Nur Khotimah | MataMata.com
Film Berlatar Penjara. (IMDb)

Matamata.com - Setiap film memiliki latar berbeda-beda, ada yang berlatar sekolah ada juga yang berlatar tempat kerja. Namun, ada juga latar anti mainstream yang digunakan dalam sebuah film, salah satunya penjara. Apa saja film berlatar penjara?

Ternyata film dengan latar penjara tidak melulu menegangkan lho. Beberapa film malah menyuguhkan komedi dan humor yang membuat netizen betah menonton.

Dari beberapa film berlatar penjara tersebut, penonton bisa membayangkan seperti apa kehidupan di dalam penjara. Dan pastinya, ada banyak pesan moral yang bisa diambil dalam cerita.

Baca Juga:
Detik-detik Ariel NOAH Buka Baju di Panggung: Ya Allah Kuatkan Iman Hamba

Buat yang penasaran yuk kita tengok, ada film apa saja yang berlatar penjara.

1. Miracle In Cell No.7

Film Berlatar Penjara. (IMDb)

Film asli dari Korea ini sangat keren banyak diremake di berbagai negara, salah satunya Indonesia dengan judul yang sama. Menceritakan tentang seorang anak dan ayah penyandang disabilitas intelektual yang hidup bersama, suatu hari sang ayah mengalami salah tangkap dan dimasukkan ke dalam penjara. Remake Indonesia dari Miracle In Cell No. 7 masih tayang di bioskop, nih. Jangan sampai ketinggalan ya!

Baca Juga:
Brisia Jodie Ngaku Pernah Punya Pacar Tajir Melintir Sampai Ingin Kasih Segepok Uang, Malah Disebut Halu?

2. Harmony

Film Berlatar Penjara. (IMDb)

Film selanjutnya yang berlatar penjara adalah Harmony. Meski dibuat pada tahun 2010, kisah film ini yang menarik dan penuh pesan moral masih sangat layak ditonton sekarang. Kisah di dalamnya menceritakan tentang seorang wanita hamil yang tidak sengaja membunuh sang suami hingga akhirnya dipenjara dan melahirkan di sana.

3. 2037

Baca Juga:
Stevie Agnecya Belajar Berhijab, Banjir Doa dan Pujian: Masya Allah Cantik Banget

Film Berlatar Penjara. (IMDb)

Salah satu film Korea yang viral di tiktok adalah 2037. Film ini sudah tayang sejak bulan Juni 2022 namun sampai sekarang kepopulerannya masih terasa. Menceritakan seorang gadis berumur 19 tahun yang hidup bersama ibunya. Ia bekerja paruh waktu sambil menyiapkan ujian CPNS. Namun naasnya, ia divonis sebagai pembunuh dan masuk penjara. Di balik jeruji ia bertemu dengan persahabatan para napi dengan latar belakang berbeda-beda.

4. New Trial

Film Berlatar Penjara. (IMDb)

Walaupun cukup anti mainstream, nyatanya banyak film yang mengambil latar penjara, salah satunya film berjudul New Trial. Film yang dirilis pada tahun 2017 ini menceritakan seorang laki-laki mengalami salah tuduh membunuh supir taksi dan mengharuskannya mendekam di penjara 10 tahun.

Baca Juga:
9 Pesona Kim Sun Ah di The Empire, Jadi Jaksa dari Keluarga yang Kaya dan Berkuasa

5. The Prison

Film Berlatar Penjara. (IMDb)

Satu lagi film Korea berlatar belakang penjara yang layak ditonton, The Prison. Film ini menyuguhkan cerita tentang sindikat kriminal di dalam penjara. Para napi yang masuk ke dalam sindikat tersebut bila malam akan keluar melancarkan aksinya, di sisi lain mantan seorang detektif polisi ikut masuk ke dalam sindikat dengan tujuan menyelidikan.

6. Shawshank Redemption

Film Berlatar Penjara. (IMDb)

Selain Korea, film barat juga ada yang menggunakan latar penjara. Salah satunya yang terbaik adalah Shawshank Redemption yang muncul pada tahun 1994 dan mendapatkan rating sangat tinggi. Sinopsis di dalamnya bercerita tentang Andy Dufresne yang dipenjara seumur hidup atas tuduhan pembunuhan terhadap istri dan selingkuhan istrinya.

7. The Green Mile

Film Berlatar Penjara. (IMDb)

Rilis pada tahun 1999 film The Green Mile mendapatkan apresiasi yang bagus dan rating yang didapat juga cukup memuaskan. Satu pesan moral yang bisa didapat dari film ini adalah jangan melihat seseorang dari penampilannya.

Nah, inilah 7 film berlatar penjara yang bisa dijadikan referensi untuk menemani waktu luang.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More