Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Doa Terhindar dari Sifat Mudah Marah. (Pexels.com/Onur Yumlu)

Matamata.com - Marah merupakan reaksi wajar apabila mendapat hinaan atau diperlakukan tidak sepantasnya. Namun marah sebaiknya tidak menjadi sifat karena akan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Lantas bagaimana agar tidak mudah marah? Dalam artikel ini akan dibahas doa terhindar dari sifat mudah marah berdasarkan berbagai sumber:

1. Jauhi Sifat Pemarah

Baca Juga:
Bacaan Doa Lailatul Qadar Menurut Hanan Attaki, Raih Keberkahan di Ramadhan

Takdir yang tidak sesuai dengan harapan kerap membuat seseorang bereaksi marah. Sayangnya marah bukan menyelesaikan masalah, tetapi malah mempengaruhi kesehatan fisik dan mental lho!

Rasulullah SAW juga meminta umatnya menjauhi sifat pemarah. Diriwayatkan HR at-Thabrani dan dishahihkan al-Mundziri, Rasulullah SAW bersabda "Janganlah engkau marah, niscaya engkau mendapat surga."

Allah SWT juga memuji orang yang bisa menahan amarah seperti yang tertuang dalam Quran Surat Ali Imran ayat 134 "...dan orang-orang yang menahan amarah dan suka memaafkan orang lain."

Baca Juga:
Bacaan Doa Bilal Tarawih dan Jawabannya

2. Cara Meredakan Amarah

Lantas bagaimana ketika diri merasakan api amarah yang membara? Rasulullah SAW mengajarkan untuk mengubah posisi saat mulai merasa marah.

Apabila sedang berdiri saat marah, hendaknya duduk. Begitu pun ketika duduk, maka sebaiknya berbaring agar rasa marah berkurang.

Baca Juga:
Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hari untuk Kekayaan dan Perlindungan dari Jin atau Hewan Buas

Langkah terakhir apabila amarah tak kunjung teredam adalah berwudhu, kemudian membaca "Audzubillah himinasyaitonirrajim," yang artinya "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk."

Atau bisa juga membaca "Allaahummaghfirlii dzanbii, wa azhib ghaiza qalbi, wa ajirnii minassyaithaani," yang artinya "Tuhanku, ampunilah dosaku, redamlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari pengaruh setan."

3. Doa Terhindar dari Sifat Mudah Marah

Agar tidak mudah marah, berdoa secara rutin bisa menjadi salah satu ikhtiar umat muslim. Berikut doa terhindar dari sifat mudah marah:

"Rabbana afrigh 'alaina shabran wa tsabbit aqdamana wanshurna 'alal qaumil kafirin," yang artinya "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami dan kokohkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir."

Doa terhindar dari sifat mudah marah tersebut merupakan Quran Surat Al-Baqarah ayat 250. Selanjutnya bisa dilanjutkan dengan doa berbahasa Indonesia, meminta Allah SWT terus menjaga hati kita agar tidak mudah marah.

Itu dia doa terhindar dari sifat mudah marah yang sebaiknya dibaca setiap hari agar tertanam dalam diri. Ada yang sudah coba mempraktikannya?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More