Yohanes Endra | MataMata.com
Film Indonesia Bertema Mudik (IMDb/Sampai Jadi Debu)

Matamata.com - Sebentar lagi umat muslim akan segera menyambut hari kemenangan. Setelah menjalani puasa ramadhan selama satu bulan penuh, datanglah momen hari raya idul fitri. 

Salah satu tradisi yang begitu melekat saat menyambut lebaran adalah mudik. Sayangnya tidak semua orang bisa pulang kampung setiap tahunnya. Bagi yang rindu kampung halaman namun tak bisa mudik, berikut ada sederet film bertema mudik. 

Meski tak bisa kumpul bareng keluarga besar, film berikut bisa jadi rekomendasi tontonan saat libur lebaran. Apa saja film bertema mudiknya? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Baca Juga:
10 Momen Jirayut Mudik ke Thailand, Girang Akhirnya Bisa Pulang Kampung usai 3 Tahun

1. 3 Hari Untuk Selamanya (2007)

Film Indonesia Bertema Mudik (IMDb/3 Hari Untuk Selamanya)

3 Hari Untuk Selamanya merupakan film karya sutradara Riri Riza yang rilis pada tahun 2007. 
Film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Adinia Wirasti ini menceritakan Yusuf dan Ambar yang mudik ke Yogyakarta. Perjalanan yang dilakukan dari Jakarta tersebut normalnya hanya memakai waktu satu hari. Namun mereka malah menghabiskan waktu tiga hari di jalanan. Mereka pun harus memutar otak agar dapat menghadiri pernikahan kakak Ambar yang digelar 3 hari lagi. 

2. Mudik Lebaran (2011) 

Baca Juga:
Indah Permatasari Diduga Hamil, Potret Mudik Naik Kapal Jadi Sorotan

Film Indonesia Bertema Mudik (IMDb/Mudik Lebaran)

Film Mudik Lebaran mengisahkan tentang seorang pria bernama Gunadi yang diminta pulang kampung. Tokoh yang diperankan oleh Irwansyah tersebut sudah tiga tahun tidak bertemu orang tuanya. Selain Gunadi, film ini juga menceritakan beberapa tokoh yang dihadapkan dengan konflik masing-masing menjelang lebaran. 

3. Mencari Hilal (2015) 

Film Indonesia Bertema Mudik (IMDb/Mencari Hilal)

Selanjutnya ada film Mencari Hilal yang dibintangi oleh Oka Antara dan Deddy Sutomo. Kisahnya berfokus pada sosok Heli (Oka Antara) yang pulang kampung karena harus mengurus paspor. Namun, konflik lama dengan sang ayah membuat kepulangan Heli tak berbuah baik. Heli malah diminta kakaknya untuk menemani sang ayah mencari hilal jika ingin mendapatkan paspor. 

Baca Juga:
4 Artis Rayakan Natal di Luar Negeri, Darius Sinathrya Mudik ke Swiss

4. Batal Mudik (2016) 

Film Indonesia Bertema Mudik (YouTube/Film Maker Muslim - FMM Studios)

Batal Mudik merupakan film yang menceritakan Amin yang dilema antara harus Mudik atau tidak. Penyebabnya Amin enggan Mudik adalah konflik dengan sang ayah yang membuatnya enggan meminta maaf.  Film pendek bertema mudik ini mendapatkan ulasan positif dari penonton lho. 

5. Pulanglah (2018) 

Baca Juga:
Profil Mbah Minto, YouTuber Parodi Gagal Mudik yang Baru Saja Meninggal

Film Indonesia Bertema Mudik (YouTube/Mattuju Pictures)

Pulanglah merupakan film pendek karya sineas Andi Syahwal Mattuju. Menceritakan kisah Rio seorang pemuda yang mengejar cita-cita hingga lupa pulang ke rumah. Setelah beberapa tahun tak pulang, akhirnya Rio memutuskan untuk mudik dan menemui ibu dan adiknya. 

6. Mudik (2019) 

Film Indonesia Bertema Mudik (IMDb/Mudik)

Film ini menceritakan tentang sepasang suami istri yang pulang kampung dalam kondisi mengalami pergolakan batin. Kisah Firman (Ibnu Jamil) dan Aida (Putri Ayudya) ini merupakan karya Adriyanto. 

7. Sampai Jadi Debu (2021)

Film Indonesia Bertema Mudik (IMDb/Sampai Jadi Debu)

Berikutnya ada film Sampai Jadi Debu yang dibintangi oleh Cut Mini, Yasamin Jasem, dan Wafda Saifan. Film ini mengisahkan tentang sebuah keluarga dimana sang ibu mengidap Alzheimer.  Pada kondisi tua renta seperti itulah, sang ibu membutuhkan anak-anak untuk merawatnya. 

8. Pulang (2022) 

Film Indonesia Bertema Mudik (IMDb/Pulang)

Yang terbaru ada film karya sutradara Azhar Kinoi Lubis. Dibintangi oleh Imelda Therinne dan Tinggi Agus Rahman, film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang pulang ke rumah eyang. Meski kepulangan mereka bukan saat lebaran, namun perjalanan ke kampung halaman tersebut memberikan banyak pelajaran. Film ini baru rilis 2 April 2022 lalu lho. 

Nah, itu dia rekomendasi film yang dapat dijadikan tontonan saat lebaran nanti. Boleh banget nih nontonnya bareng keluarga atau orang terkasih.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More