Nur Khotimah | MataMata.com
Ilustrasi rak dinding. (Istimewa)

Matamata.com - Rak dinding adalah salah satu inovasi perabot yang memanfaatkan penggunaan dinding untuk menghemat tempat. Tidak heran, pemakaian rak dinding ini semakin digemari banyak orang karena menawarkan solusi untuk memaksimalkan ruangan dan membuatnya terlihat estetik.

Namun, bagaimana cara memasang rak dinding yang tepat agar berfungsi secara maksimal? Berikut ini kami punya beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Memilih Tempat Rak Dinding akan Dipasang

Baca Juga:
Kangen Doni Salmanan yang Sedang Ditahan, Dinan Fajrina Pamer Video Mesra Bareng Suami: Meleyot

Pertama-tama adalah menentukan tempat untuk memasang rak dinding. Hindari memasang rak di dekat pintu dan bagian yang sering dilalui karena berisiko untuk menabraknya.

Bila kamu menggunakan rak dinding untuk meletakkan buku dan majalah, maka kamu bisa memasangnya di ruang keluarga dan ruang tamu. Namun, bila ingin meletakkan bumbu dapur, maka letakkan di dinding area masak.

2. Ketahui ukuran ruangan dan rak

Baca Juga:
Desta Syok Lihat Armand Maulana Tak Pakai Kacamata: Kayak Tuyul

Agar tidak salah memilih model rak, pastikan kamu mengukur ruangan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih mudah mengetahui ukuran rak yang cocok.

Setelah itu, cari tahu tempat untuk memasang rak tersebut. Pastikan kamu memasangnya tidak terlalu tinggi atau rendah. Bila sudah mengetahui tempat untuk meletakkan rak dinding, berikan penanda agar kamu lebih mudah memasang rak dengan rapi dan tidak miring.

3. Pasang Siku Rak

Baca Juga:
Momen Nissa Sabyan Manggung Jadi Perbincangan, Auranya Disorot

Siku rak berguna sebagai penyangga agar tidak mudah jatuh. Nah, bila kamu memerlukan rak untuk menampung beban berat, pilihlah siku yang kuat, seperti siku berbahan besi atau kayu solid. Selain itu, pastikan kamu memasangnya dengan tepat supaya siku rak tidak goyah dan tetap stabil.

4. Pasang Papan Tambahan

Agar rak tidak mudah jatuh dan semakin kuat, kamu boleh menempelkan papan tambahan di bawah rak kayu. Pastikan ukuran panjang papan pas dengan rak dinding yang kamu miliki. Namun, bila kamu menggunakan rak besi, maka kamu tidak perlu menambahkan apa pun karena sudah cukup kuat.

Baca Juga:
Rafathar Ngamuk, Sopir Raffi Ahmad Emosi: Kebanyakan Drama, Pasti Ada Maunya!

Itu dia cara mudah dan aman memasang rak dinding. Nah, kamu bisa menemukan berbagai model rak dinding idaman untuk menghias rumah hanya melalui Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai perabot dan dekorasi terbaik untuk berbagai model hunain dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Load More