Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Film Tentang Mental Illness. (IMDb)

Matamata.com - Beberapa tahun ke belakang kesadaran akan pentingnya kesehatan mental kian meningkat di masyarakat. Kesadaran ini semakin tinggi dengan banyaknya sutradara yang menggarap film tentang mental illness.

Sebelumnya masalah mental illness atau gangguan mental kerap dikaitkan dengan keimanan seseorang. ‘Kamu kurang iman sih,’ kalimat ini mungkin terdengar akrab ketika seseorang mengungkapkan kegelisahan yang tiba-tiba dirasakan kepada orang lain. Ya, lemahnya iman sering kali dikaitkan dengan gangguan mental yang dialami seseorang.

Padahal masalah mental illness ini adalah penyakit, sama halnya seperti penyakit yang menyerang tubuh. Bedanya bagian yang diserang oleh penyakit ini adalah jiwa seseorang yang pada akhirnya akan memengaruhi pikiran, perasaan, hingga perilaku.

Baca Juga:
5 Film Nirina Zubir: 'Ali & Ratu Ratu Queens' sampai 'Paranoia'

Kesadaran akan pentingnya kesehatan mental salah satunya adalah karena banyaknya film yang mengangkat isu mental illness. Nah berikut ini Matamata.com sudah himpun beberapa rekomendasi film tentang mental illness yang bisa kamu jadikan referensi untuk mempelajari mental illness.

1. A Beautiful Mind (2001)

Film Tentang Mental Illness. (IMDb)

Film ini diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh John Nash, ia adalah peraih nobel di bidang ekonomi. Namun siapa sangka ia harus berjuang melawan gangguan kejiwaan yang ia derita. John Nash menderita Skizofrenia Paranoid, kondisi ini membuat John Nash tidak bisa membedakan realita dan khayalan. Hal ini ditandai dengan halusinasi yang dialami olehnya. Ia dapat melihat dan mendengar apa yang tidak bisa dilihat dan didengar orang lain.

Baca Juga:
4 Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan, Dijamin Bikin Termotivasi

Dibintangi oleh Russell Crowe dan Jennifer Connelly, film ini membuat publik sadar akan kesulitan yang dialami oleh John Nash selama kuliah hingga berhasil meraih nobel di bidang ekonomi. Kisah John Nash ini selain membuat sadar pada isu mental illness juga menginspirasi karena meskipun mengidap Skizofrenia Paranoid ia tetap mampu meraih nobel.

2. Black Swan (2010)

Film Tentang Mental Illness. (IMDb)

Black Swan adalah film yang dibintangi oleh Natalie Portman. Berkisah tentang seorang balerina bernama Nina Sayers yang mengalami halusinasi serta Anoreksia. Penyakit mental yang ia alami ini karena tekanan selama ia berjuang dan bersaing untuk menjadi memerankan Black Swan. Ambisi Nina terlalu besar sampai ia merusak kuku kakinya. 

Baca Juga:
Sinopsis Film Bunty Aur Babli 2, Tayang Mulai 19 November 2021

Lewat Nina penonton akan dibuat mengerti bahwa, ambisi besar tanpa mental yang stabil dan kuat akan membawa dampak mengerikan bagi diri sendiri.

3. Silver Lining Playbook (2012)

Film Tentang Mental Illness. (IMDb)

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang diperankan oleh Bradley Cooper sebagai Pat. Ia adalah penderita Bipolar Disorder, penyakit gangguan perasaan atau mood. Penderita Bipolar Disorder akan dapat dengan mudah berganti suasana hati secara ekstrem. Ia awalnya bisa sangat bahagia tapi dalam sekejap ia juga bisa sangat sedih dan depresi. Penyakit ini juga diidap oleh artis tanah air, Marshanda.

Baca Juga:
10 Film Marvel yang Dapat Rating Buruk, Eternals Geser Thor: The Dark World

Silver Lining Playbook berkisah tentang Pat yang harus masuk rumah sakit jiwa karena memukuli selingkuhan sang istri. Setelah keluar dari rumah sakit jiwa, ia kembali ke keluarganya. Perjuangan Pat untuk sembuh ini dibantu dengan janda yang baru ditinggal mati Tiffany yang diperankan oleh Jennifer Lawrence. Dalam film ini penonton akan menyadari bahwa support system dari keluarga dan orang terdekat punya peran penting bagi kesembuhan pasien dengan mental illness.

4. Joker (2019)

Film Tentang Mental Illness. (IMDb)

Siapa yang belum nonton film Joker? Film yang sangat booming ini sudah begitu menyita perhatian publik sejak rilis. Film arahan Todd Phillips bercerita tentang kehidupan Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) yang penuh masa lalu kelam hingga membuatnya menjadi sosok villain bernama Joker. Arthur Fleck ini digambarkan sebagai pengidap Skizofrenia dan Pseudobulbar Affect (PBA).

Hal ini diperparah dengan perundungan yang ia terima. Inilah yang memicu dirinya menjadi penjahat bengis. Lewat film ini juga bertebaran meme dengan tulisan, ‘Orang jahat sejatinya adalah orang baik yang selalu disakiti.’ Hal ini tentunya akan membuat publik sadar bahwa perlakuan kepada orang lain bisa membawa dampak yang menakutkan.

5. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Film Tentang Mental Illness. (IMDb)

Kali ini film mental illness datang dari industri perfilman Indonesia. Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini mengisahkan kisah tentang kehidupan keluarga. Sekilas mungkin film arahan Angga D. Sasongko ini berkisah tentang konflik keluarga biasa.

Tetapi ternyata sebuah masa lalu kelam yang dialami sang ayah adalah penyebab kesehatan mental yang ia alami. Hal ini juga yang membuat ketiga anaknya punya kepribadian yang berbeda hingga pada akhirnya menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja.

6. Kim Ji Young Born 1982

Film Tentang Mental Illness. (IMDb)

Film asal Korea Selatan ini menjelaskan tentang kisah perempuan karier bernama Kim Ji Young (Jung Yumi) yang harus mengalami Postpartum Depression usai melahirkan. Pekerjaan rumah tangga yang melelahkan dan tidak ada habisnya dan selalu berulang setiap hari mulai membuat Ji Young sakit.

Mentalnya mulai sakit, sebenarnya kesehatan mental Ji Young sudah mulai terganggu ketika ia mengalami pelecehan seksual ketika pulang sekolah. Bukannya dilindungi, ayahnya justru menyalahkannya karena berpenampilan menggoda.

Ji Young sejatinya punya suami yang suportif, tetapi itu tidak cukup untuk membebaskan Ji Young dari depresi. Lewat film ini penonton bisa melihat betapa rentannya kondisi mental seseorang dan betapa kuatnya pengaruh masa lalu yang tersimpan dalam alam bawah sadar seseorang.

Itulah tadi 6 rekomendasi film tentang mental illness yang bisa menambah wawasan dan kesadaran akan pentingnya memahami masalah kesehatan mental dan gangguan mental. Dari rekomendasi film tadi, mana yang sudah kamu tonton atau yang ingin kamu tonton?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More