Yohanes Endra | MataMata.com
Doa Pelunas Utang (freepik.com)

Matamata.com - Dalam islam, hutang adalah sesuatu yang wajib dibayarkan sesegera mungkin. Bahkan saking pentingnya, perkara hutang di dunia juga akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat kelak. Berikut bacaan doa pelunas utang yang dapat dibaca.

Meski sesuatu yang diperbolehkan, namun dalam islam berhutang juga telah diatur ketentuannya. Jika orang yang berhitang tidak memiliki niatan atau kemampuan untuk membayar, maka ancaman dan peringatan dari Rasulullah SAW sudah siap menanti orang tersebut.

Tak hanya semasa di dunia, bahkan hingga di alam kubur sampai ke akhirat perkara hutang akak terus mengikuti. Selagi masih di dunia, Rasulullah SAW memperingatkan melalui hadits riwayat Ibnu Majah, yang

Baca Juga:
Doa Selamat Dunia Akhirat, Singkat dan Mudah Dihapal

Artinya: "Siapa saja yang mengambil harta orang lain (berhutang) seraya bermaksud untuk membayarnya, maka Allah akan (memudahkan) melunasinya bagi orang tersebut. Dan siapa saja yang mengambilnya seraya bermaksud merusaknya (tidak melunasinya), maka Allah akan merusak orang tersebut,” (HR. Ibnu Majah)."

Beratnya dosa orang melalaikan hutang bahkan diibaratkan sampai terbunuh dalam keadaan syahid pun hutangnya tetap tidak terampuni.

Untuk itu, agar kita terhindar dari beratnya dosa melalaikan hutang, ada beberapa doa pelunas hutang yang dapat kita amalkan.

Baca Juga:
Bacaan Wirid dan Doa setelah Salat Witir di Bulan Ramadan

Dengan meminta kepada Allah, Insyallah kita akan diberi kemudahan dalam melunasi hutang. Berikut bacaan doa pelunas hutang yang dapat dibaca.

Doa Pelunas Utang (freepik.com)

Doa Supaya Utang Lunas

Dikutip dari buku Jihad Keluarga: Membina Rumah Tangga Sukses Dunia Akhirat karya A Fatih Syuhud, berikut doa supaya hutang cepat lunas:

Baca Juga:
Doa Setelah Wudhu, Jarang Diamalkan Karena Sunnah

Allahumma ya farijal ham kasyifal gham mujiba da'watal mudhthorriin rahmanad dunya wal akhirah warahimahuma anta tarhamuni farhamni rahmatan tughnini biha rahmati man siwak.

Artinya:
"Ya Allah, yang menghilangkan kerisauan, Maha Mengikis gundah gulana, Maha mengabulkan doa orang yang menderita. Engkau Maha Pengasih kepada seisi dunia dan akhirat dan menyayangi keduanya. Engkau mengasihiku, berilah aku rahmat yang membuatku tidak memerlukan lagi pertolongan selain dari-Mu."

Doa Segera Diberikan Rezeki

Agar cepat melunasi hutang kita dapat meminta kepada Allah SWT agar segera dinerikan rezeki dengan doa berikut:

Alllhumma innii as'aluka antarzuqunii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'abin walaa musyaqqotin walaa dhairin wala nashabin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir

Artinya: "Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu."

Doa Agar Terhindar dari Hutang

Bagi yang sedang tidak berhutang, bacalah doa ini agar terhindar dari hutang.

Allaahumma innii a'uudzu bika minal hammi wal hazan, wa a'uudzu bika minal 'ajzi wal kasal, wa a'uudzu bika minal jubni wal bukhl, wa a'uudzu bika min qahrir rijaal.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesumpekan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari ketakutan dan kekikiran, dari lilitan hutang dan kezaliman orang-orang."

Amalan Doa Lekas Terkabul dan Hutang Cepat Lunas

Entah dikabulkan atau tidak doanya seorang hamba, semua tergantung kepada Allah SWT. Namun, kita dapat berikhtiar agar doa kita vepat dikabulkan.

Berikut beberapa amalan yang dapat dijalankan agar doa cepat terkabul.

• Ikhlas karena Allah SWT

• Berdoa menghadap kiblat

• Mengangkat kedua tangan seraya berdoa

• Mengawali doa dengan pujia terhadap Allah SWT dan sholawat untuk Rasulullah SAW.

• Tidak terburu-buru dalam berdoa

• Bersungguh-sungguh saat memanjatkan doa

• Merendahkan suara saat berdoa

• Mengakui dosa yang pernah diperbuat di masa lalu

• Berdoa secara khusyuk saat memanjatkan doa pelunas hutang

• Tidak mendoakan keburukan bagi orang lain

Itulah beberapa doa pelunas hutang berikut amalan agar doanya cepat terkabul. Semoga kita termasuk hamba yang senantiasa dijauhkan dari hutang.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More