Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Album 30 Adele (Instagram/adele)

Matamata.com - Adele akhirnya kembali merilis album pada Jumat (19/11/2021). Judul album terbaru Adele adalah "30" dengan dibuka lagu "Easy on Me" yang rilis terlebih dulu pada 15 Oktober 2021. Kembalinya Adele merilis album setelah 6 tahun tentu sudah amat dinantikan penggemar.

Fakta Album 30 Adele (Instagram/adele)

Berbagai fakta menarik tentang album 30 Adele telah disiapkan redaktur MataMata.com berikut ini. Yuk simak bareng-bareng!

1. Album untuk Putra Adele

Baca Juga:
Lirik Lagu Easy On Me - Adele dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Fakta Album 30 Adele (Instagram/adele)

Album 30 adalah cara Adele menjelaskan tentang perceraiannya kepada sang putra, Angelo, yang baru berusia 9 tahun. Album 30 adalah surat untuk putra Adele. Seperti diketahui, Adele berpisah dari Simon Konecki pada 2019 dan telah resmi bercerai di bulan Maret 2021.

Adele mengungkap bahwa sang putra terus mempertanyakan alasan sang ayah tak lagi tinggal bersama mereka. Adele yang tidak menjawab pertanyaan tersebut kemudian menuangkannya melalui album 30. Di album 30, Adele mengungkap bahwa dirinya adalah sumber masalah dalam rumah tangganya dengan Simon Konecki. Namun album 30 bukan mengenai perpisahannya dengan mantan suami saja, melainkan proses Adele bercerai dari diri sendiri. Adele juga ingin album 30 menjadi refleksinya dan caranya menerima keadaan.

2. Nama Album 30

Baca Juga:
10 Rekomendasi Lagu Adele Buat Ngegalau, Cocok Didengerin saat Putus Cinta

Fakta Album 30 Adele (Instagram/adele)

Adele selama ini dikenal menggunakan angka sebagai nama album. Bukan tanpa sebab, angka-angka tersebut merupakan usia Adele saat merekam lagu-lagu dalam albumnya. Tahun 2021 ini, Adele telah berusia 33 tahun, sehingga album ini diduga telah disiapkan sejak 2018.

Dalam sebuah wawancara, Adele mengaku memilih 30 karena itu adalah usia ketika ia mencoba yang terbaik untuk melewati kehidupannya yang rumit. Sebelum album 30, Adele merilis album 25 pada 2015. Album 30 sendiri adalah album studio keempat Adele.

3. 12 Lagu di Album 30

Baca Juga:
10 Potret Transformasi Adele yang Makin Ramping, Siap Comeback!

Fakta Album 30 Adele (Instagram/adele)

Dirilis pada 19 November 2021, album 30 berisi 12 lagu yang diawali "Strangers by Nature". Kendati begitu, album 30 diawali single "Easy On Me" pada 15 Oktober 2021. Selanjutnya lagu "My Little Love" yang memunculkan rekaman suara Adele bersama sang putra di album tersebut. Selama ini Adele menjaga kehidupan pribadinya sehingga rekaman tersebut begitu berarti bagi penggemar. Di akhir lagu "My Little Love", terdapat suara monolog Adele yang menceritakan perpisahan sambil menangis sesenggukan.

Album 30 juga berisi lagu "Cry Your Heart Out", "Oh My God", "Can I Get It", "I Drink Wine", "All Night Parking", Woman Like Me", "Hold On", "To Be Loved", dan "Love Is A Game. Lagu-lagu tersebut ditulis Adele sejak tahun 2018 bersama Greg Kurstin, Tobias Jesso Jr., Max Martin, dan Shellback. Produser-produser tersebut juga bekerja sama dengan Adele di album 25.

4. Album 30 Terdiri 4 Bagian

Baca Juga:
6 Lagu Populer Adele Jelang Rilis Single Terbaru 'Easy On Me'

Fakta Album 30 Adele (Instagram/adele)

Adele menghadirkan berbagai macam lagu di album 30 sehingga dapat dibagi menjadi 4 bagian. Lagu sedih, dilanjutkan dengan nada gembira, tenang, dan kembali sedih masing-masing sebanyak 3 lagu. Berbagai genre juga disajikan Adele dalam album 30, yakni nuansa lullaby, beralih ke musik soul, beat, kemudian mendayu.

5. Pujian dari Kritikus Musik

Fakta Album 30 Adele (Instagram/adele)

Album 30 Adele mendapat ulasan positif dari sejumlah kritikus musik. Salah satunya Rob Sheffield yang merupakan penulis Rolling Stone. Menurut Rob, "30" merupakan album terbaik Adele karena terdengar lebih hidup. Adele dinilai menyampaikan perasaan lebih jujur sehingga membuat para pendengar mudah tersentuh.

Demikian berbagai fakta mengenai album Adele terbaru yang sudah dirilis melalui platform streaming resmi. Sudah dengarkan album 30? 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More