Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Nama Asli Pelawak Indonesia. (Instagram)

Matamata.com - Tak sedikit pelawak yang memakai nama panggung unik agar mudah diingat. Selain unik nama panggung sederet pelawak itu juga terkadang mewakili ciri khas mereka.

Hal ini karena dengan nama yang unik dan khas akan membuat para pelawak mudah diingat dan dikenali. Sebut saja Haji Bolot nanya  diambil dari karakter yang biasa ia perankan yaitu orang yang bolot atau kesulitan mendengar.

Nah, ternyata sejumlah pelawak Indonesia memiliki nama yang sangat jauh berbeda dengan nama panggungnya. Ada yang memiliki nama asli begitu indah juga lho.

Baca Juga:
Pelawak Mueng Engingeng Dianiaya Tetangga, Diseret, Wajah Lebam!

Dari pada penasaran langsung saja yuk simak daftar nama asli pelawak Indonesia yang sudah Matamata.com himpun berikut ini.

1. Cak Lontong

Nama Asli Pelawak Indonesia. (Instagram/@caklontong)

Cak Lontong adalah salah satu pelawak yang lawakannya kerap menguji logika pendengar. Penonton dibuat harus berpikir sejenak sebelum bisa mencerna lawakan pria kelahiran 7 Oktober 1970 ini. Ia juga dikenal dengan lawakannya yang tidak menjatuhkan atau menghina orang lain. Cak Lontong sendiri awalnya merupakan seorang akademisi dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Baca Juga:
9 Potret Adu Gaya Istri Pelawak Terkenal, Hot Mama yang Kece Abis!

Nama panggungnya ini diambil dari julukannya semasa kecil. Pria bertubuh tinggi ini semasa muda bertubuh kurus sehingga sering disebut mirip lontong. Dan jadilah Cak Lontong digunakan sebagai nama panggungnya. Nama aslinya adalah Lies Hartono.

2. Tessy

Nama Asli Pelawak Indonesia. (Instagram/@tessykabul)

Sosok pelawak satu ini pasti sudah sangat akrab di telinga. Anggota grup lawak legendaris Srimulat ini dikenal dengan karakternya yang feminim. Ya, Tessy memang kerap tampil sebagai transpuan. Namun siapa sangka ia awalnya adalah mantan anggota Korps Marinir atau dulu disebut KKO TNI Angkatan Laut yang punya nama asli Kabul Basuki.

Baca Juga:
Idap Kanker Usus, Pelawak Qomar Butuh Biaya Besar untuk Kemoterapi

Tessy bahkan ikut andil dalam operasi pembebasan Irian Barat (1961-1963). Nama panggungnya diambil dari nama putrinya sendiri yang bernama Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik. Ciri khas lain dari pelawak kelahiran Banyuwangi 31 Desember 1947 ini adalah cincin batu akik yang menghiasi jemarinya.

3. Kiwil

Nama Asli Pelawak Indonesia. (Youtube.com/Indosiar)

Kiwil juga menjadi salah satu pelawak yang pandai mengocok perut penonton. Ia dikenal karena mampu menirukan suara dari KH. Zainuddin MZ. Kiwil memiliki nama asli yang sangat jauh berbeda dengan nama panggungnya. Kiwil lahir dengan nama Wildan Delta. Nama asli Kiwil keren bukan?

Baca Juga:
Anak Ungkap Kondisi Terkini Pelawak Nurul Qomar Usai Pengangkatan Tumor

4. Sule

Nama Asli Pelawak Indonesia. [Matamata.com/Alfian Winanto]

Komedian Sule yang tengah menanti kelahiran anaknya. Sule menjadi kian tenar usai membintangi Opera Van Java (OVJ). Ayah dari penyanyi Rizky Febian ini memiliki nama asli yang Sunda banget yaitu Entis Sutisna. Hal ini karena Sule memang berdarah Sunda. Tak hanya pelawak, Sule juga memiliki suara yang merdu. Ia juga sudah menjajal dunia akting lewat sinetron Awas Ada Sule.

5. Nunung

Nama Asli Pelawak Indonesia. (Instagram)

Nunung merupakan rekan Tessy dalam grup Srimulat. Namun saat Srimulat vakum ia bergabung bersama Sule dalam OVJ. Nama asli Nunung sangat Jawa yaitu Tri Retno Prayudati. Perempuan yang pernah tersandung kasus penyalahgunaan narkoba ini juga menjadi salah satu pelawak perempuan yang sukses berkarier lewat tingkah konyol dan kocaknya.

6. Babe Cabiita

Nama Asli Pelawak Indonesia. (Instagram/@babecabiita)

Pelawak yang memulai kariernya sebagai komika Babe Cabiita ini punya nama asli yang indah banget lho. Jawara Stand Up Komedi Kompas TV 2013 ini bernama asli Priya Prayogha Pratama Tanjung. Komika yang kini merambah ke dunia akting ini dikenal dengan taglinenya "ahh... sudahlah. Gaya lawakannya juga dikenal berani dan lugas, meski tidak melepaskan kesan santai.

7. Komeng

Nama Asli Pelawak Indonesia. (Youtube/KomengInfo)

Pelawak yang terkenal dengan jargon 'uhuy' ini punya nama yang beda banget dari nama panggungnya. Komen lahir pada 25 Agustus 1970 dengan nama Alfiansyah. Tak hanya menjadi pelawak, Komeng juga berakting dan menjadi pembawa acara. Lawakannya pun begitu kocak dan membuat penonton terpingkal.

8. Bolot

Komedian Haji Bolot. [capture YouTube Deddy Corbuzier]

Pelawak senior dengan kumis tebal dan gaya lawak yang khas sebagai pria bolot ini membuat pria kelahiran 5 Maret 1942 tersebut memakai nama bolot sebagai nama panggungnya.

Bolot lahir dengan nama Muhammad Sulaeman Harsono. Ia memulai kariernya sebagai pelawak lewat lenong Betawi. Bolot selalu tampil sebagai pria tuli atau 'budeg' namun mendadak bisa mendengar kalau yang bertanya adalah perempuan atau ketika yang dibahas adalah uang. Nama bolot ini dipilih karena sesuai dengan perannya sebagai pria bolot.

Nah itu tadi 8 nama asli pelawak Indonesia. Dari daftar pelawak tadi, mana yang namanya paling unik menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More