Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Celine Evangelista dan Maia Estianty. (Instagram)

Matamata.com - Seperti yang kamu tahu, 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan. Sambil mengenang jasa mereka untuk Indonesia, mari kita intip siapa saja artis Tanah Air yang merupakan keturunan pahlawan nasional.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kutipan ini sering diserukan setiap kali Hari Pahlawan tiba. Berbicara tentang pahlawan, rupanya ada sejumlah artis berasal dari keturunan pahlawan lho.

Dengan darah pahlawan mengalir dalam diri mereka, para seleb ini menorehkan berbagai prestasi gemilang melalui karya. Berikut deretan artis keturunan pahlawan nasional yang wajib kamu tahu!

Baca Juga:
13 Artis Meninggal di Tahun 2021, Terbaru Vanessa Angel dan Suami

1. Maia Estianty

Artis Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram/@maiaestiantyreal)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Maia Estianty adalah cicit H.O.S Cokroaminoto. Nama aslinya Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, beliau merupakan pemimpin organisasi Sarekat Islam. Selain berjasa untuk negara, H.O.S Cokroaminoto dikenal sebagai sosok yang mengajarkan akhlak mulia bahkan kepada keluarganya. Maia juga merupakan cucu Siti Oetari Tjokroaminoto, istri pertama Soekarno.

2. Dian Sastrowardoyo

Baca Juga:
8 Artis yang Pernah Satu Film dengan Orangtua: Akrab dan Kompak Banget!

Artis Keturunan Pahlawan Nasional (Youtube.com)

Siapa sih yang nggak kenal sama Dian Sastrowardoyo? Bintang film Ada Apa dengan Cinta? itu merupakan cucu dari Prof. Sunario Sastrowardoyo lho. Selain diberi gelar pahlawan Nasional, kakek Dian Sastro juga merupakan mantan Menteri Luar Negeri ke-7 dan Menteri Perdagangan ke-12. Prof. Sunario juga pernah menjabat Rektor Universitas Diponegoro Semarang pada 1963 serta Duta Besar Indonesia untuk Inggris.

3. Karina Salim

Artis Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram/@karinasalim)

Karina Salim yang nama lengkapnya Karlina Ekaputri Salim adalah cicit dari H. Agus Salim, anggota panitia 9 BPUPKI. Kakek buyut Karina merupakan sosok yang penting dalam sejarah Indonesia. Ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 27 Desember 1961, H. Agus Salim juga pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia. Karina sendiri dikenal sebagai aktris yang berbakat.

Baca Juga:
Adu Gaya 5 Artis Pakai Ikat Pinggang Mewah, Punya Syahrini Bikin Melongo

4. Asri Welas

Artis Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram/@asriwelas)

Asri Welas dikenal sebagai artis yang kocak. Namun siapa yang menyangka bahwa Asri merupakan keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro. Ini diketahui dari pohon jalar yang ditanam di rumah neneknya, menandakan bahwa mereka adalah keturunan Pangeran Diponegoro. Pohon itu ternyata menjadi penanda keturunan pahlawan asal Yogyakarta tersebut untuk mengelabui penjajah.

5. Nia Dinata

Baca Juga:
5 Nama Asli Artis yang Dipanggil Bunda oleh Netizen, Ashanty Ada Dua?

Artis Keturunan Pahlawan Nasional [MataMata.com/Dwi Bowo Raharjo]

Artis keturunan pahlawan nasional berikutnya adalah Nia Dinata. Sutradara kondang itu merupakan cicit dari Otto Iskandar Dinata yang dikenal sebagai Si Jalak Harupat. Beliau tercatat sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Nia Dinata sendiri punya nama asli Nurkumiati Aisyah Dewi.

6. Dewi Yull

Artis Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram @dewiyullofficial)

Artis senior Dewi Yull merupakan cucu dari RM Tirto Adhi Soerjo, sosok penting di bidang pers dan tokoh kebangkitan nasional. Beliau adalah pencetus surat kabar Medan Prijaji pada 1907. Ayah Dewi Yull, HRP Soendaryo, adalah keturunan bangsawan dari Kesultanan Cirebon. Ibunya, Masayu Devi Hetimawati memiliki darah bangsawan Melayu-Palembang. Dewi Yull sepenuhnya berasal dari keluarga ningrat.

7. Setiawan Djody

Artis Keturunan Pahlawan Nasional. (Istimewa)

Kakek Setiawan Djodi adalah Dr. Wahidin Sudirohusodo, pencetus berdirinya organisasi pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen Jakarta atau Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (STOVIA). Beliau juga merupakan salah satu penggagas berdirinya Budi Utomo. Setiawan Djodi membuat bangga sang kakek melalui kiprahnya di dunia seni.

8. Celine Evangelista

Artis Keturunan Pahlawan Nasional (Instagram/@celine_evangelista)

Celine Evangelista merupakan keturunan dari H. Fadeli Luran, pendiri organisasi penampung aspirasi kelompok-kelompok Islam. Nama kakeknya bahkan diabadikan sebagai nama jalan di Minasatene, Pangkajene, Biraeng, Sulawesi. H. Fadeli Luran adalah pemersatu umat Islam dan penyebar Agama Islam di Makassar. Beliau juga ikut membangun sejumlah rumah sakit dan sekolah.

9. Jeje Soekarno

Artis Keturunan Pahlawan Nasional (instagram/@jejesoekarno)

Jeje Soekarno merupakan aktor sekaligus anak dari artis kondang Donna Harun dengan salah satu cucu proklamator kemerdekaan Indonesia, yaitu Hendra Rahtomo. Adik tiri Ricky Harun itu memiliki garis keturunan Soekarno, pahlawan Proklamasi sekaligus Presiden RI pertama. Dari namanya saja sudah bisa ditebak ya.

10. Paundrakarna

Artis Keturunan Pahlawan Nasional (instagram/@gphpaundrakarna1)

Paundrakarna memiliki nama asli G.R.M Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara. Ia merupakan putra sulung dari Raja Pura Mangkunegaran Solo. Selain berdarah ningrat, Paundrakarna merupakan cucu Presiden Soekarno dari pernikahan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX dengan Sukmawati Soekarnoputri.

Itu tadi artis-artis keturunan pahlawan nasional yang aktif berkarier di industri hiburan Tanah Air. Selamat Hari Pahlawan!

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More