Ade Wismoyo | MataMata.com
Potret Sarwendah Liburan Bareng Anak di Bali. (Instagram/sarwendah92)

Matamata.com - Menikah dengan Ruben Onsu tak membuat Sarwendah berpangku tangan, ia punya banyak bisnis yang menambah pundi-pundi kekayaannya. Usaha yang digeluti oleh mantan member Cherrybelle ini juga cukup beragam mulai dari fashion, kuliner, hingga perawatan kuku. Bisnis tersebut menjadi sumber kekayaan Sarwendah.

Di balik sosoknya yang dikenal sederhana, Sarwendah juga merupakan sosok pekerja keras. Ibu tiga orang anak ini sering membuat kagum publik dengan kepribadiannya yang low profile meski punya banyak harta kekayaan.

Sarwendah yang kerap tampil berdaster dan belanja di pasar tradisional ini ternyata punya banyak bisnis yang dikelolanya. Hal ini membuatnya bisa menghasilkan uang sendiri sehingga tidak melulu mengandalkan nafkah dari Ruben.

Baca Juga:
11 Potret Terbaru Kana Sybilla Anak Zaskia Adya Mecca Baru Lulus SD

Penasaran apa saja bisnis yang jadi sumber penghasilan Sarwendah? Biar nggak makin penasaran simak daftarnya berikut ini.

1. Jualan daster

Sumber Kekayaan Sarwendah. (Instagram/sarwendah29)

Hobi Sarwendah memakai daster pasti sudah banyak yang tahu. Ia memanfaatkan hobinya ini sebagai ladang bisnis. Sarwendah berjualan daster dengan nama Daster Asli Sarwendah. Daster-daster yang ia jual ini punya banyak model dan motif, harganya juga relatif ramah di kantong.

Baca Juga:
6 Fakta Perjalanan Cinta Citra Kirana dan Rezky Aditya yang Diterpa Cobaan

2. Sepatu lokal

Sumber Kekayaan Sarwendah. (Instagram/sarwendah29)

Masih dari dunia fashion, Sarwendah mengembangkan bisnis sepatu lokal dengan nama Swily by Sarwendah. Bisnis ini masih baru karena mulai dipasarkan pada bulan April 2022 kemarin. Ia mengajak pengrajin sandal dan sepatu lokal untuk bisnis barunya ini. Beragam model seperti sandal, heels, hingga sepatu pesta ditawarkan oleh Sarwendah dengan harga yang bervariasi.

3. Makanan rumahan

Baca Juga:
Pencarian Eril Masuk Hari Keenam, Tina Toon Cerita Pengalaman Serupa: Hampir Enggak Sadar

Sumber Kekayaan Sarwendah. (Instagram/sarwendah29)

Sejak menikah dengan Ruben, Sarwendah memang lebih banyak fokus mengurus rumah tangga. Hobinya dalam memasak lagi-lagi menjadi sumber kekayaannya. Ia membuka bisnis kuliner masakan rumahan dengan merek dagang Resep Sarwendah. Ada beragam menu khas masakan rumah yang bisa dicoba mulai dari cumi-cumi, kentang krispi, bawang kriuk, hingga jengkol balado. Bisnisnya ini sudah dimulai sejak 2019 dan dipasarkan secara online dengan harga beragam.

4. Minuman sehat

Sumber Kekayaan Sarwendah. (Instagram/sarwendah29)

Di antara banyaknya bisnis minuman kekinian, Sarwendah tertarik membuat bisnis minuman sehat. Ia membuka bisnis baru dengan nama Sarwendah Juice yang menjual aneka jus kesehatan yang diklaim bisa untuk melangsingkan tubuh. Tak hanya juice, bisnis minuman miliknya juga menawarkan teh herbal, madu, juga minuman kolagen.

Baca Juga:
Arie Untung Nostalgia saat Bekerja di Perancis, Sempat Merasa Tak Betah: Dibuang Sama Kantor

5. Makanan ringan

Sumber Kekayaan Sarwendah. (Instagram/sarwendah29)

Kuaci mungkin terbilang cukup remeh untuk dijadikan bisnis, tapi tidak bagi Sarwendah. Pasalnya ia mengubah kuaci yang merupakan makanan ringan sebagai ladang bisnisnya yang lain. Kuaci Tarus adalah bisnis makanan ringan milik Sarwendah yang menjual kuaci berkualitas dengan rasa premium.

6. Perawatan kuku

Sumber Kekayaan Sarwendah. (Instagram/sarwendah29)

Pabrik uang Sarwendah selanjutnya adalah produk perawatan kuku Sarwendah Secret Shine Nail. Produk ini merupakan alat kikir kuku yang aman digunakan oleh anak-anak juga bayi. Meski terkesan simpel nyatanya produk alat kikir kuku ini telah terjual lebih dari 3.000 buah hanya dalam waktu 6 bulan saja.

7. Endorsement

Sumber Kekayaan Sarwendah. (Instagram/sarwendah29)

Kalau sumber kekayaan yang satu ini sudah pasti dimiliki oleh para artis mengingat pengaruh yang mereka miliki karena popularitas mereka. Ya, Sarwendah juga mengumpulkan banyak uang dari endorsment bermacam produk yang memakai jasanya untuk promosi.

8. YouTube

Sumber Kekayaan Sarwendah. (Instagram/sarwendah29)

Sarwendah juga menjadi konten kreator dengan membuka akun YouTube bersama keluarga yaitu The Onsu Family. Akun YouTube miliknya ini sudah memiliki lebih dari 8 juta subscriber. Dengan jumlah subscriber sebanyak itu pastinya tak sedikit cuan yang masuk ke kantongnya setiap bulan.

Itu dia sumber kekayaan Sarwendah yang membuatnya menjadi sosok istri mandiri dan pekerja keras. Tak heran jika Sarwendah banyak diidolakan karena kepribadiannya yang mengagumkan ini. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More