Yohanes Endra | MataMata.com
Pentingnya Berbuka Puasa dengan Makanan yang Manis (freepik.com)

Matamata.com - Saat berpuasa, kita dianjurkan mengonsumsi makanan yang manis saat berbuka. Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW yang menyegarkan berbuka dengan kurma atau air putih pada saat berpuasa.

Sebenarnya hal inilah yang menjadi awal mula kita mengenal istilah takjil. Takjil sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Arab yang artinya menyegarkan untuk berbuka.

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk mengonsumsi takjil berupa makanan atau minuman manis saat berbuka. Selain memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat, berbuka dengan makanan manis juga dapat menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga:
11 Momen Millen Cyrus Buka Puasa di Rumah Ashanty, Bawa Pacar Baru

Pasalnya, saat berpuasa seseorang hanya mengonsumsi kalori sekitar 20-25 persen saja. Selama berpuasa, gula darah tubuh akan terus menurun sepanjang hari.

Akibatnya, beberapa orang akan merasa kehilangan energi, mengantuk, lemas, dan menjadi tidak bersemangat. Oleh sebab itu, kita dianjurkan berbuka dengan yang manis. Lantas, apa pentingnya berbuka puasa dengan makanan yang manis? Yuk, simak penjelasannya!

1. Meningkatkan Energi
Salah satu manfaat penting berbuka puasa dengan makanan atau minumam yang manis adalah untuk meningkatkan energi.

Baca Juga:
Menu Buka Puasa di Rumah Ibunda Tasya Farasya Bikin Netizen Bengong: Bisa Buat Sebulan

Diketahui bahwa gula darah merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Namun, saat berpuasa gula darah akan terus menurun sehingga tubuh kehilangan energi. Itulah mengapa tubuh memerlukan makanan manis saat berbuka, yakni untuk meningkatkan energi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Selain energi, saat berpuasa seseorang juga kehilangan banyak nutrisi dan mineral penting dalam tubuh. Dan bila tubuh kekurangan nutrisi, maka sistem kekebalan tubuh akan berkurang.

Itulah mengapa penting untuk berbuka dengan makanan manis dengan kandungan kalori yang cepat diserap oleh tubuh. Sehingga stamina dan energi dapat segera kembali.

Baca Juga:
9 Potret Aming Buka Puasa Bersama Rekan Artis, Penampilan Macho Curi Perhatian

3. Menambah Nikmat Berbuka
Manfaat lain berbuka dengan makanan manis adalah membuat tubuh lebih segar dan bahagia sehingga menambah kenikmatan saat berbuka.

4. Sumber kalori yang mudah diserap
Makanan dan minuman manis cenderung lebih mudah diolah oleh tubuh. Dengan begitu stamina yang hilang akan kembali terpenuhi dapat membuat proses metabolisme kembali normal.

5. Meningkatkan nafsu makan
Saat berpuasa, biasanya kita cenderung enggan mengonsumsi makanan berat. Namun, saat berbuka dengan yang manis, nafsu makan akan lebih meningkat dan tubuh akan menjadi lebih segar karena nutrisi terpenuhi.

Nah, itu dia beberapa manfaat pentingnya berbuka puasa dengan makanan yang manis. Semoga ibadah puasanya lancar, ya.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More