergenre komedi. Tak jarang juga, Ernest tampil sebagai cameo di film yang digarapnya sendiri ataupun film yang digarap oleh sutradara lain.

Ia juga pernah menjadi cameo dalam film Filosofi dengan berperan sebagai Keenan, teman lama Ben dan Jody yang juga buka kafe. 

Siapa nih sutradara yang langganan jadi cameo paling bikin kamu salfok ada di filmnya?

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More