Ade Wismoyo | MataMata.com
Doa Mimpi Buruk. (Pexels.com/Ali Arapoğlu)

Matamata.com - Doa Mimpi Buruk, Agar Tidak Jadi Kenyataan dan Mendapat Perlindungan.

Tidur merupakan waktu bagi manusia untuk beristirahat. Tapi tak jarang tidur menjadi hal yang bisa membuat cemas karena mengalami mimpi mimpi buruk. Mimpi yang mengerikan dan menakutkan tentu akan membuat tidur menjadi gelisah.

Masalah mimpi buruk ini sendiri telah diatur dalam Islam. Salah satu cara menghadapi mimpi buruk adalah dengan berdoa. Doa mimpi buruk bisa dipanjatkan sebelum tertidur agar dihindarkan dari mimpi-mimpi yang tidak baik. Dapat pula dibaca ketika terbangun usai mengalami mimpi jelek tersebut. 

Baca Juga:
Bacaan Doa Setelah Shalat Witir, Lengkap dengan Latin dan Terjemahan

Selain memanjatkan doa, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika mendapat mimpi buruk seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah kumpulan doa mimpi buruk yang bisa dibaca untuk meminta perlindungan dari Allah SWT.

1. Doa agar tidak mendapat mimpi buruk

Tidur merupakan waktu untuk rehat dari semua aktivitas. Tapi tidur juga menjadi pengingat manusia akan ketidakberdayaannya di hadapan Allah SWT. Oleh karenanya sebelum tidur dianjurkan untuk membaca doa agar tidak mendapat mimpi buruk seperti diajarkan Nabi Muhammad SAW berikut. 

Baca Juga:
Bacaan Doa 10 Hari Pertama Bulan Ramadan beserta Kandungan di Dalamnya

Nu’minu billahi natsiqu billahi naruddu umurana ilallahi wa hasbunallahu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhim.

“Kami beriman kepada Allah, kami percaya kepada Allah, kami mengembalikan semua urusan kami kepada Allah, cukup bagi kami Allah, Dia adalah sebaik-baik penolong, dan tiada daya dan upaya melainkan hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

2. Doa agar dilindungi dari mimpi buruk

Baca Juga:
Kumpulan Doa Agar Hujan Berhenti Sesuai Ajaran Rasul

Mimpi buruk termasuk salah satu gangguan tidur yang bisa mengganggu manusia. Oleh karenanya sudah sepatutnya manusia memohon perlindungan dari mimpi buruk kepada Allah SWT dengan memanjatkan doa. 

Allahumma gharatin nujum wa hadaatil 'uyun wa anta hayyun qoyyum ya hayyu ya qoyyum ahdi laili wa anim 'aini.

“Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah terpejam, Engkau adalah Dzat Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, Wahai Dzat yang Maha Hidup dan Wahai Dzat yang Maha Berdiri sendiri, tenangkanlah malamku dan lelapkanlah mataku.”

Baca Juga:
Doa Pelunas Utang Berikut Amalan Agar Terhindar dari Hutang

3. Doa ketika terbangun dari mimpi buruk

Apa jadinya jika ketika sebelum tidur kita lupa berdoa dan mendapat mimpi buruk yang menakutkan? Maka yang harus dilakukan adalah segera memanjatkan doa. Doa berikut merupakan doa yang bisa dipanjatkan ketika terbangun karena terkejut dengan mimpi buruk yang didapat waktu tidur. 

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

“Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagiNya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murkaNya, kejahatan para hambaNya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepadaNya dari kepungan setan itu.”

4. Doa meminta perlindungan dari mimpi buruk yang sudah dialami

Selain doa tadi, setelah mengalami mimpi yang menakutkan, membaca doa bisa menjadi penenang. Terlebih doa untuk meminta perlindungan dari Allah SWT. Doa ini bisa dibaca baik sebelum maupun sesudah tidur agar senantiasa selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

“Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi."

5. Doa lainnya

Doa lainnya untuk mengatasi mimpi buruk adalah sebagai berikut.

Allahumma innii a’udzuubika min syarrihaa wa syarri maa fîhaa

“Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari mimpi buruk dan apa yang buruk di dalam mimpi.”

Setelah selesai membaca doa tadi, dianjurkan untuk meludah ke arah kiri sebanyak tiga kali. Amalan ini merupakan apa yang Rasulullah SAW ajarkan kepada manusia lewat teladan yang diberikannya. 

Amalan ketika bermimpi buruk

Melalui beberapa riwayat yang disampaikan oleh para ahli hadits seperti Bukhari dan Muslim dalam beberapa hadits yang dituliskan dalam kitab karya mereka, ada beberapa cara menyikapi mimpi buruk dalam Islam setelah memanjatkan doa. Adapun amalannya yaitu:

1. Berdoa memohon perlindungan kepada Allah dari mimpi yang telah dialami dan meludah ke kiri 3 kali.

2. Berpindah posisi tidur dari posisi awal ketika mendapat mimpi..

3. Mendirikan salat

4. Tidak menceritakan mimpi kepada orang lain.

Itulah beberapa doa mimpi buruk agar terhindar dari mimpi buruk serta supaya apa yang diimpikan tidak menjadi kenyataan. Beberapa amalan untuk menyikapi mimpi buruk juga perlu diperhatikan agar hati tidak terus diliputi ketakutan dan kecemasan. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More