Nur Khotimah | MataMata.com
Fakta Film Yuni. (Instagram/@kamilandini)

Matamata.com - Film "Yuni" akhirnya bisa disaksikan di bioskop Tanah Air mulai 9 Desember 2021. Ditulis dan disutradarai oleh Kamila Andini, ada beberapa fakta film "Yuni" yang perlu kamu ketahui sebelum menontonnya di bioskop.

Film "Yuni" menceritakan tentang Yuni, gadis cerdas dengan impian besar untuk kuliah. Yuni bahkan menolak lamaran dari dua pria yang datang ke rumahnya. Yuni ditakuti-takuti bahwa perempuan tidak akan pernah menikah jika sampai tiga kali menolak lamaran.

Fakta Film Yuni. (Instagram/@kamilandini)

Sementara impiannya masih sama, Yuna mulai tertekan ketika datang pria ketiga untuk melamarnya. Yuni pun harus memilih antara mempercayai mitos tersebut atau tetap mengejar impiannya.

Baca Juga:
8 Tahun Terpisah, Lucinta Luna Pangling Ketemu Juwita Bahar: Dewasa Banget!

Film "Yuni" dibintangi Arawinda Kirana sebagai pemeran utama. Selain itu juga ada Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Marissa Anita, Asmara Abigail, Muhammad Khan, Nazla Thoyib, Neneng Risma, Ayu Laksmi, hingga Sekar Sari.

Sebelum tayang di bioskop, Yuni telah mencetak sejumlah prestasi membanggakan di beberapa festival film. Film ini juga masuk nominasi Piala Oscar 2022, lho. Berikut deretan fakta film Yuni yang wajib kamu kepoin!

1. Angkat Isu Nikah Muda

Baca Juga:
Sule Ditantang Bikin Badan Jadi Kekar, Bakal Dikasih Rp 200 Juta!

Fakta Film Yuni. (Instagram/@kamilandini)

Film "Yuni" sebenarnya dibuat untuk menyoroti isu nikah muda yang banyak dijumpai di Tanah Air. Ifa Isfansyah selaku produser sempat berbagi melalui postingan Instagram pribadinya bahwa proyek ini diinisiasi pada 2017. Kamila Andini sendiri merupakan istri Ifa.

Ide cerita muncul ketika asisten rumah tangga mereka yang masih cukup muda pamit untuk pulang kampung dengan alasan cukup mengejutkan. Sang asisten berkata bahwa ia segera menjadi nenek karena anaknya yang masih berusia belasan tahun akan melahirkan. Andini pun terdorong mengangkat isu nikah muda dalam filmnya.

2. Ikut Digarap Rumah Produksi Luar Negeri

Baca Juga:
LIVE: Rachel Vennya Jalani Sidang Perdana Kasus Kabur Karantina

Fakta Film Yuni. (Instagram/@kamilandini)

"Yuni" diproduksi Fourcolours Films dan Starvision Plus bersama Akanga Film Asia dari Singapura, Manny Films dari Perancis, dan Kedai Film dari Indonesia, serta didukung oleh Cercamon World Sales.

Selain Infocomm Media Development Authority (IMDA), sejumlah perusahaan asing juga turut mendanai film ini. Diantaranya adalah Singapore Film Commission, Aide Aux Cinémas Du Monde CNC France, Visions Sud Est Switzerland, Purin Pictures Thailand, MPA-APSA Academy Film Fund Australia hingga Torino Film Lab Italia.

3. Gunakan Bahasa Daerah

Baca Juga:
8 Momen Buka Kado Baby Rayyanza Malik Ahmad, Banjir Barang Branded!

Fakta Film Yuni. (Instagram/@kamilandini)

"Yuni" menggunakan dialek Jaseng atau Jawa-Serang yang kental dengan melibatkan para pemain dan kru lokal. Kamila memilih dialek tersebut didasarkan pada minimnya film panjang yang menggunakan bahasa daerah Banten.

Penggunaan bahasa daerah seperti Jawa mungkin kerap dijumpai di film. Namun nyaris tidak ada film yang menggunakan bahasa daerah dengan dialek Jaseng. Ini menjadi salah satu daya tarik yang fresh dari film "Yuni".

4. Tayang Perdana di Festival Film

Fakta Film Yuni. (Instagram/@kamilandini)

Sebelum dirilis secara komersial di bioskop Tanah Air, Yuni telah diputar di berbagai festival film internasional. Film kolaborasi Fourcolours Films dan Starvision itu bahkan mendapatkan nominasi di sejumlah ajang penghargaan.

"Yuni" tayang perdana di ajang Festival Film Internasional Busan 2021 dalam program A Window on Asian Cinema. Beberapa film Tanah Air lainnya yang diputar di festival tersebut antara lain "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas", "Penyalin Cahaya", dan "Laut Memanggilku".

5. Menang Banyak Penghargaan

Fakta Film Yuni. (Instagram/@kamilandini)

"Yuni" berhasil memenangkan beberapa penghargaan. Film ini menyabet trofi Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021 serta Snow Leopard untuk Aktris Terbaik di Asian World Film Festival 2021.
"Yuni" juga mendapatkan 14 nominasi Festival Film Indonesia 2021 atau Piala Citra. Arawinda Kirana berhasil memenangkan Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik. "Yuni" juga mengantongi Silver Hanoman di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021.

6. Masuk Nominasi Oscar 2022

Fakta Film Yuni. (Instagram/@kamilandini)

"Yuni" membanggakan industri perfilman Tanah Air dengan menjadi perwakilan Indonesia untuk kategori Best International Feature Film di ajang penghargaan Academy Awards ke-94 atau Piala Oscar 2022. Meski saingan tidak mudah, film ini diharapkan bisa mengharumkan bangsa.

Nah, itu dia sederet fakta film Yuni yang sudah tayang di bioskop Tanah Air. Kamu sudah nonton, belum?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More