Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Film Akhirat: A Love Story (IMDb)

Matamata.com - Film Akhirat: A Love Story mulai tayang di bioskop sejak Kamis (2/12/2021). Dibintangi Adipati Dolken dan Della Dartyan, film Akhirat: A Love Story berkisah tentang pasangan beda agama. Garis cerita serupa pernah diangkat beberapa film Indonesia, lantas apa yang membuat film Akhirat: A Love Story berbeda?

Fakta Film Akhirat: A Love Story (IMDb)

Simak berbagai fakta menarik tentang Akhirat: A Love Story untuk meyakinkanmu nonton film ini. Atau bagi yang sudah menonton Akhirat: A Love Sove Story, berbagai fakta berikut ini bisa jadi belum kamu ketahui. Penasaran? Langsung saja yuk!

1. Genre Romansa - Fantasi Pertama

Baca Juga:
11 Film Adipati Dolken yang Wajib Ditonton, Terbaru Akhirat: A Love Story

Fakta Film Akhirat: A Love Story (IMDb)

Kisah pasangan beda agama beberapa kali diangkat film Indonesia. Namun Akhirat: A Love Story menyajikan cerita yang berbeda dengan tema romansa fantasi yang baru pertama kali dibuat di Indonesia oleh Jason Iskandar selaku sutradara sekaligus penulis naskah. 'Solusi' dari perbedaan agama dari pemeran utama digambarkan dalam sebuah kehidupan abadi setelah kematian.

2. Debut Film Panjang Sutradara

Fakta Film Akhirat: A Love Story (IMDb)

Jason Iskandar selama ini dikenal sebagai sutradara film-film pendek dengan banyak prestasi. Territorial Pissings karya Jason Iskandar menjadi Film Pendek Terbaik Jogja-Netpac Asian Film Festival 2010, Elegi Melodi juga masuk sebagai nominasi Festival Film Indonesia 2018. Film Quarantine Tales (2020) juga menggaet Jason sebagai sutradara segmen Prankster.

Baca Juga:
Profil Adipati Dolken, Pemain Film Akhirat: A Love Story

Untuk membuat Akhirat: A Love Story, Jason Iskandar mengerjakan naskahnya selama 2 tahun. Film tersebut juga merupakan debut film panjang Jason setelah membuat 11 film pendek sejak 2007 silam.

3. Pengalaman Pribadi Della Dartyan

Fakta Film Akhirat: A Love Story (IMDb)

Pacaran beda agama merupakan pengalaman yang banyak dirasakan pasangan di Indonesia. Salah satunya Della Dartyan sebagai pemeran utama Mentari di film Akhirat: A Love Story.

Baca Juga:
Sinopsis Akhirat A Love Story, Kisah Pilu Adipati Dolken dan Della Dartyan

Meski pernah mengalami cinta beda agama selama 6 tahun, Della justru merasa kesulitan memerankan sosok Mentari yang hampir mirip dengannya. Tak hanya soal pacaran beda agama, Della juga pernah belajar melukis seperti profesi Mentari sebagai ilustrator di film. Della dan 'Mentari' juga sama-sama anak tunggal.

4. Film Kedua Della Dartyan dan Adipati Dolken

Fakta Film Akhirat: A Love Story (IMDb)

Della Dartyan dan Adipati Dolken sebelumnya pernah menjadi lawan main di film Love For Sale 2 (2019). Oleh sebab itu, keduanya mengaku tidak kesulitan membangun chemistry. Apalagi di dunia nyata, Della dan Adipati telah bersahabat selama 6 tahun sehingga chemistry lebih mudah dibangun dengan intensitas diskusi.

5. Syuting Sempat Ditunda

Fakta Film Akhirat: A Love Story (IMDb)

Film Akhirat: A Love Story seharusnya memulai produksi pada April 2020. Namun karena pandemi COVID-19 kala itu, proses produksi ditunda hingga Agustus. Proses syuting berlangsung selama satu bulan dengan protokol kesehatan ketat.

6. Dapat Bantuan Pemerintah

Fakta Film Akhirat: A Love Story (IMDb)

Akhirat: A Love Story diproduksi oleh BASE Entertainment dan Studio Antelope di bawah PT Lingkar Pratama mendapat bantuan pemerintah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Perusahaan tersebut merupakan satu dari 22 penerima bantuan untuk promosi film sebesar Rp1,5 miliar dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dampak pandemi COVID-19.

7. Film Pertama BASE Entertainment di Bioskop

Fakta Film Akhirat: A Love Story (IMDb)

BASE Entertainment selaku rumah produksi film Akhirat: A Love Story baru menayangkan dua film selama pandemi COVID-19. Film pertama yakni Guru Guru Gokil tayang di Netflix karena kondisi bioskop yang kala itu belum sepenuhnya beroperasi. BASE Entertainment akhirnya merilis Akhirat: A Love Story di bioskop pada 2 Desember 2021 bersama banyaknya film-film Indonesia yang perlahan bangkit.

Film Akhirat: A Love Story sendiri berkisah tentang Timur (Adipati Dolken) dan Mentari (Della Dartyan) yang menjalin hubungan beda agama. Awalnya hubungan mereka disembunyikan dari keluarga dan rekan-rekan. Namun ketika memutuskan terbuka, keluarga Timur dan Mentari sama-sama tidak setuju dengan perbedaan tersebut.

Suatu waktu, Timur dan Mentari mengalami kecelakaan yang membuat keduanya koma. Kondisi tersebut membuat Timur dan Mentari berada di kehidupan sebelum kematian. Di kehidupan tersebut, mereka tidak dianggap berbeda seperti ketika di dunia. Akankah Timur dan Mentari memilih tetap berada di kehidupan 'baru' yang lebih menerima mereka itu? Tonton selengkapnya di bioskop ya! 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More