Yohanes Endra | MataMata.com
Bacaan Wirid dan Doa setelah Salat Witir (freepik)

Matamata.com - Salat witir adalah salah sunnah yang dilakukan setelah salat tarawih di bulan suci Ramadan. Umat muslim dianjurkan membaca wirid dan doa setelah menjalani salat witir.

Salat witir dikerjakan dengan jumlah rakaat ganji sesuai dengan kemampuan masing-masing. Bisa satu, lima, tujuh, sembilan atau sebelas rakaat.

Kecuali di bulan Ramadan, salat witir sebenarnya tidak dianjurkan berjamaah. Umat muslim biasanya menyambung salat tarawih dengan witir tiga rakaat sebagai penutup.

Baca Juga:
Doa Setelah Wudhu, Jarang Diamalkan Karena Sunnah

Langsung saja, berikut bacaan wirid dan urutannya beserta doa setelah salat witir.

1. Susunan Wirid Setelah Salat Witir

Bacaan Wirid dan Doa setelah Salat Witir (freepik)

Bacaan wirid setelah salat witir diawali oleh kedua kalimat syahadat.

Baca Juga:
Niat dan Doa Sholat Tahajud Beserta Tata Caranya

"Asyhadu an laa ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadar rasulullah."

Artinya: "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah, dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu utusan Allah."

Setelah syahadat, bacaan selanjutnya adalah istighfar dilanjutkan dengan bacaan zikir untuk memohon ridha dari Allah SWT.

Baca Juga:
4 Doa Mohon Perlindungan dan Keselamatan dari Orang Jahat, Yuk Amalkan!

"Astaghfirullahal 'adziim. Allaahumma innii as-alukal jannah, wa a'uudzu bika minan-naar."

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka."

Doa di atas diulang 3 kali, dimulai dari syahadat, dan dilanjutkan dengan urutan wirid di bawah ini.

"Subhaanal malikil qudduus." (3 kali)

Artinya: "Maha suci Tuhan Yang Merajai lagi Maha Suci."

"Subbuuhun, qudduusun, rabbunaawa rabbul malaa'ikati war ruuh."

Artinya: "Maha Suci lagi Quddus Tuhan Kami, Tuhan para Malaikat, dan Malaikat jibril."

"Allahumma innaka 'afuwwun kariimun tuhibbul 'afwa, fa'fu 'annii yaa kariim, bi rahmatika yaa arhamar raahimiin."

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku yang Maha Mulia. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

"Allahumma inni a'udzu biridhaoka min sakhotika wa bi mu'afaatika min 'uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an 'alaik, anta kamaa atsnaita 'ala nafsik."

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dengan ridha-Mu dari murka-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dengan ampunan-Mu dari hukuman siksa-Mu. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian atas-Mu sebagaimana pujian-Mu sendiri atas diri-Mu."

2. Doa setelah Salat Witir

Bacaan Wirid dan Doa setelah Salat Witir (freepik)

Setelah membaca wirid sesuai urutan di atas, maka dilanjutkan dengan doa setelah salat witir berikut ini.

"Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman, Wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas’alukal ghinaa'a 'aninnaasi. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa ata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. Washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iina, walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin."

Artinya: "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, Tuhan kami terimalah dari kami, salat, puasa, ibadah, kekhusyukan, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semesta alam."

Rangkaian wirid doa setelah witir ditutup oleh bacaan surat Al-Fatihah dan doa pendek, dan membaca niat puasa Ramadan untuk esok harinya.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More