Nur Khotimah | MataMata.com
Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Matamata.com - Ada banyak film yang diangkat dari sebuah video game. Sama seperti permainannya yang laris dan populer, film layar lebarnya pun tak kalah laris. Ada cukup banyak film adaptasi video game terlaris sepanjang masa dengan keuntungan hingga triliunan.

Film adaptasi dari video game terbaru adalah The Super Mario Bros yang mencatatkan rekor baru hanya sekitar dua minggu setelah tayang. Kesuksesan The Super Mario Bros bahkan kemungkinan akan bisa mengalahkan pendapatan dari Uncharted dan film lainnya yang ada di posisi atas. Nah berikut adalah daftar film adaptasi video game terlaris sepanjang masa yang sudah MataMata.com rangkum.

1. Resident Evil (2016)

Baca Juga:
Sinopsis Film Khanzab, Setan Pengganggu Salat

Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Seri terakhir dari film Resident Evil: The Final Chapter yang diangkat dari game berjudul sama menjadi yang paling laris dalam franchise-nya. Masih tentang Alice yang mencoba melawan Umbrella Corporation. Film terakhir ini meraup pendapatan sekitar Rp4,5 triliun.

2. Sonic The Hedgehog (2020)

Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Film tentang alien berwujud landak biru, Sonic The Hedgehog menjadi film adaptasi game selanjutnya yang sukses di pasaran. Kisah petualangan Sonic sukses meraup keuntungan hingga Rp4,7 triliun.

Baca Juga:
7 Film Indonesia Bertema Keluarga, Cocok Ditonton Saat Libur Lebaran

3. Prince of Persia: The Sands of Time (2010)

Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Game Prince of Persia sempat sangat booming dan disusul dengan kesuksesan filmnya. Dibintangi Jake Gyllenhaal, Prince of Persia: The Sands of Time yang sajikan banyak adegan aksi berhasil mengumpulkan pendapatan sampai Rp5 triliun. Ada kabar yang menyebut jika film ini sedang dibuat remake-nya lho.

4. The Angry Birds Movie (2016)

Baca Juga:
Sinopsis The Marvels, Sekual Film Captain Marvel yang Hadirkan Park Seo Joon

Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Game yang sangat populer pada masanya diangkat dalam film The Angry Birds Movie. Kisah Red, Chuck, dan Bomb yang terasingkan dalam komunitas burung itu sukses mengumpulkan keuntungan sebesar Rp5,2 triliun.

5. The Super Mario Bros (2023)

Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Saat ini The Super Mario Bros masih tayang sejak rilis pada 5 April 2023 kemarin. Meski baru tayang film ini sudah meraup untung hingga Rp5,6 triliun! Pencapaian ini berhasil mengantarnya mengungguli film-film di daftar sebelumnya. Lalu mampukah The Super Mario Bros menggeser posisi film-film lain yang ada di posisi puncak?

6. Uncharted (2022)

Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Posisi Uncharted yang ada di peringkat lima sebagai film adaptasi video game terlaris dengan keuntungan Rp5,9 triliun nyaris terancam oleh The Super Mario Bros. Film yang dibintangi Tom Holland dan Mark Wahlberg tayang pada 16 Februari 2022 lalu ini menawarkan kisah yang seru.

7. Sonic The Hedgehog 2 (2022)

Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Sega dan Paramount Pictures kembali untung dengan merilis Sonic the Hedgehog 2 (2022). Sajikan petualangan terbaru dari Sonic si landak biru, film ini meraup pendapatan hingga Rp6 triliun.

8. Rampage (2018)

Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Mengantongi Rp6,3 triliun, Rampage yang dibintangi Dwayne Johnson (2018) sukses jadi film adaptasi video game terlaris urutan ketiga. Dalam film ini Dwayne Johnson, ahli primata bersahabat dan bekerja sama dengan gorila besar untuk melawan monster lainnya.

9. Pokemon: Detective Pikachu (2019)

Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Urutan kedua film adaptasi video game terlaris dipegang oleh Pokemon: Detective Pikachu. Menghadirkan suara Ryan Reynolds sebagai Pikachu, film yang dibintangi Justice Smith ini nyaris menggeser posisi Warcraft dengan keuntungannya mencapai Rp6,4 triliun!

10. Warcraft (2016)

Film Adaptasi Video Game Terlaris. (IMDb)

Posisi puncak sebagai film adaptasi video game terlaris sepanjang masa masih dipegang oleh Warcraft yang mempunyai efek visual luar biasa. Penjualan film ini di Amerika memang tidak terlalu bagus, tapi secara internasional, Warcraft sukses besar hingga meraup Rp6,5 triliun. Namun karena pasar Amerika yang cukup sepi kemungkinan film garapan Duncan Jones tidak akan dibuat sekuelnya.

Dari 10 film adaptasi video game terlaris di atas, mana nih yang sudah kamu tonton dan juga mainkan permainannya?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More