Yohanes Endra | MataMata.com
Film Tentang Perjuangan Guru (IMDb)

Matamata.com - Meskipun terkesan remeh, menjadi seorang guru sama sekali tidak mudah, lho. Mereka yang menggeluti profesi ini tak hanya membutuhkan pengetahuan dan gelar sebagai sarjana pendidikan, tetapi juga kesabaran ekstra dan mental yang tangguh dalam menghadapi murid-murid yang beragam, lho.

Begitu besarnya peran seorang guru dan beratnya tanggung jawab mereka, pemerintah Indonesia pun menetapkan adanya Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November mendatang untuk menghargai jasa para pendidik ini.

Untuk alasan yang tak jauh berbeda, para produsen film dari berbagai negara juga sudah membuat beragam film yang menceritakan perjuangan seorang guru dalam mendidik murid-muridnya, lho. Cara mereka menggambarkan kisah para guru tersebut dijamin akan membuat kalian ikut terbawa emosi. Yuk coba tonton beberapa daftar film tentang perjuangan guru berikut ini!

Baca Juga:
Tak Banyak yang Tahu! 10 Artis Ini Ternyata Anak Guru, Lho

1. Dead Poet’s Society (1989)

Film Tentang Perjuangan Guru (IMDb)

Film lawas berjudul Dead Poet’s Society ini seakan nggak ada matinya. Bahkan, film ini seakan jadi tontonan wajib setiap generasi dari tahun ke tahun, lho. Pasalnya, kalian akan menyaksikan John Keating (Robin Williams) yang memiliki teknik mengajar yang unik.

Sebagai guru Sastra Inggris, John Keating mengajak murid-muridnya untuk berpikir bebas, merangsang kreativitas mereka, dan membiarkan mereka menjadi apapun yang mereka inginkan hingga akhirnya membawa perubahan positif.

Baca Juga:
4 Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan, Dijamin Bikin Termotivasi

Namun, pola ajar John Keating tersebut tentu saja menuai kecaman dari pihak sekolah dan orang tua yang menuntut murid-murid tersebut menjadi sosok yang sempurna seusia idealisme mereka.

2. Taare Zameen Par (2007)

Film Tentang Perjuangan Guru (IMDb)

Beralih ke masa yang lebih modern di India, film Taare Zameen Par yang tayang di tahun 2007 ini juga mengkritiki idealisme dan standar pendidikan serta menekankan pentingnya peran guru dan orang tua dalam pendidikan anak.

Baca Juga:
3 Artis Jadi Guru Vokal, Dua Diantaranya Jebolan Indonesian Idol

Dalam film ini, kalian akan menyaksikan kisah Ram, seorang guru kesenian yang berusaha membantu salah satu muridnya yang bernama Ishaan. Berkat dorongan dan ketelatenan Ram, Ishaan yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis tersebut akhirnya bisa menumbuhkan kepercayaan dirinya.

Selain itu, ia juga akhirnya berhasil mengembangkan bakat terpendamnya yang begitu luar biasa. Film mengharukan tentang perjuangan Ram ini dijamin akan membuat kalian tak berhenti menahan haru.

3. Sokola Rimba (2013)

Film Tentang Perjuangan Guru (IMDb)

Film tentang perjuangan guru dari Indonesia juga tak kalah seru, lho. Salah satunya adalah film Sokola Rimba yang diangkat dari kisah nyata Butet Manurung. Dalam film ini, kalian akan melihat perjuangan Butet Manurung yang diperankan oleh Prisia Nasution untuk mencerdaskan anak-anak Suku Anak Dalam di kedalaman hutan di Jambi seorang diri.

Sayangnya, ketulusan Butet tersebut berseberangan dengan kepercayaan masyarakat setempat yang menyakini kalau pengetahuan baca-tulis hanya akan membawa petaka bagi kampung mereka. Meskipun demikian, Butet tak pantang menyerah dan terus memperluas wilayah ajarnya.

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film Tentang Perjuangan Guru (IMDb)

Tak kalah menarik, film berjudul Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang mengisahkan perjuangan pahlawan nasional Tjokroaminoto dalam mencerdaskan bangsa Indonesia. Sebagai seorang bangsawan yang hidup layak dan mendapatkan pendidikan memadai, Tjokroaminoto merasa miris dengan kemiskinan dan kurangnya pendidikan di sekitarnya. Karena itulah, ia mendirikan sekolah rakyat untuk masyarakat biasa.

5. Hichki (2018)

Film Tentang Perjuangan Guru (IMDb)

Industri film Bollywood memang jago dalam membuat film inspiratif tentang guru. Salah satunya adalah film Hichki yang tayang pada tahun 2018 lalu. Film ini berkisah tentang Naina Mathur (Rani Mukherjee) yang punya sindrom Tourette yang membuatnya sering cegukan.

Karena itulah, ia selalu ditolak oleh banyak sekolah meskipun ia mengantongi gelar sarjana pendidikan. Pada akhirnya, ia diterima di sekolah St. Noker’s dan ditugaskan untuk mengajar anak-anak bandel dari keluarga kurang mampu.

Tentu saja, Naina sangat kesulitan dalam mengajar, terlebih dengan cegukannya. Alih-alih menyerah, kesulitan tersebut justru semakin mengobarkan tekadnya untuk bisa mendisiplinkan murid-muridnya dan menjadikan mereka sebagai murid yang berprestasi.

Itulah lima film tentang perjuangan guru yang akan membuat kalian larut dalam emosi. Jangan hanya ditonton, teladani juga kisah para guru tersebut, ya!

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More