Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Film Penyalin Cahaya (Instagram/penyalincahaya)

Matamata.com - Film Penyalin Cahaya semakin menyedot perhatian publik setelah menerima Piala Citra Film Cerita Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2021. Tak hanya menjadi film terbaik, Penyalin Cahaya juga menyabet 11 Piala Citra di kategori yang lain. Padahal Penyalin Cahaya belum tayang di Indonesia hingga FFI 2021 digelar pada Rabu (10/11) kemarin malam.

Fakta Film Penyalin Cahaya (Instagram/penyalincahaya)

Penasaran sekeren apa film Penyalin Cahaya? Sebelum menonton penayangan perdana di Netflix pada 13 Januari 2022, simak berbagai fakta film Penyalin Cahaya yang perlu kamu tahu berikut ini.

1. Tayang Perdana di BIFF

Baca Juga:
Jefri Nichol Pakai Baju Jaring-Jaring di FFI 2021, Gayanya Tuai Sorotan

Fakta Film Penyalin Cahaya (Instagram/penyalincahaya)

Penyalin Cahaya telah ditayangkan terlebih dahulu di Busan International Film Festival (BIFF) 2021 yang digelar Oktober lalu. Penyalin Cahaya juga sekaligus masuk nominasi di kategori New Currents yang merupakan kompetisi film panjang internasional di BIFF. Penyalin Cahaya diputar bersama 223 film dari 70 negara, termasuk film Indonesia lain yakni Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Yuni, dan Laut Memanggilku.

2. Tayang di Indonesia dan Dunia

Fakta Film Penyalin Cahaya (Instagram/penyalincahaya)

Belum lama ini, Penyalin Cahaya mengumumkan akan tayang mulai 13 Januari 2021 secara internasional di Netflix. Wregas Bhanuteja selaku sutradara Penyalin Cahaya mengungkap alasan filmnya tidak tayang di bioskop yang belakangan sudah kembali beroperasi di Indonesia. Pandemi Covid-19 merupakan salah satu alasan Wregas lebih memilih OTT tersebut. Selain itu, kesempatan untuk menyampaikan pesan mengenai kekerasan seksual dalam filmnya ke seluruh dunia juga tak dapat ditolak tim Penyalin Cahaya.

Baca Juga:
Gokil! Film Penyalin Cahaya Borong 12 Piala Citra di FFI

3. 12 Piala Citra

Fakta Film Penyalin Cahaya (Instagram/penyalincahaya)

Penyalin Cahaya sudah bikin takjub ketika masuk dalam 17 nominasi di berbagai kategori Festival Film Indonesia 2021. Film yang dibintangi Shenina Cinnamon ini juga semakin membuat kagum ketika memenangkan 12 Piala Citra pada Rabu (10/11) kemarin malam. Bahkan Penyalin Cahaya berhasil menggeser rekor film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (2017) yang pernah membawa pulang 10 Piala Citra.

4. Film Panjang Pertama Sang Sutradara

Baca Juga:
4 Artis Muda Jadi Duta FFI 2021, Tissa Biani Sudah Dua Kali

Fakta Film Penyalin Cahaya (Instagram/penyalincahaya)

Wregas Bhanuteja selama ini telah dikenal dengan prestasinya dalam menggarap film-film pendek. Sutradara berusia 29 tahun tersebut pernah meraih penghargaan Cannes Film Festival 2016 melalui film pendek berjudul Prenjak. Lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini juga dua kali mendapat Piala Citra untuk kategori Film Pendek Terbaik, yakni tahun 2016 dan 2019.

Penyalin Cahaya rupanya merupakan film panjang pertama Wregas Bhanuteja. Melalui debutnya mengarahkan film panjang tersebut, Wregas telah dianugerahi Piala Citra 2021 sebagai Sutradara Terbaik. Wregas bersama Henricus Pria juga dianugerahi Piala Citra 2021 sebagai Penulis Skenario Terbaik.

5. Shenina Cinnamon Pertama Kali Jadi Pemeran Utama

Baca Juga:
FFI 2021 Digelar 10 November, Ada 4 Kategori Baru

Fakta Film Penyalin Cahaya (Instagram/penyalincahaya)

Selain Wregas Bhanuteja, film Penyalin Cahaya juga kali pertama Shenina Cinnamon menjadi pemeran utama. Selama 4 tahun berkarier sebagai aktris, kekasih Angga Aldi Yunanda tersebut sudah bermain 9 film sebagai pemeran pendukung. Ia juga telah membintangi berbagai webseries dan FTV. Peran utama yang didapatkan Shenina untuk pertama kalinya juga langsung mengantarnya menjadi nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2021.

6. Syuting di Jakarta Selama Pandemi

Fakta Film Penyalin Cahaya (Instagram/penyalincahaya)

Penyalin Cahaya melaksanakan syuting di Jakarta selama 20 hari. Karena syuting di tengah pandemi Covid-19, protokol kesehatan ketat diterapkan selama penggarapan film. Saat menerima penghargaan sebagai Film Cerita Panjang Terbaik, Wregas Bhanuteja selaku sutradara dengan bangga mengatakan bahwa proyeknya nol kasus Covid. Oleh sebab itu, Wregas meyakinkan para sineas Tanah Air untuk terus berkarya kendati keadaan pandemi semakin mempersulit ruang gerak mereka.

7. Jadi 'Penyalin Cinta'

Fakta Film Penyalin Cahaya (Instagram/penyalincahaya)

Nadim Makariem selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi hadir di Festival Film Indonesia 2021 untuk mengumumkan pemenang Piala Citra kategori Film Cerita Panjang Terbaik. Saat membacakan nominasi tersebut, Nadiem menyebutkan judul Penyalin Cahaya menjadi "Penyalin Cinta". Untungnya saat mengumumkan kemenangan Penyalin Cahaya, Nadim tak lagi salah sebut. Kata "Penyalin Cinta" sempat jadi pembicaraan pengguna media sosial dan trending di Twitter pada Rabu (10/11) malam.

Itulah sederet fakta menarik mengenai film Penyalin Cahaya yang semakin bikin penasaran. Sekeren apa sih? Catat tanggal tayangnya, 13 Januari 2022 hanya di Netflix! 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More