Yohanes Endra | MataMata.com
Pengabdi Setan 2 (IMDb)

Matamata.com - Publik memperdebatkan plot cerita Pengabdi Setan 2: Communion. Banyak yang memuji, tapi tidak sedikit yang merasa kecewa. 

Dalam sesi tanya jawab bersama Joko Anwar yang diadakan kanal YouTube keramagz, salah satu topik yang dibahas adalah pro kontra dari plot cerita Pengabdi Setan 2: Communion.

Sejak ditayangkan pada 4 Agustus 2022 lalu, opini penonton terbagi menjadi dua. Sebagian memuji plot cerita sekuel Pengabdi Setan ini, tapi banyak juga yang menyebutnya terlalu dilebih-lebihkan.

Baca Juga:
Muzakki Ramdhan Baru Boleh Nonton Pengabdi Setan 2 Hari Ini, Apa Alasannya?

Raline Shah dan Joko Anwar di gala premier Pengabdi Setan 2. (Instagram/@ralineshah)

Bahkan ada kritik yang menyebut plot ceritanya mengecewakan. Pengabdi Setan 2 disebut wahana rumah hantu berkedok film yang hanya menakuti-nakuti penonton.

Dengan komentar netizen yang beragam, Joko Anwar justru merasa senang. Sutradara kelahiran 1976 itu pun menjelaskan alasannya.

"Justru itu yang membuat aku senang sebenarnya, karena film-film yang aku idolakan juga seperti itu tuh tanggapannya," kata Joko Anwar dikutip dari tayangan YouTube keramagz, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga:
6 Film yang Dibintangi Asmara Abigail, Terbaru Pengabdi Setan 2: Communion

"Ini adalah satu tanda bahwa yang kita lakukan itu ada sesuatu yang baru gitu, atau ada sesuatu yang membutuhkan pemikiran," sambung sutradara film Perempuan Tanah Jahanam tersebut.

Menurut Joko Anwar, film-film garapannya memang tak melulu mendapat pujian. Dan itu justru disyukurinya.

Fakta Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2 (YouTube/Rapi Films)

"Alhamdulillah nggak pernah, karena menurut aku itu adalah sesuatu yang kalau terjadi, akan jadi sesuatu yang bikin aku nyaman berada di sebuah kotak. Akan membuat satu hal yang sama terus dari waktu ke waktu, dan ini yang membuat aku selalu mencoba untuk melakukan terobosan-terobosan baru," ungkapnya.

Baca Juga:
Joko Anwar Bongkar Proses Syuting Adegan Rusun Banjir di Pengabdi Setan 2, Marvel Bisa Apa?

Joko Anwar merasa bahwa pujian bertubi-tubi, khususnya untuk film atau karya seni lain, sangat berbahaya karena akan membuatnya mati secara kreatif sebagai kreator.

"Jadi, komentar yang beragam, tentunya ada komentar yang positif yang membuat kita bersemangat. Tapi komentar yang tidak positif juga berarti komentar yang akan membuat kita seimbang gitu," pungkasnya.

Pengabdi Setan 2: Communion melanjutkan kisah keluarga Rini (Tara Basro) yang pindah ke rumah susun usai lepas dari teror hantu Ibu (Ayu Laksmi) di rumah lama mereka. Kamu udah nonton, belum?

Baca Juga:
Pengabdi Setan 2 Tembus 3 Juta Penonton dalam 5 Hari, Joko Anwar Janjikan Hal Ini

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More